Home / PHP / Membuat Website sederhana untuk penjualan barang dengan PHP dan MySQL

Membuat Website sederhana untuk penjualan barang dengan PHP dan MySQL

Mendengar kata website atau paling sering kita dengar dengan sebutan web, bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi kita. Nah kali ini saya akan buat cara-cara atau langkah-langkah membuat suatu website sederhana. Nah disini saya akan buat suatu system informasi penjualan. Kenapa penjualan? Seperti yang kita tau, saat ini cukup banyak orang yang berjualan baik itu secara online ataupun offline. Dan system penjualan ini memang cukup membantu baik bagi pihak penjual ataupun pembeli.

Kali ini saya akan buat suatu SYSTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ACCESSORIES HP, Yang pertama kita lakukan adalah:

  1. Hidupkan XAMPP  pada  computer anda, lalu aktifkan  APACHE & MYSQL.

2. Kemudian ketikkan di browser kamu localhost/phpmyadmin seperti gambar dibawah ini

3. Setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini



4. Kemudian untuk membuat suatu judul database, klik new. Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.



5. Lalu kita ketik nama database kita lalu create. Maka setelah di create akan muncul seperti tampilan dibawah ini, nama database kita akan muncul setelah berhasil dibuat seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

6. Kemudian kita akan buat beberapa tabel didalam databasenya. Pada kolom name adalah nama tabel yang akan kita buat, dan pada tabel number of columns jumlah baris yang akan kita buat. Kemudian go.

7. Setelah itu maka akan muncul seperti tampilan gambar dibawah ini, pada tampilan seperti ini, disini kita akan membuat nama-nama record yang akan kita buat didalam tabelnya.

Pada kolom name adalah nama record, kolom type adalah type data setiap recordnya dan pada kolom length/values adalah panjang dari karakter yang akan kitainput kan ke dalam tabel tersebut. Dan pada kode barang kita buat sebagai primary keynya lalu go.

8. Setelah berhasil membuat tabel, maka pada structure tabel akan tampil seperti gambar dibawah ini,

9. Dengan cara yang sama seperti membuat tb_barang diatas, kita buatkan beberapa tabel lagi, sesuai kebutuhan web. Disini saya tambah kan beberapa tabel yaitu tb_penjualan.

10. Dengan cara yang sama juga kita buatkan tb_pegawai



11. Dan yang terakhir tabel yang saya buat adalah tb_detail_penjualan saya buat 4 tabel saja. Masih dengan cara yang sama, seperti cara-cara sebelumnya.

12. Setelah selesai semua tabel yang diperlukan siap, maka kita buat relasi antar tabel. Perhatikan gambar dibawah ini. Caranya adalah, klik pada nama database kamu setelah muncul seperti gambar dibawah, klik more lalu pilih designer

13. Kemudian setelah kita pilih designer maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

14. Namun sebelum membuat tali penghubung terlebih dahulu record dalam tabel kita index kan, agar pada saat kita buat relasi tidak terjadi error. Caranya adalah seperti dibawah ini

Yang pertama klik pada tabel yang akan kita buat index nya,disini saya buat tb_detail_penjualan kemudian pilih structure tabel, tepatnya tampilannya seperti gambar dibawah ini. Pada record tabel yang akan kita buat index nya, pilih more lalu pilih index.

15. Setelah itu baru kita bisa menghubungkan antar tabel, yaitu dari menu sebelah kiri plih create relation, lalu hubungkan antar primary key dan foreign key. Lalu save untuk menyimpan.

16. Kemudian setelah tabel-tabel didalam database selesai, sekarang kita masuk ke NOTEPAD++. Dimana pada notepad++ ini kita akan membuat script untuk menyimpan data ke dalam database. Namun sebelum masuk ke perintah penyimpanan, terlebih dahulu kita buat koneksi ke database. Berikut adalah script koneksi ke database. Pada koneksi tersebut, buat nama database sesuai dengan nama database yang kamu buat di phpmyadmin. Dan simpan dengan extend php, contoh: koneksi.php  dalam satu folder di tempat penginstalan xampp kamu.

17. Kemudian buat form untuk peng inputan data barang yang akan kamu input ke database kamu. Berikut adalah script nya. Perhatikan gambar dibawah ini. Dan kita harus menyimpannya sama satu folder dengan script-script sebelumnya.

18. Setelah kita buat script nyadi html, maka ketiikan di browser untuk melihat hasil tampilan input barang kamu. Cara memanggilnya adalah seperti gambar dibawah ini.

19. Setelah kita memanggil nama folder dan file kita, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.disinilah kita akan meng input data- data barang kita.

20. Dan agar data barang yang kita input tersimpah di database, maka kita harus buat suatu proses input nya. Disini saya buat nama file nya proses_input_barang.php

berikut adalahscriptnya. Dimana pada script ini adalah suatu proses dari apa yang akan kita input kan nanti di form data barang.

21. Setelah kita buat proses inputnya, maka kita boleh menambahkan beberapa tombol atau action pada tiap form. Dimana tombol-tombol ini akan berfunsi pada saat menyimpan

atau membatalkan peng inputan. Berikut adalah script edit, dimana data yang telah kita input bisa kita ubah pada saat kita membutuhkan.lalu simpan dengan misalnya edit_barang.php.

22. Kemudian adalah untuk membuat tombol hapus, dimana perintah ini akan menghapus data barang yang tidak diperlukan lagi. Lalu dengan cara yang sama simpan dengan nama misalnya edit_barang.php. Berikut adalah script untuk perintah hapus.

23. Setelah selesai buat simpan,hapus dan edit, maka kita bisa buat suatu form untuk view. Dimana view ini akan kita panggil pada saat kita melihat data-data yang telah berhasil kita input dari tabel barang tersebut. Berikut adalah scriptnya.

24. Dan untuk tabel yang lain, caranya sama, cukup mengganti nama-namanya saja, yaitu nama yang diganti harus sesuai dengan yang ada pada database.

25. Setelah selesai membuat perintah-perintah tabel tersebut, maka ada baiknya kita buat suatu index. Dimana index ini akan jadi tempat kita mengakses tabel-tabel yang sudah kita buat tadi. Berikut adalah scriptnya.

26. Maka yang terakhir adalah, untuk melihat hasil script kita, apakah jalan atau tidak, mari kita jalankan satu per satu. Contoh kita mau meng input barang, maka yang pertama kita panggil adalah index. Berikut hasil tampilan index, ketika kita memanggil di browser

tampilan pertama ketika kita menjalan kan program

Dari index tersebutlah kita memanggil nama-nama tabel sartu per satu, dan tidak perlu lagi mengetikkan perintah di browser untuk memanggil tabel-tabel yang lain. Jika kita ingin menginput barang, tinggal klik input barang dan yang lain sebagainya.

27. Pada saat kita mengklik salah satu nama tabel di index tersebut, maka akan ditampilkan hasilnya. Misalnya kita pilih input_pegawai maka otomatis tampilannya akan seperti ini.

tampilan form ketika pertama kali kita panggil dari index

Lalu isilah data-data pegawai kedalam tabel, misalnya seperti gambar dibawah ini

gambar diatas adalah tampilan pada saat kita menginput data

28. Setelah kita isi data-data tersebut, langkah selanjutnya adalah menyimpan. Dan untuk melihat hasilnya, apakah data yang kita input tersebut berhasil disimpan atau tidak, maka klik view_pegawai pada index, jika berhasil, maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Demikian juga dengan tabel-tabel yang lain.

tampilan ketika kita berhasil menyimpan data pegawai

29. Selamat mencoba..!!!

Comments

comments

Tutorial Lain

Membuat Database, Tabel Berelasi dan View di SQL Server 2010 - form connect to server-

Membuat Database, Tabel Berelasi dan View di SQL Server

Sebelum membuat Aplikasi yang terkoneksi dengan database menggunakan Visual Basic, seperti pada tutorial Membuat Laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *