Home / PHP / Tutorial PHP: Tipe Data Array dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Array dalam PHP

Berbeda dengan tipe data dasar seperti integer, float dan string, tipe data array dapat menyimpan lebih dari satu data dalam sebuah variabel. Oleh karena itu, tipe data array digunakan ketika kita ingin menyimpan/ mengelompokkan banyak data dalam satu variabel. Untuk Lebih jelasnya pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang tipe data array dalam PHP dan cara penulisannya.

Tipe Data Array dalam PHP

Tipe data array merupakan sebuah larik yang dapat berisi kumpulan dari tipe data yang lain seperti interger, double maupun string. Penggunaan tipe data array mempermudah kita untuk melakukan pengelompokan data dan juga mengurangi penulisan variabel dalam sebuah program.

Contoh sederhananya, kita ingin membuat daftar nama 10 mahasiswa yang nantinya dapat di akses dan ditampilkan satu persatu. Sebenarnya kita bisa saja membuat sebuah 10 variabel yang menampung nama setiap mahasiswa per variabelnya, seperti kode berikut:

<?php
$mahasiswa_1="Alfa";
$mahasiswa_2="Bravo";
$mahasiswa_3="Carlie";
$mahasiswa_4="Delta";
//dan seterusnya hingga 10 mahasiswa
//kemudian untuk menampilkan seperti kode dibawah
echo "$mahasiswa_1";
echo "$mahasiswa_2";
//dst..
?>

Cara diatas tentu saja kurang efektif, ketika kita ingin membuat daftar 1000 mahasiswa akan memakan waktu untuk membuat variable 1000 kali. Oleh karena itu dibutuhkan tipe data array yang mempermudah kita untuk pengelompokan data.

Cara Penulisan Tipe data Array dalam PHP

Penulisan tipe data array dalam PHP sangat sederhana. Kita hanya cukup membuat satu variabel kemudian letakkan isinya diantara kurung siku. Seperti contoh pembuatan data mahasiswa diatas, dengan menggunakan array kita hanya cukup membuat kode sebagai berikut:

<?php
$mahasiswa= ["Alfa", "Bravo", "Charlie", "Delta","dst.."];

//kemudian untuk menampilkan isi array
echo "$mahasiswa[0]";
echo "$mahasiswa[1]";
//dst..
?>
  • Pada baris kedua, terdapat sebuah variable $mahasiswa dengan tipe data array. Nilainya berada diantara kurung siku [nilai_array1, nilai_array_2, dst]
  • Untuk menampilkan isi array, kita hanya cukup memanggil nama variabel beserta nomor urutan (key) arraynya. Key data dalam array dimulai dari 0 sebagai data pertama, sehingga untuk menapilkan data yang pertama dalam array tersebut dengan cara $mahasiswa[0] akan menampilkan Bravo.

Demikian tutorial tentang tipe data Array dalam PHP, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi var_dump untuk mengetahui tipe data dalam sebuah variabel

Comments

comments

About admin

admin

My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data String dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data String dalam PHP

Setelah sebelumnya kita membahas cara penulisan tipe data double/float dalam PHP, maka lanjutan tutorial PHP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *