Home / Artikel / Mengenal Linux

Mengenal Linux

1.SEJARAH PERKEMBANGAN LINUX

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang serupa dengan UNIX, dan merupakan implementasi independen dari system operasi POSIX, dengan exstensi SYSV dan BSD system operasi UNIX, yang terutama berjalan di mesin (baca:mikroprosesor) keluarga intel 80386DX, atau yang lebih baru. Perkembangan berikutnya, Linux dapat berjalan diatas beberapa mesin lainnya seperti Sun Sparc, Mac, PowerPC, DEC Alpha, dan PPC mk86.

2.KEUNGGULAN LINUX

Selain merupakan system operasi yang bisa didapatkan setiap orang secara geratis, Linux juga mempunyai banyak keunggulan, antara lain:

  • Open Source; Linux merupakan salah satu system open source, yang berarti memberi kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal, dan atau mengubahnya sesuai keperluan tanpa terkena sanksi property right dibawah lisensi GNU.
  • Freeware; Linux merupakan salah satu system yang Freeware dibawah lisensi GNU,yang memungkinkan seseorang secara pribadi, beberapa orang, maupun instansi untuk memakai dan menyebarkannya tanpa dituntut rolayarty oleh penciptanya.
  • Minimal Hardware; Linux tidak memerlukan Hardware yang mahal. Minimal hardware yang dibutuhkan adalah Prossesor Intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB, serta kapasitas hard disk minimal 85 MB. Untuk keperluan khusus, Linux dapat dijalan kan hanya dengan satu atau dua disket saja, mislnya pada computer harddiskless (tanpa harddisk) dan router.
  • Program; Distribusi Linux menyediakan semua program dan aplikasi networking (dalam Cd atau disket), sehinga anda tidak perlu mencari,membeli, atau mendownload aplikasi tambahan lagi. Metode pengelolaan (administering) aplikasi-aplikasi tersebut juga tersedia dalam antarmuka CLI maupun GUI.

3.KELEMAHAN LINUX

Selain banyak keuntungan yang bisa anda dapat dalam system operasi Linux, ada juga beberapa kerugian,diantaranya adalah:

  • Sistem aplikasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehinga perlu waktu dan tenaga exstra untuk belajar menggunakannya.
  • Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belom bisa secara menyeluruh, sehinga diperlukan trik tersendiri untuk menggunakannya.

4.DISTRIBUSI LINUX

Berikut akan dibahas beberapa distribusi Linux yang popular di Indonesia adalah:

  • Debian: debian merupakan distribusi dari linux yang kurang terkenal, namun banyak penggunanya dari kalangan teknis. Mereka puas karena kestabilannya. Selain itu, format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM oleh kalangan teknis.

Walaupun kurang terkenal, namun banyak digunakan oleh kalangan expert. Versi terakhir dari debian adalah versi 2.1, yang diliris pada tahun 1999.

 Situs debian bisa anda lihat di http://www.debian.org

  • RedHat Linux:redhat linux merupakan distribusi Linux yang paling popular di Indonesia dan Amerika, dan dirancang khusus untuk server. RedHar diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan distribusi Linux lainnya untuk server. Selain sebagai server tercepat, RedHat juga bisa dipakai sebagai klien maupun digunakan sebagai desktop  rumah tangga alias PC standalone. Saat ini RedHat sudah beredar dengan versi 6.2, menggunakan Standard Desktop Gnome.

5.INSTALASI LINUX SECARA UMUM

            Instalasi menggunakan CD-ROM

            Booting dengan CD- ROM merupakan cara termudah dalam melakukan isntalasi,

Kecuali jika kernel dalam CD- ROM tidak bisa diakses sehinga anda harus menggunakan metode instalasi yang lain. Jika anda mempunyai CD- ROM drive CD- ROM Anda harus mendukung penggunaan fasilitas bootable CD- ROM

Instalasi Menggunakan Jalur FTP

            Jika anda tidak empunyai CD- ROM Linux atau drive CD-ROM , namun anda mempunyai akses kejaringan, maka instalasi menggunakan FTP akan membantu anda . Pada saat melakukan koneksi ke internet, Anda bisa mendownload paket Linux dengan menggunakan program FTP pada jaringan komputer Anda. Selanjutnya Anda bisa memindahkannya pada hard disk pada komputer Anda.

Jika anda ingin menggunakan instalasi melalui FTP, paling tidak Anda membutuhkan akses ke jaringan seperti koneksi dial-up via modem. Jika jaringan komputer ditempat Anda mempunyai akses internet, Anda bisa meng-copy distribusi Linux dan menempatkannya pada server dan selanjutnya Anda siap melakukan isntalasi. Jika komputer pada jaringan anda bisa menerima anonymous FTP, Anda bisa menempatkan copy dari distribusi Linux pada system dan Anda bisa melalukan instalasi. FTP yang anda akses sebaiknya menerima penggunaan nama file yang panjang (lebih dari delapan karakter).

Bagi anda yang menggunakan computer berbasis Intel, pada saat menjalankan instalasi  FTP, disket boot khusus yang digunakan untuk menjalankan instalasi lewat jaringan , dan disket driver untuk penggunaan peralatan PCMCIA. Anda harus mempunyai alamat server yang benar atau alamat IP untuk program FTP yang Anda jalankan. Anda juga perlu mempunyai jalur direktori Linux pada FTP.

Instalasi Menggunakan Situs HTTP

            Jika Anda tidak mempunyai CD Linux atau drive CD- ROM namun Anda mempunyai akses jaringan, maka anda bisa menggunakan instalasi menggunakan HTTP. Pada saat menjalankan HTTP, Anda bisa mendowload paket Linux menggunakan HTTP pada computer jaringan Anda dan menginstalnya pada hard disk Anda.

Pada computer berbasis Intel, pada saat menjalankan instalasi HTTP, disket boot khusus digunakan untuk menjalankan instalasi lewat jaringan, dan disket drive untuk penggunaan peralatan PCMCIA. Anda harus mempunyai alamat server yang benar, atau alamat IP untuk program HTTP yang Anda jalankan. Anda juga perlu mempunyai jalur direktori Linux pada FTP.

Instalasi Menggunakan Server NFS

            Jika computer Anda tidak mempunyai drive CD- ROM, namun Anda mempunyi akses jaringan, Anda bisa melakukan instalasi melalui NFS. Pada saat menjalankan instalasi melalui NFS, paket Linux bisa anda instal ke komputer Anda melalui server NFS.

Jika Anda ingin membuat konfigurasi instalasi melalui NFS, Anda perlu melalukan mount pada CD- ROM Linux yang mendukung system file ISO-9660. Mesin ini juga harus mendukung keberadaan NFS. Anda perlu membuat konfigurasi nama server, atau menggetahui alamat IP server NFS. Demikian juga jalur direktori CD- ROM. Untuk melakukan instalasi NFS, Anda hanya memerlukan disket boot.

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *