Home / Artikel / Sejarah Internet

Sejarah Internet

Setiap harinya kita tidak akan terlepas dengan yang namanya internet. Internet dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan, interaksi sosial hingga dijadikan sebagai media hiburan(game). Dapat dikatakan bahwa sekarang ini internet merupakan penemuan yang sangat berpengaruh di dunia.

Dengan adanya jaringan internet, kita dapat ‘menjelajahi’ seluruh dunia hanya dengan menatap monitor sambil mengetikkan dan menggerakan mouse saja. Ditambah saat ini biaya untuk Akses internet juga murah dan terjangkau. Hampir semua perangkat komunikasi mendukung akses internet, tidak hanya komputer atau laptop saja, smartphone dan gadget pun sudah mengedepankan fitur yang menggunakan konektivitas internet.

Mungkin anda pernah bertanya, bagaimanakah awal mulanya jaringan internet itu terbentuk?Berikut ini sejarah singkatnya.

Pada awalnya teknologi internet dikembangkan dan digunakan oleh pihak militer, dalam hal ini Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang secara khusus membidangi penganan dan pengelolaan informasi secara rahasia bernama DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dengan hasil riset yang diperoleh berupa jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

ARPANET digunakan oleh kalangan militer Amerika Serikat untuk saling bertukar informasi antara pusat komando dengan pasukan di lapangan tanpa diketahui dan disadap oleh musuh. Informasi yang dapat disadap oleh jaringan ini berupa teks, gambar, gambar bergerak, suara dan informasi lainnya yang berguna untuk militer. Konsep inilah yang diambil dan kemudian melahirkan teknologi jaringan internet yang digunakan oleh kalangan sipil.

Tim Berners-Lee

Di kalangan sipil, pemanfaatan teknologi internet dimulai sekitar tahun 1993. Pada saat itu, Tim Berners-Lee dan peneliti lainnya tergabung dalam sebuah wadah yaitu European Particle Physics Lab, dalam sebuah institusi bernama CERN (Consei European pour la Recherche Nucleaire) di Geneva Swiss.

Teknik yang dikembangkan yaitu membagi dan menshare data antar komputer dengan menggunakan sebuah hypertext yang dapat diakses oleh sebuah program baru yang dapat membaca dokumen-dokumen yang menggunakan format hypertext. Format hypertext ini kemudian dikenal dengan HyperText Markup Language(HTML).

Beberapa kode-kode khusus disisipkan pada program baru ini, agar program baru ini dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Kode-kode yang disisipkan pada sebuah program baru ini kemudian dikenal dengan nama tag-tag, dan program baru yang dapat membaca hypertext ini kemudian dikenal dengan nama browser. Browser inilah yang kelak merupakan software standard yang digunakan untuk mengakses sebuah informasi dalam jaringan internet.

Program baru yang berhasil dikembangkan oleh Berners-Lee, telah disisipkan kode-kode khusus yang berfungsi untuk membaca dokumen dengan format hypertext. Kemudian kemampuan browser terus ditingkatkan seiring dengan kebutuhan, diantaranya kemampuan untuk berpindah dari dokumen satu ke dokumen yang lainnya (link). Selain digunakan untuk mencari dokumen antara dokumen satu dengan dokumen yang lainnya, internet juga dapat digunakan untuk menyimpan program, database, dan lain-lain yang sifatnya freeware atau gratisan.

Hingga sekarang, internet banyak digunakan sebagai salah satu media promosi dan hiburan, olahraga, sport, film dan lain-lain. Tetapi yang tidak kalah bermanfaatnya, internet digunakan sebagai alat transaksi perbankan, pelayanan publik, pendidikan sampai dengan info kesehatan, bahkan bisnis. Lahirlah teknologi-teknologi baru dibidang pemanfaatan dan pemberdayaan jaringan internet seperti e-government untuk pemerintahan, e-business untuk dunia usaha, e-leaning untuk dunia pendidikan dan e-commerce untuk bisnis.

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Cloud Computing, Keamanan Cloud Computing : Manfaat, Risiko dan Kontrol

Cloud computing atau ‘komputasi awan’ menyajikan model baru untuk layanan teknologi informasi yang melibatkan jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline