Home / Programming / Sistem Operasi Windows 2010

Sistem Operasi Windows 2010

RIZKY FITRI RAMADHANI
(1704115)
TI/S1 GROUP A PAGI

Sistem operasi windows 10

Sejarah Sistem Operasi Komputer Windows
Windows merupakan jenis sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.Sebelum Microsoft merilis sebuah sistem operasi yang berbasis tampilan gambar seperti yang sekarang kita ketahui tenyata sistem operasi yang pertama diciptakan adalah sistem operasi berbasis modus teks dan command-line ( MS-DOS ).Sedangkan sejarah perkembanganwindows 10 sendiri merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal30 September 2014,dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik. Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop),termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop dari pada modus layar penuh.

Adapun versi dari windows yakni:
1.Windows Graphic Environment 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang dirilis Microsoft dengan berbasis tampilan gambar pada tahun 1985. Sistem operasi ini tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS.Sistem operasi ini menggunakan teknologi 16-bit.
2.Windows versi 2.x merupakan pengembangan sistem operasi dari versi sebelumnya yang dirilis pada tahun 1987. Windows versi ini memiliki kemampuan untuk meminimize dan memaximizekan tampilan. Versi ini menggunkan floppy disk untuk berjalan.
3.Windows versi 2.0x dan versi 2.1x merupakan sistem operasi yang masih menggunakan teknologi 16-bit. Walaupun demikian versi ini lebih popular karena terdapat aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan Excel for windows. Tidak seperti versi sebelumnya versi ini memerlukan harddisk untuk berjalan.
4.Windows versi 3 merupakan versi yang menjadi awal kesuksesan sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1990. Versi ini merubah total tampilan sehunnga mudah digunakan pengguna.
5.Windows versi 3.1 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang dirilis tahun 1992. Perubahan yang terjadi antara lain memiliki tampilan yang menarik dan bagus, memiliki multimedia untuk memutar video, adanya File Manager, adanya Program Manager. Versi ini juga mendukung sistem 32 bit disk access.
6.Windows NT merupakan sistem operasi Windows yang pertama dibuat dengan menggunakan kernel hibrida. Sedangkan versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic.
7.Windows versi 95 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 1995 dengan menggunakan arsitek teknologi 32-bit. Versi ini berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit. Fitur-fitur itu menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maksimal 2 gigabyte (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuk sistem operasi).
8.Windows versi 98 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 1998. Versi ini secara umum jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan versebelumnya. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras bar, mendukung sistem berkas FAT32 yang lebih baik, mendukung USB, dan Internet Connection Sharing.
9.Windows 2000 merupakan sistem operasi yang dirilis februari tahun 2000. Versi ini dikenal dengan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″. Versi ini ditujukan untuk bisnis (workstation dan server). Fitur Windows 2000 lebih berorientasi untuk binis dan industri seperti Active Directory (sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain), seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara mesin.
10.Windows ME ( Millennium Edition ) merupakan sistem operasi yang dirilis september tahun 2000. Versi ini mendukung aplkasi multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini memiliki fitur “System Restore,” yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan ke keadaan semula jika mengalami kegagalan.
11.Windows XP merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2001. Versi ini menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga memiliki kestabilan yang bagus dan menggantikan produk Windows yang berbasis 16-bit.
12.Windows Vista merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2001. Versi ini memang dibuat agar memiliki keamanan yang tangguh dibandingkan dengan versi sebelumnya. dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yaitu User Account Control (UAC), yang digunakan untuk menggantikan filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada Windows XP.
13.Windows 7 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2009. Versi ini memiliki kernel NT 6.1. Versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun14. Windows 7 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2009. Versi ini memiliki kernel NT 6.1. Versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang menggantikan Windows Server 2008) dirilis hanya dalam versi 64-bit, atau yang dinamakan Windows Server 2008 R2. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.
14.Windows 8 merupakan sistem operasi yang dirilis tahun 2012. Versi ini cukup menghebohkan karena memiliki perbedaan yang cukup jauh dari versi sebelumnya. Versiini menggunakan UI (User Interface) dan memiliki tampilan yang disebut Metro sehingga pengguna dapat langsung berinteraksi dengan mudah menggunakan touch screen. Sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda seperti Windows 8 untuk PC, Windows 8 RT untuk Tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone.
15.Windows 10 merupakan rilisan dari pengembang atau penemu Windows yang akan dirilis mendatang dari sistem operasi Microsoft Windows. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, akan dirilis pada akhir tahun 2015.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas system operasi Windows 10.
(Bagian – bagian Desktop
1) Start Button
Menyediakan akses ke aplikasi, setting&konfigurasi, dokumen dan yang lainnya.
2) Pinned Programs
Menyediakan satu kali klik mengakses aplikasi – aplikasi yang sering digunakan
3) Notification Area
Ikon – ikon yang menunjukkan peringatan, informasi dan aplikasi yang berjalan tapi
tidak terlihat.
4) Ikon
Dengan mengklik dua kali akan membuka aplikasi atau dokumen yang diinginkan.
5) Recycle Bin
Tempat menyimpan sementara file – file yang dibuang.

(Start Button
Start Button menyediakan beberapa akses ke :
Aplikasi atau software yang telah diinstal (all program)
Daftar aplikasi yang terakhir dan sering dijalankan
Dokumen – dokumen yang terakhir dibuka
Pencarian
Menjalankan perintah DOS (Run)
Membuka pengaturan system Control Panel
Keluar dari Windows

(Start Button: Keluar Windows
Stand By (Sleep Mode)
Menyimpan keadaan yang sedang berjalan ke memory dan menidurkan komputer.
Kalau komputer dihidupkan akan langsung kembali ke keadaan semula.
Shut down
Menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, kemudian mematikan komputer.
Restart
Seperti turn-off tetapi komputer akan langsung dihidupkan kembali sesudahnya.
Sign Out :
Keluar dari user (akun) yang sedang berjalan dan kembali ke pilihan akun yg lain.
Change Account Setting
Rubah parameter setting account.
Lock
Mengunci akun yang sedang berjalan dengan menampilkan permintaan password
dari akun tersebut tanpa keluar (menutup aplikasi – aplikasi yang sedang berjalan).

( Konfigurasi dengan Control Panel
Control Panel merupakan kumpulan perangkat (tool) untuk menyesuaikan pengaturan
system Windows sehingga pengguna dapat bekerja dengan efisien.
Kategori pengaturan
Waktu, bahasa dan tempat
Akun pengguna
Kemudahan Akses
Aplikasi dan Software
Jaringan dan Internet
System dan Keamanan

(Pengaturan Hardware

  1. Secara umum system operasi terkini secara langsung dapat mengenali hardware yang
    terpasang pada system computer selama hardware tersebut memiliki fitur “Plug and play”
  2. Ada beberapa issue yang diperhatikan dalam pengaturan hardware yaitu compatibility dari driver yang ada.
    Compatibility driver meliputi :
    Versi sistem operasi
    Arsitektur (16 / 32 / 64 bit)
  3. Tanda tangan digital (digital signature)
  4. Pengaturan Hardware ini dilakukan dengan “Device Manager” . My Computer – Klik Kanan– Manage – Device Manager

(Software dan Aplikasi
Software aplikasi adalah sebuah program komputer yang dapat mempermudah kita untuk
melakukan sesuatu yang memanfaatkan komputer, seperti: aplikasi perusahaan, pengolahan
kata, games, aplikasi perkantoran dll.

(Fitur Window
Untuk pengaturan fitur window dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini :
(Win 10 Tombol Start (Right Click) – Control Panel – Programs and Features – Turn
Windows Features On or Off
Untuk mendapatkan rincian komponen kita expand pada pengelompokkan
Untuk menambahkan kita pilih hingga kotak pilihan terisi (,,) . Dalam hal ini kita
membutuhkan CD/DVD installer dari win 10.
Untuk menghapus kita kosongkan kotak pilihan ()
Selanjutnya pilih OK sampai proses dimulai.

(Pengaturan Folder dan File
File adalah kumpulan data yang memiliki nama dan disimpan pada penyimpanan
komputer.
Ada dua kategori file :

  1. Executable File (file yang dapat dijalankan) File yang berupa program yang berisi perintah dan instruksi kepada komputer untuk menjalankan sesuatu
  2. File Data File yang berisi data (huruf, angka, gambar, suara) dalam bentuk digital yang
    dapat disunting (edit). File ini memerlukan program aplikasi untuk dapat membukanya Nama File.
    Masing-masing file harus memiliki nama yang unik tidak lebih dari 255 huruf
  3. Ekstensi File titik (.) yang diikuti oleh deretan karakter yang ditambahkan pada nama file
    untuk menunjukkan jenis file tersebut, misalnya .doc, .docx, .ppt, .pdf, .cdr, dll
  4. Folder Folder (direktori) adalah wadah untuk mengumpulkan beberapa file untuk
    kemudahan akses. Folder dapat juga berada didalam folder lain yang disebut sub-folder.
  5. Lokasi File Lokasi sebuah file pada komputer (Path) terdiri dari [huruf drive] :
    {\folder} [nama].[ekstensi] contoh: V:\Materi Isif\It\sesi1.ppt

Edisi Windows 10 Empat edisi utama dari Windows 10, yaitu:
Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan dalam Desktop komputer, laptop, dan tablet.Edisi ini termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8,8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium. Di versi ini pengguna tidak dapat mematikan fitur Windows Update.
Windows 10 Pro: sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate,dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1Pro.
Windows 10 Enterprise: memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume.
Windows 10 Education: memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise.
Windows 10 Enterprise LTSB: Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga pengguna dapat menolak update yang ditawarkan oleh Microsoft.
Edisi Windows 10 untuk perangkat bergerak dan benam, yaitu:
Windows 10 Mobile: dirancang untuk telepon cerdas dan tablet kecil. Edisi ini termasuk semua fitur konsumen dasar, termasuk kapabilitas Continuum. Ini merupakan suksesor secara de facto dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT.
Windows 10 Mobile Enterprise: memberikan semua fitur Windows 10 Mobile, dengan fiturtambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, tetapi dioptimalkan untuk perangkat bergerak.
Windows 10 IoT Core: akan dirancang khusus untuk digunakan dalam footprint kecil,
perangkat berbiaya rendah dan skenario Internet of Things (IoT) dan akan mirip
denganWindows Embedded.
Versi Enterprise dan Mobile Enterprise juga akan dirilis untuk sistem benam.

File Sistem Windows
(NTFS (New Technology File System)
•seperti halnya pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktori,
•penetapan kuota berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hard disk,
• fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance).
•Fitur-fitur standar sebuah sistem berkas, seperti halnya directory hashing, directory caching, penggunaan atribut direktori, dan atribut berkas tentu saja telah dimiliki oleh NTFS
(FAT ( File Allocation Table )
•Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan .

Jenis File Sistem Yang Digunakan Windows
(FAT12
•Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 12 bit
•Merupakan file sistem asli dari FAT yang pertama kali digunakan dalam sistem operasi MS-DOS
•Batas kapasitas hingga 32 MB
•Bisa diakses oleh MS-DOS dan semua OS Windows
(FAT16
•Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 16 bit
•Batas kapasitas hingga 4 GB
•Ukuran unit alokasi yang digunakan oleh FAT16 bergantung pada kapasitas partisi yang hendak diformat
•Bisa diakses oleh MS-DOS (versi 4.x ke atas) dan semua OS Windows
(FAT32
•Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 32 bit
•Batas kapasitas hingga 8 TB
•Diperkenalkan mulai Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2)
•Bisa diakses oleh semua OS Windows kecuali Windows 95 (versi awal), Windows NT 3.x dan Windows NT 4.0
(NTFS
•Merupakan sebuah file sistem yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT
•Memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga file sistem FAT
Kelebihan Windows
•User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
•Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
•Banyak software berbasis Windows
•Dukungan driver yang lebih banyak
Kekurangan Windows
•Harga licensi mahal
•Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
•Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
•Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
•Sistem yang kurang stabil

Comments

comments

Tutorial Lain

Bahasa pemograman php

Bahasa Pemograman PHP Apa itu penjelasan bahasa pemograman PHP? Bahasa pemograman yang dimasukan atau di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *