Home / Gadget / Android / Mengapa Pengguna Iphone Enggan Pindah ke Android? Ini Dia Alasannya

Mengapa Pengguna Iphone Enggan Pindah ke Android? Ini Dia Alasannya

iOS milik Apple dan Android menjadi dua kubu industri smartphone yang selalu bersaing. Ternyata tidak hanya vendornya saja, pengguna kedua Sistem Operasi ini juga memiliki perbedaan karakteristik.

Menurut sebuah penelitan di University of Lincoln dan Lancaster University terhadap ratusan orang dan hubungannya dengan smartphone. Ternyata pengguna Android jauh lebih jujur dan rendah hati daripada pengguna iPhone.

Para pengguna Android kebanyakan berusia lebih tua, lelaki, jujur dan penurut serta kecil kemungkinan mereka melanggar aturan untuk kepentingan sendiri. Pengguna Android juga tidak terlalu mementingkan kekayaan dan status sosial.

Sedangkan karakter pengguna iPhone lebih cenderung terbuka dan memandang telepon genggam mereka sebagai objek status. Pengguna iPhone umumnya lebih berusia muda dan memiliki jenis kelamin perempuan.

Padahal, sekarang ini kemampuan iPhone dan Android sudah serupa dari segi fungsional, fitur dan fasilitas yang dimilikinya. Namun, pengguna iPhone cenderung lebih setia dan enggan untuk berganti ke smartphone Android.

Berikut ini beberapa  alasan pengguna iPhone tidak mau pindah ke Android

Simplisitas

Kemudahan memodifikasi dan mengoperasikan user interface iOS dalam iPhone menjadi salah satu alasan utama penggunannya tetap setia. Dan bagi beberapa orang mengungkapkan jika mereka membutuhkan waktu adaptasi lebih lama mengoperasikan Android daripada iPhone.

Hardware Kelas Premium

Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak untuk memiliki smartphone Android mahal. Namun rasanya belum ada yang bisa mengalahkan eksklusifitas yang dimiliki iPhone dengan cita rasa premium yang dimilikinya.

Aplikasi

Hal ini menjadi salah satu alasan yang paling banyak diungkapkan para pengguna iOS. Ya, pengguna iPhone selalu mendapatkan prioritas pertama dari setiap aplikasi baru yang hadir, dan user experience pengguna iPhone juga selalu diutamakan. Banyak aplikasi yang eksklusif hanya dibuat untuk iOs, belum ada yang bisa mengalahkan hal ini.

Software updates

Hingga 20 Februari 2017, 79% pengguna iPhone, iPad dan iPod touch telah menjalankan sistem operasi iOS 10 terbaru yang diluncurkan September lalu.

Berbeda dengan Android, hingga awal Februari 2017 ini saja baru sekitar 1,2% pengguna Android yang menggunakan Android 7 Nougat terbaru yang diluncurkan Agustus lalu. Versi Android paling populer sekarang ini yaitu Android versi 5 Lollipop yang diluncurkan 2 tahun lalu.

Sistem operasi Android memang merupakan platform terbuka yang bebas digunakan oleh para vendor smartphone, karena melalui rangkaian berbagai pihak inilah yang menyebabkan versi update software terbaru Android butuh waktu lama untuk bisa dinikmati penggunanya.

Kontinuitas

Samsung berusaha sangat maksimal untuk melakukan integrasi dengan Windows agar perangkatnya selalu bisa kompatibel. Ada juga layanan pihak ketika seperti AirDroid yang menawarkan kontinuitas antar perangkat lain. Namun belum ada solusi yang selancar seperti yang diberikan pada perangkat Apple.

Layanan After Sales

Layanan after sales iPhone yang terbaik. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan penting pengguna iPhone tidak mau pindah ke Android. Belum ada perusahaan elektronik lain di dunia yang berhasil menyamai kehebatan layanan after sales dari iPhone selama ini.

Anti Air

Alasan ini memang cukup menarik karena iPhone baru mulai menerapkan fasilitas kemampuan anti air pada seri iPhone terbaru mereka yaitu iPhone 7. Namun banyak pengguna iPhone yang berpindah ke iPhone 7 karena sudah memiliki kemampuan anti air.

iMessage

Layanan chatting iMessage masih menjadi andalan chatting spesial yang hanya dimiliki oleh para pengguna iPhone saja. Sementara layanan chatting lainnya sudah terlalu popouler dan mainstream.

Apple Watch

Android Wear kini mulai bermunculan dengan kualitas yang lebih baik lagi namun sepertinya masih jauh untuk menyamai kemampuan yang dimiliki iOS dalam Apple Watch. Bahkan desain yang dimiliki Apple watch jauh lebih elegan dan simple jika dibandingkan dengan smartwatch Android.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi alasan para pengguna iPhone 6/6s Plus dan iPhone 7 Plus tetap setia menggunakan iPhone. Memang, iPhone versi layar kecilnya tidak hemat baterai, namun seri iPhone dengan tambahan Plus memang handal dari segi daya tahan baterai.

Comments

comments

About admin

admin

My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *