Home / Networking / Tutorial Mensetting Mikrotik RB951 sebagai Hotspot

Tutorial Mensetting Mikrotik RB951 sebagai Hotspot

Selamat pagi para pembaca, selamat menikmati hari hari yang menyenangkan. Di sini kita akan mengulas bagaiama cara menyetting mikrotik RB-951 SEBAGAI hotspot. Sebelum melakukan penyettingan, ada kalanya kita mengerti maksud dan tujuan dari mikrotik yang akan kita setting nantinya. Kita juga harus mengerti dan memahami IP yang di berikan ISP/PROVIDER menggunakan IP static.

Berikut tutorial cara mengkonfigurasi mikrotik sebagai hotspot;

  1. Pastikan IP PC/Laptop kita sudah di samakan dengan IP default dari mikrotik Rb-951 (192.168.88.1). misalnya 192.168.88.1
gambar 1.1

2. setelah itu buka winbox yang sudah kalian install sebelumnya, lalu lakukan neighbor (kotak menu)  pilih koneksi dengan menggunakan MAC address. User Password mikrotik default user “ admin” dan passwordnya “kosongkan”.

Gambar 1.2



3. Pada saat winbox terbuka, pertama kali yang harus dilakukan “remove default configuration” >exit dan connect kembali

Gambar 1.3

4. Setelah itu beri nama dari setiap identitas dari ether-ether pada mikrotik. Interfaces> berikan komentar untuk masing-masing ether.

Contoh :   Ether1 = WAN

                 Ether2 = NOC

                 Ether3 = R.kepsek

                 Ether4 = R.guru

                 Ether5 =  R.kelas

Gambar 1.4

5. Berikan lah IP untuk masing-masing interface sesuai topologi yang sudah anda rencanakan seebagai mana banyak nya jumlah PC yang akan di akses.

Gambar 1.5

6. Setelah itu isikan DNS default  (8.8.8.8) ,( 8.8.4.4)  kemudian centang kalimat “Allow remote request” seperti pada gambar.

Gambar 6


7. Lakukan kembali konfigurasi Ethernet WAN yang mengrah ke intenet:

– Jika kita mengunakan  IP dynamic (DHC) aktifkan : IP>DHCP client>atur ether yang mengarah ke WAN. Secara otomatis kita sudah mendapatkan  IP beserta Gateway nya yang mengarah ke WAN tadi.

– Kalau kita menggunakan IP static, terlebih dahulu pastikan  kita sudah mengetahui IP yang di berikan ISP/PROVIDER, misal  IP public : 192.168.12.20/24  lalu Gateway nya 192.168.13.1, maka isikan lah IP yang di berikan pada Ether WAN lalu masukkan gatewaynya dari ISP 192.168.12.1 : IP>Routes>Gateway>Eth WAN.

Tapi kali ini kita menggunakan ip dynamic, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar 1.7 di bawah ini. Ketika kita memilih menu DHCP client, langsung aja klik Apply>OK.

Gambar 1.7

8. Setelah itu klik pada menu  IP>DHCP server (+) Perhatikan gambar 1.8 dan 1.9 di bawah ini.

Gambar 1.8

Gambar 1.9

9. Kemudian pillih menu IP>Routes, isikan Dst address :0.0.0.0/0, Gateway : 192.16812.1 (sesuai IP ISP yang tadi sebelumnya di isikan masing-masing)

Gambar 2.0

10. Setelah itu klik pada menu  IP>DHCP server (+)

Kemudian pillih menu IP>Routes, isikan Dst address :0.0.0.0/0, Gateway : 192.16812.1 (sesuai IP ISP yang tadi sebelumnya di isikan masing-masing)

Supaya PC/Laptop dari client dapat mengakses ke internet, lakukan pengaturan firewall : IP>Firewall(tab)NAT>Chain>Srncat>out interface- ether1>action- Masquerade.

Gambar 2.1
Gambar 2.2

11. Kemudian coba koneksi dengan memilih menu new Terminal . Misal ping Detik.com

Seperti gambar 2.3 di bawah

Gambar 2.3

12. Setelah itu masuk menu IP > Hotspot > (lalu isikan “wlan1” yang ada  pada kolom hotspot interface). Kemudian kita isi DNS, username beserta paswordnya.

Gambar 2.4

13. Masih tetap di dalam menu hotspot, selanjutnya pada menu user profiles > pada kolom shared dan isikan jumlah user sesuai kebutuhan yang diinginkan (disini saya hanya mengisi 15 user saja).

Gambar 2.5

14. Lalu klik pada menu server profile > (double klik hotspot) > login > hilangkan contreng pada cookie

Gambar 2.6

15. Langkah akhir, pilih menu wireless > wlan1. Kolom-kolom yang harus dirubah :

-Mode : ap bridge

-Band : 2Ghz-B/N/G

-Frequency : 2427 (gunakan yang paling sedikit di pakai)

-ssid : Mikrotik-poliprofesi-medan (isikan sesuai yang kita inginkan)

Gambar 2.7

Jadi itu saja tutorial dari saya mengenai cara menjadikan mikrotik(rb951) sebagai hotspot, Semoga bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian.

 Mejuah-juah

Comments

comments

Tutorial Lain

Cloud Computing, Keamanan Cloud Computing : Manfaat, Risiko dan Kontrol

Cloud computing atau ‘komputasi awan’ menyajikan model baru untuk layanan teknologi informasi yang melibatkan jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *