Home / Tips dan Trik / Tips Memulai BISNIS ONLINE

Tips Memulai BISNIS ONLINE

Sebelum memulai bisnis ini alangkah baiknya kita coba mengartikan atau mendefinisikan apa itu “Bisnis Online….?” dan kenapa kita harus mengetahui defenisinya  terlebih dahulu..?

Mari kita simak…! Menurut saya Bisnis Online adalah bisnis yang menggunakan jasa media internet. Sebagai contoh yang sering kita dengar bisnis online sekarang ini yaitu seperti lazada, toko pedia, toko bagus, dan banyak lagi bisnis online lainnya. Sebenarnya definisi Bisnis Online ini juga sangat luas. Karena di Bisnis Online ini kita tidak hanya bisa berjualan melainkan menyediakan jasa juga bisa. Contohnya pembuatan website, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan masih banyak jasa-jasa yang lainnya. Kita perlu mengetahui defenisinya terlebih dahulu agar kita tidak salah langkah dalam menjalankan bisnis tersebut. Karena jika salah dari awal maka di akhirnya juga akan salah. Sehingga  bisnis yang kita jalankan tersebut dikatakan tidak berhasil (gagal). Nah….bagaimana caranya agar bisnis yang kita jalankan tidak gagal…?

  • Cara yang pertama adalah Kefokusan Anda. Kefokusan yang paling penting ialah Anda harus fokus waktu. Karena kalau Anda tidak fokus waktu, maka yang Anda kerjakan nantinya jadi akan jadi setengah- setengah (tanggung). Dengan Anda fokus waktu pada satu produk terlebih dahulu, Anda akan punya waktu untuk melakukan beragam hal yang membangun asset Anda. Sebelum menjalankan usaha Anda, alangkah baiknya Anda memfokuskan fikiran Anda ke dalam satu bidang dulu agar konsentrasi Anda tidak terganggu sehingga mendapatkan hasil yang baik dan menguntungkan.

    Jadi hasil kerja penghasilan agar Anda tidak dirugikan. Jangan Anda tanamkan sifat meraba karena itu bakalan menjatuhkan bisnis Anda. Nah.. setelah usaha yang Anda jalani sebelumnya stabil,  barulah Anda boleh melirik-lirik usaha lainnya. Tapi jangan Anda jadikan usaha lain yang ingin Anda jalankan untuk membantu keuangan Anda dalam bisnis yang Anda jalankan sebelumnya. Biarkanlah bisnis Anda bergerak sendirinya  dan menghasilkan untuk masing-masing. Fokus pada satu bidang usaha bukan berarti Anda tidak bisa membuka bidang usaha lainnya.

 

  • Cara yang kedua adalah ketahui produk apa yang Anda ingin jual. Produk merupakan bagian terpenting dari bisnis anda,sehingga produk yang akan dijual harus istimewa di hadapan konsumen.Walaupun produk bagian yang terpenting dalam bisnis tetapi produk bukan utama yang menentukan keuntungan atau penghasilan besar dalam bisnis tersebut. Dalam pemilihan produk dan pemasaran produk usahakan bahwa produk tersebut memang benar-benar di butuhkan oleh orang banyak. Jangan memilih produk musiman.

    Produk musiman memang sekali datang langsung di serbu konsumen, namun setelah mereka bosan mereka tidak akan membeli produk tersebut. Produk anda harus mempertimbangkan faktor keselamatan konsumen. Apa gunanya mendapatkan keuntungan yang besar tetapi konsumen banyak protes terhadap barang yang kita jual. Sebisa mungkin anda bisa memilih produk yang aman untuk di gunakan konsumen tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari.

    Sebagai contoh jika Anda memilih produk kencantikan atau obat, pilihlah yang aman dan berasal dari herbal serta memiliki izin atau ber BPOM. Dalam memilih produk usahakan produk  yang ingin Anda jual berbiaya produksi kecil namun produk tersebut cukup banyak diminati konsumen. Dengan biaya yang kecil Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal, namun sekalipun Anda mengeluarkan biaya yang kecil kualitas produk harus tetap di jaga untuk kepuasan konsumen. Yang paling penting yang perlu Anda ketahui, menjual produk bukan hanya mendapatkan keuntungan saja namun perhatikan juga apakah produk tersebut  mendapat izin dari pemerintah atau tidak. Karena pada dasarnya di negara kita masih berlaku undang-undaang. Anda bisa memilih produk yang aman digunakan dan tidak dilarang.

    Jangan membuat produk yang bisa membahayakan lingkungan sekitar sehingga banyak orang yang menantang produk tersebut. Bila Anda harus memproduksi barang yang dilarang pemerintah dan melanggar aturan lingkungan sekitar tentu bisnis yang Anda jalankan akan di tutup. Carilah produk yang benar-benar Anda pahami. Jangan sekali-kali jual barang yang tidak Anda kuasai seluk beluknya. Karena Anda akan butuh waktu untuk mempelajari produk tersebut.

 

  • Cara yang ketiga adalah buat lapak Anda. Segeralah buat lapak online untuk menggelar dagangan Anda. Anda bisa pakai website gratis atau situs-situs marketplace yg banyak tersedia di zaman modern seperti sekarang ini. Dengan memilih website, produk Anda semakin terlihat lebih propesional dan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Alangkah baiknya Anda mempunyai website mandiri daripada nebeng di marketplace yang gratis. Anda tidak akan pernah mengetahui seberapa lama sebuah marketplace bisa bertahan.

    Tutupnya sebuah marketplace pasti sangat merugikan para para pengelola toko online yang ada di dalamnya, termasuk Anda nantinya. Sementara Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun bisnis Anda, namun tiba-tiba di tutup. Untuk mengatasi kasus tersebut, Anda jauh lebih aman dan diuntungkan untuk memiliki sebuah website toko online sendiri karena yang mementukan adalah Anda sendiri. Tentunya Anda bisa mengatur sendiri bisnis Anda tanpa harus ada yang ikut campur. Anda bisa memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang di tawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Sehingga tujuan Anda akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk Anda sendiri.

    Prinsip efisiensi dan efektifitas bisa Anda terapkan dalam website toko online Anda. Yang perlu Anda ketahui, jika Anda bergabung ke dalam marketplace, tentu banyak aturan yang harus Anda penuhi. Namun jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda lah yang mengatur semuanya. Keuntungannya Anda bebas memajang barang atau produk Anda sendiri. Anda bebas bagaimana penampilan produknya, deskripsinya maupun katalog dan harga, bebas dilakukan karena ini adalah toko Anda sendiri. Tetapi di marketplace tentu tidak akan memberikan kebebasan dan keleluasan yang lebih terhadap aktivitas yang ada di dalamnya. Dengan memiliki website toko online Anda sendiri, Anda tidak perlu berfikir untuk mencari karyawan untuk di tempatkan posisinya sebagai kasir atau seorang akuntan.

    Karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Jika Anda ingin memeriksa laporan keuangan Anda, Anda juga bisa melakukannya bahkan cukup dengan satu klik saja. Fasilitas seperti itu sudah satu paket atau sudah tersedia dalam sebuah website toko online. Jadi Anda tidak terlalu repot untuk mencek keuangan Anda secara rutin pada toko online Anda.

  • Nah….yang perlu Anda ketahui di dalam sebuah website, Anda di tuntut untuk memiliki nama domain Anda. Karena nama domain itu sangat penting dan harus Anda perhitungkan dengan baik. Maka dari itu kebebasan dalam menentukan sebuah nama domain Anda, itu bisa menjadi kunci sukses Anda dalam berbisnis online. Karena jika Anda berjualan di marketplace, alamat toko Anda tentu akan selalu di ikuti dengan marketplace yang Anda tempati. Saya akan memberikan contoh perbandingan nama domain jika Anda berada di dalam sebuah marketplace dengan website Anda sendiri.

    Contohnya di marketplace adalah marketplace.co.id/Tokoku tentunya alamat Anda tersebut tidak akan berkesan profesional jika di bandingkan dengan www.Tokoku.co.id. Tentunya lebih berkesan jika Anda memiliki website Anda sendiri.

 

  • Cara yang keempat pemasaran Anda. Dalam dunia bisnis online juga sangat di butuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang Anda jalani dapat berkembang seperti yang Anda harapkan. Seperti halnya dalam dunia bisnis offline juga. Tentunya teknik pemasaran yang baik di dukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dalam strategi pemasaran, Anda bisa mengenali dulu pelanggan atau konsumen Anda. Setelah itu Anda bisa melakukan promosi produk Anda kepada Konsumen Anda.

    Cara Anda promosi harus dengan cara yang kreatif agar pelanggan Anda tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dan mereka tidak merasa bosan dengan teknik Anda dalam menawarkan produk tersebut. Misalnya untuk menarik perhatian konsumen, sewaktu waktu Anda bisa mengirimkan pesan singkat kepada konsumen jika sedang ada promo produk-produk Anda. Kemudian lakukan bagaimana upaya promosi yang baik, lebih unik, dan menarik untuk melanjutkan upaya promosi Anda. Anda juga bisa promosi dari mulut ke mulut, karena dengan cara promosi seperti itu, konsumen Anda dapat menyebar dengan mudah bahkan  dapat menjaring pelanggan berlipat lipat.

    Menurut saya promosi dari mulut ke mulut itu lebih baik dan lebih kuat daripada promosi dari sebuah pesan singkat dan sebagainya. Oleh karena itu siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dan tertarik dengan Anda. Pelanggan yang puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat  menarik pelanggan baru untuk bergabung kepada bisnis Anda. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari dari keramaian dan lebih privasi karena ruang inovasi terbuka lebar di internet. Cara yang terpenting jalinlah hubungan dengan pelanggan atau konsumen Anda. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru.

    Caranya buatlah database pelanggan Anda, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai. Jangan lupa hubungi mereka secara berkala dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain. Di zaman modern ini pada umumnya tekhnologi semakin canggih dan berada di era serba mobile, tentunya media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki brand Anda. Melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya, Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dan perlu Anda ketahui terutama di era digital sekarang ini, dimana persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat, maka Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

    Cara tersebut akan menjadi plus bagi usaha Anda. Walaupun strategi pemasaran produk Anda bersifat online atau melalui social media, jangan Anda lupakan taktik pemasaran Anda secara offline seperti halnya yang sudah kita bahas sebelumnya. Agar lebih menguntungkan Anda, Anda juga bisa menjadi sponsor di sebuah acara atau lomba agara produk yang Anda pasarkan lebih di kenal oleh orang banyak. Kemudian untuk menunjang pemasaran produk  Anda, Anda bisa berikan insentif atau bonus atau cash back bagi pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan atau yang bergabung ke bisnis Anda.

    Insentif dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri. Tentunya dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal ini tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang baik dan jitu.

Jika teknik-teknik tersebut sudah Anda jalankan, barulah Anda bangun asset Anda sendiri untuk memperpanjang usia bisnis Anda.

 

Sekian artikelnya.

Semoga bermanfaat ya…!                                                                                                              

Comments

comments

About Nurhayati Berutu

Nurhayati Berutu
These shortcomings me. I was his lack confidence, shy, spoiled, selfishness, easily hurt, and much more. But my exess must also exist. You who judge for yourself. Thank you.

Tutorial Lain

Cara Mengamankan Data Pada Komputer atau Laptop

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer dan laptop adalah tempat dimana banyak sekali untuk menyimpan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *