Home / PHP / Tutorial PHP: Tipe Data Double dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Double dalam PHP

Selain tipe data integer yang menampung data bilangan bulat positip dan negatif terdapat juga tipe data double. Lanjutan tutorial kali ini, kita akan membahas tentang tipe data double dalam PHP. Tipe data double dikenal juga dengan sebutan float, floating point number ataupun real.

Tipe Data Double dalam PHP

Tipe data double digunakan untuk menampung nilai angka yang lebih spesifik dalam bentuk desimal/pecahan. Contoh nilai dari tipe data double seperti 1.25, 30.4 atau -1.20.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam penulisan tipe data double adalah penggunaan tanda . (titik) untuk desimal. Di dalam bahasa pemrograman, umumnya penulisan bilangan pecahan desimal berbeda dengan yang biasa kita kenal (menggunakan , koma) tetapi harus di tuliskan dengan mengikuti standard eropa (menggunakan . titik).

Jangkauan tipe data double dari 1.7 x 10-308 sampai dengan 1.7^308  dengan keakuratan pecahan desimal(dibelakang titik) hingga 15 digit. Tipe data double dapat ditulis dengan dua cara yaitu dengan penulisan desimal biasa seperti 1.25  dan dengan format scientific notation seperti  125E-2.

Penulisan tipe data double dalam PHP dapat dilihat seperti contoh berikut

<?php
$penulisan_1=1.25;
$penulisan_2=125E-2;

echo "$penulisan_1"; //menampilkan 1.25
echo"<br/>";

echo "$penulisan_2"; //menampilkan 1.25
?>

Pada kode diatas, variabel $penulisan_1 berisi nilai dengan tipe data double yang di tuliskan dengan bentuk desimal biasa, sedangkan pada variabel $penulisan_2 nilai desimal dituliskan dalam bentuk scientific notation. Kedua bentuk penulisan diatas akan menampilkan hasil yang sama ketika dijalankan di browser.

Tidak ada perbedaan dengan tipe data integer, tipe data double dalam PHP dapat juga digunakan dalam operasi aritmatika seperti penjumlahan, perkalian dan lain sebagainya. Contoh penggunaan tipe data double dalam operasi aritmatika seperti kode berikut:

<?php
$nilai_1=2;
$nilai_2=90E-2 +$nilai_1;

$jumlah=$nilai_1+$nilai_2;

echo "$jumlah"; //menampilkan 4.9 (0.9 + 2 + 2)
?>

Pada contoh diatas, sebuah variabel $nilai_1 berisi tipe data integer  dan variabel $nilai_2 dengan tipe data double bernilai 0.9 (ditulis dengan scientific notation 90E-2) dijumlahkan dengan variabel $nilai_1 (menghasilkan 2.9).

Selanjutnya terdapat variabel $jumlah yang nilainya adalah variabel $nilai_1 + $nilai_2 hasilnya ketika di jalankan di browser adalah 3.4, walaupun $jumlah berisi variabel dengan tipe data integer dan dijumlahkan dengan variabel dengan tipe data double maka akan secara otomatis tipe data $jumlah akan menjadi double.

Demikian tutorial tentang penulisan tipe data double dalam PHP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tutorial selanjutnya kita akan membahas cara penulisan tipe data String dalam PHP.

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data String dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data String dalam PHP

Setelah sebelumnya kita membahas cara penulisan tipe data double/float dalam PHP, maka lanjutan tutorial PHP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline