Home / PC/ Laptop / Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Komputer, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Komputer, Jenis-Jenis dan Fungsinya

  1. PENGERTIAN PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Untuk permulaan mari kita bahas terlebih dahulu tentang Pengertian perangkat keras atau dalam bahasa inggrisnya di sebut juga hardware adalah suatu bagian yang berkaitan dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dengan kasat mata dan juga bisa diraba oleh indra peraba secara langsung atau yang berbentuk nyata dan tidak ghaib, yang berfungsi untuk mendukung proses berjalannya perintah-perintah yang di inginkan oleh user (proses komputerisasi).

Perangkat Keras atau Hardware ini dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau perintah-perintah yang telah di instal sebelumnya pada komputer, juga bisa disebut dengan istilah Instruction set Architecture (ISA) didefenisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh pemrogram. Kemudian dengan adanya perintah yang dapat kita mengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh user, kalo kamu usernya ya pastinya bisa ditentukan oleh kamu.

Secara body atau fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen atau bagian-bagian yang merupakan suatu sistem. Kalo belum paham pengertian sistem, saya jelasin juga nih. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

 

  1. JENIS_JENIS DAN FUNGSI PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Berdasarkan fungsinya kita akan membagi jenis-jenis yang ada pada perangkat keras komputer

  1. input divice (unit masukan)

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data, file, berkas atau sejenisnya dari luar ke dalam suatu memori (penyimpanan) dan processor untuk diolah pada sistem komputer guna menghasilkan informasi yang kita butuhkan. unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, saya jelaskan pengertian tentang keyboard dan mouse yaitu unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user kita bisa melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Oke selanjutnya data yang dimasukkan ke dalam program komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifat dan fungsinya peralatan input ini juga dapat dibagi enjadi dua bagian. Peralatan input langung atau yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses dan peralatan tidak langsung disebut juga input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Untuk penjelasannya yang lbih detile nanti kita share di artikel selanjutnya.

Next unit masukan peralatan input ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :

  1. Keyboard

Nah keyboard ini merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pekerjaan atau pengolahan data di komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang kita perlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Saat ini keyboard juga dibagi menjadi beberapa jenis Qwerty, Dvorak, Klockenberg

  1. Mouse

Mouse juga salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat juga sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.

  1. Light Pen

Light pen ini adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik ini juga termasuk alat canggih yang mempermudah kerja kita.

  1. Scanner

Scanner ini juga termasuk perangkat keras, scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer

  1. Joy Stick dan Games padle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer pencinta games atau para gamer pasti akan sangat kenal ini. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Produknya sudah mudah ditemukan dipasaran atau di toko-toko terdekat.

  1. Camera Digital

Pada jaman sekarang perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input atau masukan dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar pada camera ini ditentukan oleh pixelnya.

  1. Mikrophon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara

  1. Graphics Pads

Benar-benar sungguh cangging kemampuan Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis yang pertama menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pads, yang kedua menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum.

  1. Barcode

Barcode yaitu termasuk dalam unit masukan (input device) juga. Karna fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode agar lebih menarik dan sangat mempermudah pekerjaan mereka dalam menghitung totalan belanja consumen nya.

  1. PC Cooler/ Heatsink

Sesuai dengan namanya cooler yang berarti dingin atau pendingin. Pc cooler sudah pasti perangkat keras yang berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh kerja komputer, peranan pc cooler sangatlah penting dalam mendinginkan komputer.

  1. Process device (unit Pemrosesan)
  2. Unit Pemrosesan (CPU)

Sekarang kita bahas bagian Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU (Central Processing Unit) sering juga di sebut sebagai otak dari komputer. Prosesor ini merupakan komponen yang meneliti perhitungan kompleks pada komputer agar bisa digunakan dalam mengakses internet atau menjelajahi internet, memutar Itunes dan juga menjalankan perintah-perintah yang kita klik.

  1. VGA Card

VGA (Vidio Graphic Adapter adalah perangkat keras yang berfungsi dalam pengolahan data grafik dan yang akan ditampilkan oleh monitor.VGA memiliki processor yang biasanya di sebut GPU (Graphic Processing Unit). Perangkat keras yang satu ini sering digunakan oleh gamer dan designer.

  1. Power Supplay

Power supplay ini menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU. Power supplay menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja pada komputer yang kita punya.

  1. RAM (Random Access Memory) – Memory

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang biasanya sering disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Fungsinya untuk tempat penyimpanan data sementara. Kalo sementara berarti tidak permanent ya. Memory bekerja dengan menyimpan dan memproses data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah informasi

  1. Output device (unit keluaran)

Unit keluaran dibagi juga beberapa macam :

  1. Monitor

Monitor pada komputer adalah tampilan hasil pemrosesan data dari perintah-perintah yang dibuat oleh user.

  1. Printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya hasil dari kerja user, sering di sebut dengan ngeprint.

  1. Speaker

Speaker pada artikel ini sama dengan pengertian speaker pada umumnya yaitu alat yang mengubah signal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya melalui kabel-kabel yang terhubung.

  1. Storage Device ( unit penyimpanan)

Dari nama nya saja kita sudah lihat Unit Penyimpanan, berarti sudah jelas fungsinya adalah sebagai menyimpan. Pada komputer unit penyimpanan akan menyimpan data dan informasi program secara permanent, berarti bukan sementara ya. Jenis-jenis Storage Device dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :

  1. Memory

Adalah serangkaian penyimpanan data pada komputer. Seperti angka-angka yang akan digunakan lagi nanti disimpan pada memory. Memory pada komputer terbagi menjadi dua yaitu memory internal (penyimpanan dalam) dan eksternal (penyimpanan luar).

  1. Harddisk

Harddisk adalah penyimpanan yang dapat menyimpan data dalam jumlah yang banyak (besar) dan dapat di buka kembali dengan cepat

  1. SSD

SSD (Solid State Drive) adalah inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD menggunakan memori solid untuk penyimpanan data nya. Perbedaannya dengan hardisk hanya sedikit. Dalam harga SSD lebih mahal dibandingkan harddisk

  1. Disket

Disket atau Floppy Disk hanya mampu mampu menyimpan data dengan jumlah yang terbatas, saat ini disket sudah jarang digunakan.

  1. CD ROM

Teknologi pada CD-ROM (Compact Disck- Read  Only Memory) bersifat permanent, tidak dapat dihapus dan juga tidak dapat diubah.

  1. Periferal ( unit tambahan)

Beberapa unit tambahan pada komputer akan kita tuliskan sebagai berikut :

  1. Modem

Modulator (Modem) adalah rangkaian yang menumpangkan data pada frekuensi gelombang sinyal informasi untuk bisa dikirim ke penerima menggunakan media kabel atau udara. data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan dirubah menjadi sinyal analog.

  1. Kartu Suara

Kartu Suara ini disebut dalam bahasa inggrisnya Sound Card yaitu suatu rangkaian yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan mendengarkan suara. Sound card diabgi 3 yaitu sound card Onboard, sound card offbaoard, dan sound Extral

Sekian dan terimakasih..

 

Comments

comments

About Nila Susanti

Nila Susanti

Tutorial Lain

Berbagai Kerusakan Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Manusia selalu memiliki masalah dalam kehidupan, begitu juga pada laptop, walau tidak selalu, terkadang laptop …

2 comments

  1. Perlunya kita mengenal dari beberapa perangkat komputer adalah agar kita mengetahui cara kinerja komputer. Supaya bisa mengenal perangkat komputer dan fungsi2nya, biar ga dibilang gaptek dan tahu tentang teknologi he he he

  2. Oh jd begitu ya gan.. sekarang jadi tahu fungsi dari perangkat hardware yang ada pada komputer. Oh ya gan,, ada saran yang recomended buat beli VGA yang speknya juos buat editing plus main game tetap oke?
    Terimakasih gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *