Home / Artikel / PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua hal ini yang membuat computer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi pada penggunanya (brainware).

PENGELOLAAN

          Definisi (1) proses mengelolaan yang mempertimbangkan hubungan timbal balik antara kegiatan manusia dengan computer.

          Definisi (2) adalah suatu proses penyusun dan pengambilan keputusan secara rasional  tentang rasional mempermanfaatkan computer secara berkelanjutan.

      Definisi (3) suatu proses kontinu dan dinamis dalam penyusunan dan pengambilan keputusan tentang pemanfaatan computer secara berkesinambungan.

      Definisi (4) melakukan sebuah upaya pemeliharaan secara terjadwal atau tidak terjadwal.

INSTALASI

          Proses pemasangan dan penyetingan perangkat keras tau lunak agar bisa digunakan oleh system.

KOMPUTER

      Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaan nya.perangkat  elektronik yang dapat dipakai untuk mengelola  data dengan perantaraan sekumpulan program dan memberikan informasi dari hasil pengelolaan tersbut. Computer adalah hasil  dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi , mengoprasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk control perlatan. Pengelolaan instalasi memberikan pelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengolaan intsalasi sistm computer pada  suatu instansi. Pengelola diharpkan mampu menjamin system computer yang dipergunakan akan dapat diopersikan tanpa henti.

A.Penting PIK pada sebuah instansi

  • Penggunan computer dapat berkerja  lebih efektif pada efisien
  • Menjamin computer yang dapat digunakan dpat berkerja lebih tahan lama
  • Data dikelola dpat dismpan dengan baik
  • Mempermudah mengakses data.

B.Ruang lingkup pengelolahan  instalasi computer

  • Keamanan alat
  • Instalasi komunikasi data
  • System keamanan

C.Pengenalan Sistem computer

          Sistem computer

System computer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugas nya yaitu dalam mengelola data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi computer sebagai pengelolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer yang elemenya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system compute tersebut harus sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikan nya.

 Pengertian system operasi computer adalah perangkat lunak computer atau software yang bertugas untuk melakukan control manajmen perngkat keras dan juga operasi-operasi dasar system.

System operasi computer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori computer, (memori computer dalam hal ini ada hardisk, bukan memori ram) pada saat computer dinyalakan.

System operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. System operasi computer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam computer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

          PERKEMBANGAN KOMPUTER

Generasi pertama

Computer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuan tube) untuk memproses dan menyimpan data.

Generasi kedua

Computer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya keduanya juga muda terbakar.

Generasi ketiga

Computer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa kompunen didalam satu tempat. tampilan dari computer juga disempurnakan.

Genarasi keempat

Computer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Computer generasi lebih maju karena didalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor.

Generasi kelima

Computer generasi kelima memang belum terwujud karena computer generasi ini computer impian massa depan.

          Perkembangan hardware computer

Perkembangan hardaware computer semakin cepat dari yang sederhana sampai hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari srejarah nya, perkambangan diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secarah lebih muda, walau pun prinsip itu tetap berlaku,

          Perkembangan software computer

Software sering disebut juga perangkat lunak merupakan program computer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut sengaja dibuat dan ditulis dengan bahasa yang khusus yang dimengerti oleh computer.

Perkembangan software computer

Periode pioneer

  1. Bentuk software pada awalnya adalah sambungan-sammbungan kabel keantar bagian computer.
  2. Penggunakan computer saat ini masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu.
  3. Hasil yang selesai dikerjakan computer berupa print-out
  4. Proses yang dilakukan didalam computer berupa baris intruksi yang diproses secara berurutan.

Periode stabil

  1. Pada era stabil, pengguna computer sudah cukup meluas dan banyak digunakan berbagai kalangan.
  2. Perusaahan perangkat lunak bermunculan.
  3. Baris baris perintah software yang dijalankan computer dilakukan secara serentak
  4. Suatu software dapat digunakan secara cepat dan langsung
  5. Mullai diperkenalkan nya system basis data yang memisahkan antara program dengan data.

Periode modern

          1.perangkat lunak terdapat pada hampir semua perangkat elektronik

          2.semua perangkat yang memiliki software saling terhubung.

          3.pembuatan sebuah software bukan lagi pekerjaan segelintir

          4.tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software pun semakin menguat.

          Konfigurasi hardware computer

Pengertian dari hardware adalah salah satu komponen dari sebuah computer yang sifat alatnya bisa dilihat dan dirabah secara langsgung atau yang berbentuk nyata, yang mendukung untuk proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instruction set. Secara fisik, komponen terdiri dari komponen yang merupakan suatu system.

Comments

comments

Tutorial Lain

SEJARAH KOMPUTER BESERTA PENEMUNYA

komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelolah data menurut prosedur yang telah tentukan . Kata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *