Home / PHP / Tutorial PHP: Tipe Data Integer dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Integer dalam PHP

Tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang cara penulisan variabel dalam PHP dan telah disampaikan bahwa variabel tidak perlu di deklarasikan karena PHP akan secara otomatis menentukan tipe datanya. Meskipun demikian, di PHP terdapat 8 tipe data yang dapat digunakan, yaitu Integer, Double, Boolean, String, Array, Object, NULL, dan Resource. Tutorial kali ini akan kita bahas terlebih dahulu mengenai tipe data Integer dalam PHP.

Tipe data Integer dalam PHP

Integer merupakan tipe data yang paling sederhana dengan tampungan nilai bilangan bulat positip dan negatif. Contoh bilangan bulat positip seperti  5, 10, 1000 dan bilangan bulat negatif -123, -1233. Dalam penerapannya di website, tipe data integer biasa menampung jumlah maupun nilai dari suatu perhitungan, seperti jumlah barang, jumlah mahasiswa, jumlah pengunjung, harga barang, total bayar, dlsb.

Cara penulisan variabel dengan tipe data integer seperti contoh dibawah:

<?php
$bulat_positip=10;
$bulat_negatip=-15;
$jumlah=$bulat_positip+$bulat_negatip;
echo"$jumlah"; //akan menghasilkan -5
?>

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa PHP itu tidak memerlukan pendeklarasian tipe data dalam variabel, sehingga ketika terdapat variabel berisi nilai angka bilangan bulat, maka secara otomatis variabel tersebut dibaca dengan tipe data integer.

Untuk mengisikan nilai variabel dengan tipe data integer dapat diletakkan diantara “(kutip dua), ‘ (kutip satu) maupun tanpa tanda kutip, sehingga $bilangan=10 akan dianggap sama dengan $bilangan=’10’ ataupun $bilangan=10.

Jangkauan tipe data integer 231 -1 atau berkisar diantara -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647 untuk komputer yang 32bit, untuk melihat jangkauan tipe data integer dapat menggunakan PHP_INT_MAX seperti kode dibawah.

<?php
echo PHP_INT_MAX //akan ditampilkan 2,147,483,647
?>

Selain bilangan desimal (basis 10) yang kita kenal dan pergunakan dalam keseharian, PHP juga dapat membaca tiga jenis bilangan lain yaitu bilangan Oktal (basis 8), Heksadesimal (basis 16) dan Biner (basis 2). Yang membedakan hanya dalam bentuk penulisannya sewaktu pemberian nilai pada sebuah variabel. Bilangan oktal di harus ditambahkan 0(nol) di depan nilai variabel, bilangan heksadesimal ditambahkan 0x(Nol dan x) dan bilangan biner 0b (nol dan b).

  • Bilangan desimal (basis 10) terdiri dari : 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
  • Bilangan oktal (basis 8) terdiri dari : 0,1,2,3,4,5,6,7
  • Bilangan hexadesimal (basis 16) terdiri dari: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9, A, B, C, D,E,F
  • Bilangan biner (basis 2) terdiri dari: 0 dan 1

Cara penulisan tipe data integer untuk bilangan oktal, heksadesimal dan biner dalam variabel dapat dilihat seperti contoh berikut:

<?php
$desimal=5;
$oktal=011; //bilangan oktal 11
$heksa=0x10; //bilangan heksadesimal 10
$biner=0b10; //bilangan biner 10

echo"$desimal";
echo"<br/>";

echo"$oktal"; //akan ditampilkan 9 (11 di bilangan oktal sama dengan 9 di desimal)
echo"<br/>";

echo"$heksa"; //akan ditampilkan 16 (9 di bilangan heksadesimal sama dengan 16 di desimal)
echo"<br/>"; 

echo"$biner"; //akan ditampilkan 2 (10 di bilangan biner sama dengan 2 di desimal)
?> 

Contoh diatas, bilangan oktal yang di awal nilainya di tambahkan 0, bilangan heksa yang diawali 0x dan bilangan biner dengan 0b akan langsung di diubah hasil konversinya kedalam bilangan desimal.

Begitu juga ketika diberikan operasi aritmatika seperti penjumlahan pada semua jenis bilangan diatas maka otomatis akan di ubah juga ke dalam bilangan desimal, seperti contoh berikut:

<?php
$desimal=5;
$oktal=011;
$heksa=0x10;
$biner=0b10;

$jumlah=$desimal+$oktal+$heksa+$biner;
echo"$jumlah"; //ditampilkan hasilnya 32
?>

Pada contoh kode diatas, terdapat sebuah variabel $jumlah nilainya adalah hasil penjumlahan variabel $desimal yang berisi bilangan desimal, $oktal yang berisi bilangan oktal, $heksa yang berisi bilangan heksa dan $biner yang berisi bilangan biner.  Hasil penjumlahan yang ditampilkan pada variabel $jumlah adalah dalam bentuk desimal.

Demikian tutorial tentang tipe data integer dalam PHP. Semoga bermanfaat!

 

Tutorial selanjutnya kita akan membahas tipe data double dalam PHP. Tipe data Double digunakan untuk menampung data yang bernilai pecahan.

Comments

comments

About admin

admin

My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data Boolean dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Boolean dalam PHP

Dalam pemrograman secara umum, tipe data Boolean sering digunakan untuk memfilter suatu statement, apakah diperbolehkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *