Home / Artikel / Penjelasan Penggunaan Software Microsoft Power Point

Penjelasan Penggunaan Software Microsoft Power Point

1. Pengertian Microsoft Power Point

Microsoft Power Point merupakan program aplikasi atau perangkat lunak (software) komputer yang digunakan untuk membantu seseorang dalam melakukan presentasi, dan untuk penyajiannya dapat menggunakan sebuah tranparansi OHP, slide, layar komputer (infocus). Langkah-langkah dalam membuka perangkat lunak (software) Microsoft power point pada windows 10, yaitu :

  • Klik search pada taskbar
  • Lalu ketikan “Power Point”
  • Lalu klik software “Power Point” nya
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai software Microsoft power point terbuka.

2. Komponen Layar Pada Microsoft Power Point

Dalam program aplikasi perangkat lunak (software) komputer Microsoft power point ada komponen-komponen yang harus diketahui, yaitu:File Button : digunakan untuk membuat file baru, menyimpan file, membuka file yang sudah ada, atau mencetak file, dan lain sebagainya.

  • Quick Access Toolbar : sebuah toolbar yang berisi icon–icon untuk mengakses perintah dengan cepat. Dalam keadaan default, biasanya toolbar berisi tiga icon yaitu, icon save, icon undo, dan icon redo.
  • Tab Menu : untuk menampilkan menu–menu perintah pada ribbon.
  • Title Bar : sebuah bar yang menampilkan judul dari file yang sedang dibuka atau diedit. Yang tertera pada bar biasanya adalah nama dari file yang telah buat.
  • Window Control : Bagian ini terdiri dari tiga tombol yaitu, tombol minimize, tombol restore, dan tombol close.
  • Share Button : untuk membagikan hasil kerja dari power point yang telah dibuat, secara langsung.
  • Minimize Ribbon : digunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan dari ribbon.
  • Sign In Button : berfungsi untuk masuk ke halaman sign in dari akun Microsoft.
  • Icon : merupakan sebuah gambar kecil untuk mengakses perintah tertentu. Icon juga adalah sebuah sub komponen dari komponen power point yang ada.
  • Group : merupakan bagian dari ribbon yang isinya sekelompok icon untuk mengakses dari suatu perintah yang berkaitan.
  • Dialog Box : digunakan untuk menampilkan kotak dialog yang ada pada masing–masing group. Tetapi tidak semua group mempunyai dialog box.
  • Ribbon : komponen power point yang terdiri dari tab menu, group, dan berbagai perintah dalam bentuk icon.
  • Slide Panel : panel untuk menampilkan tampilan dari slide yang dibuka dan diedit.
  • Status Bar : sebuah bar yang menunjukan status dari file yang dibuka dan diedit, seperti jumlah slide, dan tema yang digunakan.
  • Comment and Note Button : untuk menampilkan panel catatan dan komentar.
  • View control : untuk mengatur view dari presentasi yang sedang dibuat.
  • Zoom Control : terdiri dari zoom in yang digunakan untuk memperbesar tampilan, dan zoom out yang digunakan untuk memperkecil tampilan.

3. Membuat Slide Presentasi

Dalam membuat slide presentasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Auto Content Wizard : mengikuti susunan yang sudah disediakan oleh Microsoft power point.
  • Design Template : diawali dengan pemilihan template dan kemudian dengan pemilihan tampilan pada slide.
  • Blank Presentation : dengan format yang kosong, akan bebas dalam membuat slide sesuai dengan keinginan.
  • Open An Existing presentation : membuka presentasi yang sudah ada atau yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

Membuat Slide Baru

  • Pilih dan klik “Home” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “New Slide”

Mengubah Urutan Slide

  • Pilih dan klik “View” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Slide Sorter” yang berada di presentation views
  • Kemudian klik dan tahan, lalu geser slide sesuai dengan lokasi yang di inginkan untuk meletakkannya.

Menghapus Slide

  • Pilih dan klik “View” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Slide Sorter” yang berada di presentation views
  • Kemudian pilih slide yang ingin dihapus, dengan cara klik kanan pada mouse lalu pilih dan klik “Delete” maka slide tersebut akan terhapus.

Mengubah Tampilan Slide

  • Pilih dan klik “Home” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Layout” yang berada di slides
  • Kemudian pilih dan klik slide yang ingin diubah sesuai dengan keinginan.

Menuliskan Teks ke dalam Slide

  • Klik pada text box yang telah tersedia pada slide dengan keterangan “Clik to add Title”
  • Setelah itu ketikan kata sesuai dengan yang diinginkan. atau,
  • Jika tidak ada text box yang tersedia pada slide maka pilih dan kill “Insert” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Text Box” yang berada di text
  • Kemudian klik dan tahan pada slide, lalu geser  untuk membuat text box sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Setelah berhasil membuat text box maka langsung ketikan kata yang diinginkan.

Mengubah Warna pada Text

  • Pilih dan blok text yang ingin diberi warna pada text box
  • Setelah itu Pilih dan klik di “Home” pada tab menu
  • Kemudian klik “Font Color” yang berada di font
  • Setelah itu pilih dan klik warna yang diingikan.  

Menyimpan File Microsoft Power Point

  • Pilih dan klik “File” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Save”
  • Kemudian pilih lokasi berkas untuk menyimpan file
  • Setelah itu beri nama file sesuai yang diinginkan
  • Jika sudah diberi nama file, maka klik button “Save” untuk menyimpan file yang telah dibuat.

Keluar dari Software Microsoft Power Point

  • Pilih dan klik “File” pada tab menu
  • Lalu pilih dan klik “Close”. Atau,
  • Klik tombol “X” yang berada di sudut kanan paling atas pada layar.

Demikianlah kira-kira beberapa penjelasan dan cara pengunaan Microsoft power point. Semoga penjalasan mengenai penggunaan Microsoft power point bisa bermanfaat dan membatu teman-teman sekalian. Terima Kasih.

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *