Home / Artikel / SEJARAH KOMPUTER BESERTA PENEMUNYA

SEJARAH KOMPUTER BESERTA PENEMUNYA

komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelolah data menurut prosedur yang telah tentukan . Kata computer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang lagi dikerjaan melakukan perhitungan aritmatika, tanpa alat bantu,seperti alat hitung jaman dulu  kemudian dipindahkan kepada alat  mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,komputer jaman dulu hanya untuk menghitung tidak seperti  komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Urutan Komputer dan Penemu komputer di seeluruh dunia

Istilah computer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut pak Blissmer (1985), computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh penguna, menyimpan  semua perintah-perintah yang di berikan penguna dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi .

Sedangkan kata bapak Sanders (1985), komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat  tidak meleset atau miss data serta dirancang sebagian rupa dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memproses, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah di buat oleh pemakai tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba menjelaskan secara berbeda tentang komputer, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memproses, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu data input (data masuk), pengolahan data, dan informasi (output data keluar). Pengolahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik  atau. Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta)dan benar – benar terjadi(real), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan suatu bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi.

Genersi Komputer jaman doloeh sampai jaman modern (masa kini)

1. Komputer Generasi Pertama( 1940-1959 )

Menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data.

Contoh komputer generasi pertama sanggat lama dan paling tua: 

a)     ENIAC

 ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )Dirancang oleh  bapak Dr John Mauchly dan bapak Presper Eckert padatahun 1946.

b)    EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan komputer fokus ke perhitungan ENIAC.

c)     EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)

Memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

d)    UNIVAC 1 Computer.

Padatahun 1951 oleh bapak Dr Mauchlydan Eckert menciptakan UNIVAC 1  ( Universal Automatic Calculator ) yaitu computer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

Komputer Generasi Kedua ( 1959  sampai 1964 )

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan computer karena terlalu berat dan bayak masalah.Transistor mulai digunakan di dalam computer mulai pada tahun 1956. Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.

Kemudian Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language ( COBOL ) dan Formula Translator ( FORTRAN ) mulai umum digunakan.

Contoh computer genarasi kedua :

a)  OMPUTER DEC PDP-8

3.  Komputer Generasi Ketiga ( 1964awal sampai tahun80an)

Di temukan oleh bapak Jack Kilby, seorang insinyur di Texas , mengembangkan sirkuit  terintegrasi di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) windows belum masuk ke sistem ini

4. Komputer Generasi Keempat( awal 80an

Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: “mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elekronika” setelah tahun 1940

1.     Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen kecil dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,

2.     Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah 1 chip saja

3.     Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan  Dalam 1 chip

5. Komputer Generasi Kelima( MASA DEPAN )

Sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Teknologi Perangkat Keras Processor

Processor merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer  yang melakukan keselurahan. Processor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Aritmatika Logic Unit)  dan Control Unit.

Kecepatan kerja  processor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unitnya. Contoh: jika processor memilki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemrosesan satu instruksinya = T =1/f =1/(350x106Hz),= 0,286 x 10-8 detik.

Bagian Utama Processor

1.     Control Unit (CU), merupakan komponen utama atau otak komputer untuk memprosesor dan  mengontrol semua perangkat yang  terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.

2.     Aritmatika Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika atau perhitungan (tambah, kurang, kali, bagi) serta data logika (perbandingan)

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *