Home / Artikel / Virtual Reality(VR), Cara Kerja dan Perkembangannya

Virtual Reality(VR), Cara Kerja dan Perkembangannya

Virtual Reality adalah teknologi berbasiskan komputer yang mengkombinasikan perangkat khusus input dan output agar pengguna dapat berinteraksi secara mendalam dengan lingkungan maya seolah-olah berada pada dunia nyata (Deepak Chandel and Akshit Chauhan, 2014). Virtual Reality memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan virtual (2D atau 3D) yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi dalam bentuk audio dan grafis, sehingga membuat pengguna seolah-olah terlibat langsung secara fisik pada lingkungan tersebut.

Cara Kerja Virtual Reality (VR)
Virtual Reality bekerja dengan membuat otak manusia seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual atau semu tetapi terasa seperti hal yang nyata benar ada di sekitarnya, jadi bisa di katakan, Virtual reality adalah suatu proses penghapusan dan pemanipulasian dunia yang nyata di sekeliling manusia agar tidak terlihat dan di rasakan, dan kemudian membuat otak manusia tersebut merasakan ada di dunia virtual yang kenyataannya sama sekali tidak ada di sekitarnya.

Cara Kerja Virtual Reality(VR)

Untuk Dapat merasakan Sensasi Virtual Reality dibutuhkan sebuah alat yaitu headset VR, Misalnya Seperti yang terdapat banyak di pasaran adalah Ocukus Rift atau samsung gear VR, dan juga di butuhkan berbagai macam properti fisik lainnya yang semuanya itu bergantung pada detail lingkungan pada Virtual Reality tersebut.

Secara kasat mata, Headset VR berbentuk seperti kacamata selam, namu dengan keadaan lensa tertutup. Bagian yang mirip kacamata selama selam Bernama VR Box, yang merupakan tempat untuk meletakkan smartphone yang memiliki fungsi untuk memproyeksi gambar virtual.

Virtual Reality yang masih menggunakan bantuan smartphone merupakan perangkat VR Jenis atau versi Standart. Berbeda dengan VR Headset yang sudah menggunakan teknologi oculus Rift yang merupakan teknologi canggih, di dalam Headset VR Versi ini Sudah tidak lagi menggunakan Smartphone di dalamnya, karna sudah terdapat layar yang berfungsi untuk menampilkan vidio atau gambar Virtual Reality, dan juga bida terhubung dengan komputer menggunakan Bluetooth.

Contoh teknologi Virtual Reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard. belum mempunyai banyak kegunaan, tetapi dengan kita menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan sensasi pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyro supported VR dengan Google Cardboard.

Teknologi VR ini sendiri biasanya digunakan dalam bidang arsitektur, penerbangan, hiburan dan lain-lain. Contoh VR banyak sekali, salah satunya seperti game FPS yang akan membuat pengguna merasa berada dalam game tersebut. Selain itu, Virtual Reality digunakan juga pada foto dan video 360 derajat yang merasa pengguna merasa berada di tempat tersebut.

Perkembangan Virtual Reality (VR)

Virtual Reality sudah mulai di kembangkan telah cukup lama, tepatnya sekitar tahun 1800-an. Dibawah ini adalah sejarah Virtual Reality dari awal di ciptakan hingga saat ini.

  • Tahun 1800-an adalah Tahun di mana pertama kali muncul ide untuk membuat sebuah alternatif realitas seiring dengan mulai munculnya praktek-praktek fotografi.
  • Tahun 1838 adalah Tahun dimana ditemukannya sebuah Stereoskop pertama yang menggunakan dua buah cermin kembar untuk memproyeksikan sebuah gambar.
  • Tahun 1839 adalah Tahun dimana Stereoskop yang di temukan Tahun 1838 itu dikembangkan menjadi view-master dan yang kemudian di patenkan pada satu abad kemudian yaitu pada tahun 1939.
  • Tahun 1956 adalah Tahun dimana Morton Heilig seseorang yang memiliki latar belakang di industri Motion Picture Hollywood mulai berkeinginan orang-orang mampu merasakan suasana seperti masuk kedalam sebuah film. Kemudian dibuatlah sebuah simulasi Sensorama yang dapat membuat penggunanya merasakan suasana lingkungan perkotaan seperti sedang menaiki sebuah sepeda motor. Simulasi ini sudah dilengkapi dengan multisensor stimulasi, sehingga manusia yang menggunakan mampu melihat jalan, mendengar suara mesin motor, merasakan getaran pada motor, dan juga mencium bau yang di keluarkan mesin motor yang berada di sebuah lingkungan yang di desain oleh Teknologi, atau bisa di katakan Lingkungan Semu hasil Pemanipulasian Dunia.
  • Tahun 1960 adalah Tahun dimana Morton Heilig kemudian mematenkan peralatan yang dia namakan Telesphere Mask. Dan mulai Banyak investor yang kemudian tertarik bekerjasama.
  • Pertengahan Tahun 1980 adalah tahun dimana Mulai digunakannya istilah “Virtual Reality”. Yang mulai mengembangkan peralatan Virtual Reality adalah Jaron Lanier, founder dari VPL Research, ia termasuk orang yang mengembangkan Goggle (kaca mata) dan sarung tangan yang peralatan itu dibutuhkan seseorang untuk merasakan sensasi Pengalaman menggunakan Virtual Reality.
  • setelah masa enam dekade berkembang dengan adanya bantuan dana dari para investor, saat ini Virtual Reality bisa dinikmati secara luas dengan harga yang ekonomis dan terjangkau, menggunakan peralatan berkualitas tinggi yang mudah di akses.

Sekian artikel saya tentang Virtual Reality (VR), semoga bermanfaat untuk yang membaca.

Comments

comments

About Ricky Julian Nasution

Ricky Julian Nasution

Tutorial Lain

Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *