Home / Artikel / Pengenalan Microsoft Excel 2010.

Pengenalan Microsoft Excel 2010.

Microsoft Excel atau sering disebut dengan Excel merupakan program untuk mengolah angka atau data secara otomatis. Microsoft Ecxel dapat digunakan dalam berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana higga urusan yang kompleks.

  Microsoft Excel membuat sebuah program spreadsheet yang disebut juga dengan Multiplan yang sangat popular dalam system operasi. Hal ini membuat Microsft memulai menggembangkan sebuah program spreadsheet yang baru disebut  dengan Microsoft Excel. Ternyata Lotus terlambat turun ke pasar program spreadsheet  untuk windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Versi  pertama Excel dirilis  macintosh pada tahun 1985 dan versi windowsnya menyusul di nomor versi 2.0 pada November 1987.

Lembar kerja dalam Microsoft Excel. Saat kalian membuka microsoft excel 2010, kita pasti akan dibawa ke lembar kerja seperti,

 a. Quick access toolbar, letaknya berada dikiri atas. Quick access toolbar ini mewakili perintah-perintah tertentu yang biasanya sering digunakan.

b. Tab baris, berisi sekumpulan tab seperti, file, home, insert, formula dan lain sebagainya.

c. Size button, berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja excel.

d. Name box, merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.

e. Formula bar, tempat untuk menuliskan rumus.

f. Kolom, baris lajur yang berisi abjad A sampai VI.

g. Baris, berisi angka 1 sampai 65536.

h. Scroll bar, digunakan untuk menggulung dokumen ke atas ke bawah atau ke kiri ke kanan.

i.  Tombol navigasi sheet, digunakan untuk berpindah sheet.

j.  Status bar, baris yang berisi keterangan tentang lembar kerja yang sedang digunakan.

k. Zoom, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar.

2. Menu Tab Microsoft Excel 2010

Lembar kerja microsoft excel mempunyai menu-menu tab yang dapat membantu pekerjaan anda dengan cepat. Tab-tab tersebut adalah sebagai berikut;

1. Tab Home, pada tab home terdiri dari submenu berikut.

 a. Clipboard, digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut 1). Cut, untuk menghapus/memotong teks.

2). Copy, untuk meduplikat teks.

3). Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.

4). Paste, menempelkan hasil copian data.

b. Font, submenu dari font adalah sebagai berikut;

1). Increase font size, membesarkan ukuran huruf.

2). Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.

3). Bold, menebalkan huruf.

4). Italic, mencetak miring huruf.

5).Underline, memberi garis bawah pada huruf.

6). Border, memberi bingkai pada tabel.

7). Fill color, memberi warna.

8). Font color, memberi warna pada huruf.

9). Font, untuk memilih jenis huruf

c. Alignment, submenu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini; 1). Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman

2). Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman

2). Bottom Align, penggalan halaman

4). Align Left, format teks rata kiri.

5). Center, format teks rata tengah.

6). Align Right, format teks rata kanan.

7). Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.

8). Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.

9). Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.

d. Number, submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;

1). General, tombol pengaturan secara umum.

2). Curency, format mata uang.

3). Percent, format persen.

4). Comma, pemberian tanda koma pada data.

5). Decrease decimal, mengurang angka desimal.

6). Increase decimal, menambahkan angka desimal.

e. Styles, submenu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;

1). Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.

2). Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.

3). Cell style, pembuatan penampilan sel. f. Cell, submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;

f. Cell, submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;

1). Insert, menyisipkan sel

2). Delete, menghapus sel.

3). Format, pengaturan penampilan sel.

g. Editing, submenu editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini 1). Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.

2). Clear, menghapus sel.

3). Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.

4). Find and select, mencari dan menseleksi data.

2. Tab Insert, memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, model-model grafik, membuat link memasukkan gambar, serta memasukkan simbol-simbol.

a. Tables, nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut;

  1). Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.

  2). Table, membuat table.

   b. Ilustrations, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;

  1. Picture, menyisipkan gambar.
  2. Clip art, menyisipkan clipart.
  3. Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
  4. Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
  5. Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.

     d. Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.

 3. Tab Page Layout, tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;

a. Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.

 b. Page Setup, yang digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), page SetUp juga digunakan membuat background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.

c. Scale to fit, digunakan dalam mengatur tinggi,lebar, serta skala kolom atau baris secara otomatis.

d. Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.

e. Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.

4. Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;

5. Tab Data, digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data.  Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data.

6. Tab Review, digunakan untuk mengeja kesalahan  bahasa, pemberian untuk komentar, serta untuk keamanan data.

  • Tab View, digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

5 comments

  1. Avatar
    Amir Nasution

    kok saya masih gk negerti ya kak

  2. Avatar
    abram sembiring

    kok laptop saya meledak kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *