Home / Internet / Sosial Media yang Paling Populer

Sosial Media yang Paling Populer

Media Sosial adalah media online yang penggunanya atau yang biasa disebut dengan user saling berhubungan dengan user yang lain dengan media internet. Media Sosial menjadi suatu hal yang sudah biasa didalam dunia maya karna, dengan media social kita dapat bersosialisi dengan satu sama lain secara online tanpa batas dan murah dan langsung terkirim kepada target yang ingin dikirim.

Sosial Media dapat dibagi menjadi beberapa bagian :

  1. Discuss, media social yang membuat penggunanya saling melakukan atau membuat obrolaran dan diskusi. Seperti Yahoo!, Skype, Forum.
  2. Sosial Network, media social yang digunakan untuk berinteraksi seperti contohnya yang sering digunakan Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, Tumbrl, WhatsApp, BBM, dan lain-lain.
  3. Publish, media yang untuk membagikan artikel atau tulisan seperti Wikipedia, WordPress, blog, dan lain-lain.
  4. Share, media social yang digunakan untuk kita saling berbagi video, file, music, dan lain-lain. Seperti Youtube, Instagram, Slideshare, Flickr, dn lain-lain.
  5. Sosial Game, media social seperti game yang dapat dimainkan secara online dan bersama-sama.

Media Sosial dapat dimanfaatkan sebagai  media dagang, memperbanyak pertemanan, mencari relasi atau koneksi, dan lain-lain. Dunia nyata dan dunia maya dua hal yang bertolak belakang. Dunia nyata yang dibatasi dengan waktu dan ruang karna dunia nyata apabila kita ingin berinteraksi dengan seseorang harus berjumpa terlebih dahulu dan sama-sama ditempat yang sama. Berbeda dengan dunia maya. Dengan duni maya tidak kenal batas seperti ruang dan waktu krana apabila ingi bersosilisasi hanya dengan mencari dan mengklik yang ingin diajak bersosilisai. Tidak jarang seseorang dapat berbeda dengan dia di dunia nyata dan dunia maya, karna terlihat dengan jejaring social.

Media social pun memiliki dampak yang besar seperti anak yang dibawah umur  yang dapat menggunakannya dan kita tidak tau kalau dia ternyata anak belum cukup umur untuk menggunakan social media. Dan takutnya dengan media social ini dapat membuat seseorang sulit bergaul di dalam dunia nyata, kecanduan, autis, dan lain-lain. Apabila sesorang yang pintar dalam memantfaatkan media social dia akan mempergunakannya dan dapat mempermudahkannya ntuk mencari informasi,  mencari lowongan pekerjaan, berbelanja online, mengirim tugas, dan lain-lain.

Macam –macam Media Sosial Yang Populer di Dunia

  1. Facebook

Siapa yang tidak tau dengan Facebook semua kalangan pasti sudah tidak asing lagi dengan media social ini. Media social yang sudah umum. Mark Zuckerburg orang yang mendirikan Facebook. Facebook ialah situs media social pertemanan secara online yang terdapat didalam jaringan internet. Saat ini pengguna  Facebook telah tersebar di berbagai dunia. Karna Facebook memiliki tools yang mudah untuk dipahami. Facebook juga dapat mebagikan status kita dan dapat mengomentari status teman kita yang didalam Facebook, dapat juga membagikan Foto-foto, video, main game, membuat kelompok atau komunitas serta lainnya. Facebook juga sekarang dapat membagikan story dan siaran langsung seperti instagram. Tetapi, Facebook dapat disalahgunakan oleh orang atau oknum yang tidak memiliki rasa bertanggung jawab dengan melakukan hal yang tidak baik seperti contohnya, membagikan hal-hal yang tidak sopan, dan seperti kasus kriminalitas.

Namun, walaupun begitu Facebook masih tetap popular dikalangan masyarakat. Jadi tidak diragukan lagi bahwa Facebook menjadi media social nomor 1 dengan pengguna terbanyak. Dengan pengguna yang telah tembus sebanyak 2 miliar di tahun ini, 2017.

Daftar pengguna Facebook di dunia.

2. Instagram

Kevin Systrom dan Mike Krieger adalah pendiri Instagram. Media social satu ini pun tidak kalah popular dengan Facebook. Namun tidak semua dapat mengerti menggunakan Instagram karna, Instagram aplikasi mobile berbasis iOS, androind, dan windows phone, karena Instagram aplikasi yang digunakan untuk mem-posting, meng-edit video dan foto ke halaman utama Instagram. Dan foto atau video yang telah kita posting akan terlihat oelh para followers atau pengikut kita. Beda Instagram beda aplikasi media social lainnya, karna didalam Instagram ada istilah followers dan following. Followers artinya pengguna yang mengikuti anda dan following anda yang mengikuti pengguna. Instagram denga pengguna terbanyak ke-3 di dunia.

3. Youtube

Aplikasi membagikan video dan menonton video. Pendiri dari Youtube ialah Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Youtube telah menjadi media social terbesar ke-2 setelah Facebook dan Instagram. Karna dengan Youtube kita dapat menonton film, show clips, music videos, dan video blog. Masuk ke Youtube tidak harus mendaftar dulu baru menonton videonya kita dapat menontonnya langsung. Namun, apabila kita ingin berlanggan dengan pengguna yang membagikan video yang kita tonton kita harus daftar ke Youtube dulu.

Didalam Youtube terdapat juga istilah subscribe artinya berlanggan. Dengan kita telah mendaftar kita juga bisa menyukai atau tidak menyukai video tersebut. Youtube pada tahun 2016 lalu telah mencapai 1 juta perhari orang-orang yang menonton di Youtube.

4. Twitter

Pendiri Twitter ialah Evan Williams di San Fransisco. “Twitter bukanlah jaringan social,”kata Evan Williams. Ia menekankan bahwa Twitter hanya jaringan informasi yang memberikan kabar terbaru dan terkini dari semua orang dan dibagikan kembali ke seluruh dunia.Tujuan dari Twitter sendiri ialah untuk media online untuk chat kepada teman-teman anda. Tidak hanya untuk membangun komunitas dengan teman-teman anda, Twitter juga sebagai layanan marketing yang efektif di era bisnis dijama sekarang.

 Dan telah banyak juga perrusahaan-perusahaan yang telah berskala internasional menggunakan layanan Twitter. Dengan Twitter terdapat istilah hastag atau tagar (#). Dengan hastag kita tau apa saja yang trending saat ini. Twitter juga merupakan social media terbesar dengan pengguna terbanyak dengan peringkat ke-4 di dunia.

5. Whatsapp

Whatsapp Messenger atau Whatsapp saja ialah aplikasi pesan untuk smartphone yang mirip denga BlackBerry Messenger. Whatsapp digunakan untuk bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena Whatsapp Messenger menggunakan paket data internet. Whatsapp tidak hanya untuk mengirim pesan, Whatsapp juga bisa digunakan untuk mengirim suara, menelpon secara langsung, ber-video call bersama teman. Whatsapp juga dapat mengirm status kita dengan banyak fitur pilihan, seperti kita dapa mengedit foto kita sebelum di posting. Karena Whatsapp  pada umumnya hanya untuk iPhone , kemudian seiring perkembangannya, aplikasi Whatsapp juga tersedia di versi Android, BlackBerry, dan Windows Phone.

Untuk masuk ke Whatsapp tidak sulit karena hanya dengan nomor telepon, kita dapat mendaftar. Dan Whatsapp juga tidak susah apabila kita ber-chat ria dengan teman, karena hanya dengan nomor telepon. Apabila nomor telepon teman kita telah ada di kontak handphone kita dan akan secara otomatis terhubung ke Whatsapp apabila teman kita juga mempunyai Whatsapp. Walaupun Whatsapp tidak masuk daftar social media terbesar di dunia namun Whatsapp banyak  dipakai untuk mengirim pesan. Karena Whatsapp dimulai  tahun 2016 baru popular.

Itulah yang saya ketahui tentang media social yang sedang popular di dunia.

Inilah daftar grafik media social yang popular di dunia.

 

 

Comments

comments

About Hesty Anggita

Hesty Anggita

Tutorial Lain

Fitur, Kelebihan dan kekurangan Instagram

Media sosial menambahkan aplikasi baru, yakni selain mengenal dunia nyata sekarang kita juga mengenal dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *