Home / PHP / Tutorial PHP: Fungsi var_dump untuk mengetahui tipe data sebuah variabel

Tutorial PHP: Fungsi var_dump untuk mengetahui tipe data sebuah variabel

Tutorial PHP kali ini akan kita lanjutkan dengan bahasan tentang fungsi var_dump dalam PHP. Fungsi var_dump digunakan untuk mengetahui tipe data dalam sebuah variabel.

Variabel dalam PHP tidak perlu di deklarasikan tipe datanya, sehingga tipe data variabel dapat berubah-ubah. PHP sendiri yang akan menentukan secara otomatis tipe data berdasarkan nilai yang terkandung dalam variabel tersebut. Perubahan tipe data dalam PHP tergantung operator yang digunakan. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan contoh berikut:

<?php
$x=10;
$y=4;
$z=5.5;

$operasi_1=$x/$y;
$operasi_2=$x*$y;
$operasi_3=$x.$y;

echo"$operasi_1 <br>";//menghasilkan 5.5 (float)
echo"$operasi_2 <br>";//menghasilkan 10 (integer)
echo"$operasi_3 <br>";//menghasilkan 105.5 (string)
?>
  • Pada baris kedua dan ketiga terdapat sebuah variable $x yang bernilai 10 dan $y yang bernilai 4. Variabel x dan y di sini adalah bertipe data integer dan tidak perlu di deklarasikan.
  • Kemudian pada baris keempat, terdapat sebuah variable $z yang bernilai 5.5 (tipe data float/ pecahan)
  • Pada baris keenam, terdapat sebuah variable baru dengan nama $operasi_1 bernilai $x/$y (variable $x dan $y bertipe data integer) atau nilainya adalah 4/10=2.5 (menghasilkan float/pecahan). Di sini yang dimaksudkan bahwa dalam PHP tipe data sebuah variable dapat berubah tergantung operasi yang digunakan.
  • Sama halnya dengan baris ketujuh, $variable_3=$x.$y yang merupakan penggabungan variable $x=10(integer) dan $y=5.5 (float) akan menghasilkan 105.5 (string)

Fungsi var_dump dalam PHP

Proses konversi tipe data seperti contoh diatas, dilakukan secara otomatis oleh PHP. Untuk memastikan tipe data dari sebuah variabel, PHP menyediakan fungsi yang dapat digunakan terutama untuk proses pengujian dan pencarian kesalahan (debugging) yaitu fungsi var_dump. Fungsi var_dump membutuhkan inputan variabel yang akan diperiksa. Untuk mengentahui tipe data pada sebuah variabel di PHP, cukup dengan cara var_dump($nama_variabel)  Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penggunaan fungsi var_dump

<?php
$x=10;
$y=4;
$z=5.5;

$operasi_1=$x/$y;
$operasi_2=$x*$y;
$operasi_3=$x.$z;
$mahasiswa=["Alfa","Bravo"];

echo var_dump($x); 
echo"<br>";

echo var_dump($y); 
echo"<br>";

echo var_dump($z); 
echo"<br>";

echo var_dump($operasi_1); 
echo"<br>";

echo var_dump($operasi_2); 
echo"<br>";

echo var_dump($operasi_3);
echo"<br>";

echo var_dump($mahasiswa);
?>
  • Pada baris 11, 14 dan 17 di gunakan fungsi var_dump untuk melihat tipe data variabel $x, $y dan $z dan menghasilkan $x dan $y (integer) serta $z (float).
  • Pada baris 20, ditampilkan tipe data variabel $operasi_1 yang nilainya diambil dari variabel $x/$y yang menghasilkan tipe data float. Sama halnya dengan baris 23 dan 26.
  • Pada baris 29, variabel $mahasiswa akan ditampilkan array(2) yang artinya tipe datanya adalah array dan terdiri dari 2 item dan setiap item dalam array tersebut akan ditampilkan tipe data string beserta panjang karakternya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah

 

Hasil penggunaan fungsi Fungsi var_dump dalam PHP

Demikian tutorial cara mengetahui tipe data sebuah variabel dengan menggunakan fungsi var_dump, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

tipe data double dalam php

Tutorial PHP: Tipe Data Double dalam PHP

Selain tipe data integer yang menampung data bilangan bulat positip dan negatif terdapat juga tipe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline