Home / Tutorial / Langkah-langkah Menginstall Ulang Windows 7

Langkah-langkah Menginstall Ulang Windows 7

Sebelumnya ada pertanyaan, apa itu instal ulang?

Instal ulang adalah langkah untuk memasukkan kembali file – file  sistem opersi windows kedalam sebuah path atau drive tertentu pada harddisk sehingga komputer atau laptop akan dapat beroperasi kembali secara normal.

Kemudian, mengapa system operasi windows di instal ulang?

Karena kmputer atau laptop yang kita gunakan sejak kita beli belum pernah kita instal ulang sehingga mengakibatkan kinerja yang sangat lambat karena sangat terpengaru oleh berkas – berkas yang memenuhi ruang atau folder – folder pada  pada drive C:\  jika isi harddisk kita penuh maka semakin lama os atau system windows kita loading seperti pada boooting atau start up,  dan saat shutdown atau restart komputer atau laptop.

Komputer atau laptop akan terasa berat dan sangat berat jika terinfeksi virus baik secara sadar atau pun tidak sadar. Jika Komputer atau laptop terasa berat sekali itu disebabkan karena terkena virus, okelah kita bisa lakukan men_scan Komputer atau laptop menggunakan anti virus namun itu tidaklah cukup untuk mengembalikan kedalam keadaan semula sebelum terkena virus tadi sangat jelas virus akan masuk kedalam Komputer atau laptop kita saat kita menggunakan flashdisk yang sering keluar masuk, dan  dan saat kita online dengan menggunakan Komputer atau laptop.

Sebenarnya masih banyak penyebab – penyebab yang membuat komputer kita harus di instal ulang paling tidak 2 sampai 3 bulan pemakaian, kita melakukan instal ulang dengan format drive C:\. Mengapa demikian? Karena Komputer atau laptop yang kita biarkan terlalu lama terinveksi oleh virus bisa menyebabkan hingga pada kerusakan hardware (perangkat lunak)  jadi cukup menginstal ulang format drive C:\ saja .

Cukup jelas alasannya:

  • Karena terserang virus dan stress akibat virus sehingga plihan terakhir harus melakukan instal ulang komputer atau laptop.
  • Kemungkinan besar system operasi sudah terlalu banyak file sampah yag tidak di tangani oleh software pembersih file pada komputer atau laptop.
  • Sistem operasi sudah sedemikian lambat dan meng-uninstal sebagaian program aplikasi ternyata tidak meyelesaikan masalah komputer atau laptop pemakai.
  • Disebabkan konflik antara program aplikasi maupun sistem operasi sehingga komputer atau laptop kita mogok kerja.

Seperti yang kita ketahui bahwa cara menginstal ulang komputer atau laptop tidaklah mudah dilakukan, namun artikel ini saya tulis menurut saya pribadi untuk dapat membantu tentang cara menginstal ulang window 7 pada komputer atau laptop. Kenapa saya harus memilih windows 7 bukan windows 10 atau windows 8? Karena saat ini kita ketahui bahwa windows 7 adalah salah satusistem operasi yang sangat umum, bisa di katakan sangant populer digunakan dan digemari banyak orang. Nah, sekedar tujuan artikel ini saya buat adalah untuk membantu adik – adik atau teman sekalian yang masih kurang paham tentang langkah – langkah untuk menginstal uang windows 7 pada komputer atau laptop, dan juga sebagai niai tambahan pada matakuliah komunikasi data.

Hal – hal yang perlu kita sediakan untuk menginstal ulang window 7 yaitu:

  • Laptop atau komputer yang harus di instal ulang.
  • Dvdrom
  • Dvd windows 7

Tahap yang pertama untuk   menginstal ulang kita lakukan untuk masuk ke settingan BIOS

    • Nyalakan komputer atau laptop lalu restart, setelah layar komputer atau laptop gelap maka tekan tombol dell, f2, f1, atau delete + f2 pada keyboard komputer atau laptop.
    • Masuk kedalam tampilan menu BIOS kita atur settingan BIOS yang sebenarnya untuk menginstal ulang , lalu pindahkan ke menu boot dengan cara teka tombol  samping kanan  paling sudut, bagian bawah keyboard. Kurang lebih  tampilannya seperti gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

    • Sekarang, kita akan mengatur pada BIOS tadi bahwa kita menginstal atau melakukan booting pertama kali dari HDD (Harddisk),  device yang berada di urutan paling atas adalah harddisk kira – kira seperti gambar berikut.

    • Lalu kita akan menempatkan CDROM drive berada pada urutan teratas agar bisa booting dari CD/DVD. Untuk  memilih  CDROM drive kita menggunakan tombol keyboard tanda tambah atau kurang (+/-) sampai CDROM berada paling atas, seperti kita lihat pada gambar dibawah.

Namun sebelumnya kita harus sudah pastikan bahwa CDROM window 7 sudah harus dimasukkan  pada DVDROM kemudian kita akan menyimpan atau save dengan menggunakan tombol f10 pada keyboard, yang merupakan hasil dari pengaturan menu BIOS yang kita lakukan tadi.

  • Untuk setup confirmation pilih yes untuk setuju menyimpan, pengaturan settinga BIOS telah selesai.

Tahap  yang kedua untuk menginstal windows 7

            • Setelah muncul tampilan layar hitam pada komputer atau laptop akan muncu perintah “press any key to boot from CD or DVD”….. silahkan tekan tombol sembarangan pada keyboard.

            • Kita ketahui bahwa negara kita adalah indonesia, kita akan pilih time and currency format: indonesia, dan language to install: English, sebab bahasa indonesia tidaklah tersedia. Kemudian untuk melanjutkan silahkan klik next.

            • Untuk melanjutkan instalasi windows 7, pilih pilihan instal now baik menggunakan mouse atau keyboard dengan tombol tablalu enter.

            • Ceklist I accept the lisence tems, lalu klik next.

            • Kemudian kita pilih custom advanced.

          • untuk selanjutnya cukup delete disk o partition 2 (partisi C).

          • setelah itu buat partisi yang baru dan jadikan disk 0 partition 2 sebagai lokasi instal ulang windows 7, kemudian pilih next.
          • Pilih drive option (advanced) New, dan buat ukuran partisinya sesuai yang kita butuhkan lalu pilih applay jika sudah yakin dengan ukuran partisinya.

        • Kemudian akan muncul tampilan instal windows, lalu kita pilih ok.

        • Setelah itu kita akan lakukan membuat dua partisi dengan cara yang sama dengan yang diatas tadi.
        • Pilih disk 0 partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7.

        • Pilih next, lalu tunggu proses instalasi ulang windows 7 sedang berlangsung selama 30 menit, dan komputer atau laptop akan reboot dengan sendirinya secara berulang – ulang.

        • setelah itu akan muncul tampilan layar hitam dengan tulisan “press any key toboot from cd or dvd” Nah,,kita tidak perlu tekan tombol sembarang seperti yang semula kita lakukan tadi karena itu akan menyebabkan instal ulang windows 7  akan mulai dari awal kembali, yang intinya kita akan biarkan tampilan ini berjalan dengan sendirinya..

        • Kemudian kita akan masukkan nama pengguna koputer atau laptop lalu pilih next. Untuk berikutya kita masukkan password yang mudah untuk diingat atau jika tidak perlu di kosongkan saja dan langsung klik next .
        • Masukkan product key windows 7 kita dapat lihat pada cover CD atau DVD atau bisa juga kita searching dari google internet, jika kita kosongkan maka windows 7 yang kita instal hanya berlaku selama 30 hari saja, jadi untuk lebih amanya lagi silahkan diisi dengan benar, lalu klik next.

        • Pilih ask me later, untuk windows update pilih use recommended setting jika windows  7 milik kita yang original, jika tidak maka pilih ask me later.

      • Untuk pengaturan waktu pilih time zone utc+07:00 bangkok, hanoi, jakarta, kemudian klik next untuk selanjutnya.

    • Pilih public network untuk menentukan lokasi jaringan.

  • Kemudian isikan password windows 7 tadi pada dekstop komputer atau laptop jika ada kemudian ekan tombol enter
  • Setelah itu proses instalasi window 7 telah selesai atau finish.

Nah hal – hal yang perlu kita ketahui setelah kita menginstal ulang windows 7 pada komputer  atau laptop yaitu, kita perlu memgembalikan settingan BIOS ke default dan menginstal beberapa program penting.  layar komputer  atau laptop kita bisa dikatakan kosong setelah instal ulang windows 7 karena belum di instal programn apapun kedalam komputer  atau laptop kemungkinan besar, fitur – fitur komputer  atau laptop contohnya; wifi, webcam, tidak berfungsi sebelum kita mengembalikan settingan BIOS pada semula (semua settingan BIOS dikembalikan ke settingan awal). Kemudian format flashdisk atau opsional jika anda menginstal ulang menggunakan flashdisk tidak perlu menggunakanhal ini. Jika kita menggunakan yang biasa perlu kita format dan mengubah fie systemnya menjadi default dengan cara:

    • masukkan usb pada komputer atau laptop, untuk memformat usb klik kanan usb lalu klik pilihan format.
    • Klik tombol restore device default kemudian klik tombol start untuk memulai format usb.
    • Setelah itu akan ada peringatan apakah data yang ada dala usb akan dihapus semua? Klik oke untuk setuju menghapus semua, kemudian tunggu sekitar 5 menit dan akan ada pemberitahuan  format complete. Yang artinya usb telah berhasil diformat dan semua data telah dihapus dari usb kita.

  • Setelah itu kita telebih dulu instal software antivirus, seperti avast, avg protection untuk mengamankan atau melindungi komputer atau laptop  kita, dan semua antivirus fungsinya sama.
  • Setelah itu baru kita instal program.

Program – program yang kita instal yang masih standart yaitu sebagai contoh:

  1. Archiver atau extractor, fungsi dari program ini ketika kita mendownload software di suatu blog atau website, contoh file kebanyakan archive (rar atau zip). Untuk membukanya perlu program extractor misalnya winrar, 7-zip, dll.
  2. Web browser, seperti kita ketahui bahwa web browser yang lebih populer dan lebih di gemari oleh masyarakat atau pengguna komputer atau laptop untuk mengakses internet adalah mozila, google chrome, dan opera.
  3. Video player, berfungsi untuk memutar video, bisa juga mengunakan GOM player, mpc (media player clasic), dll.
  4. Music player, berfungsi memutar music untuk didengarkan oleh pengguna komputer atau laptop, contohnya Aimp3, Winamp, Media monkey dan lain sebagainya.
  5. CD/DVD burner, fungsinya untuk bakar membakar atau untuk burning CD/DVD contohnya yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer  atau laptop adalah Nero.
  6. IDM, fungsinya ntuk mendownload software, dan keperluan – keperluan lainnya, program yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop  IDM (internet download manager).
  7. Office, aplikasi yang sering kita gunakan pada ms. Office adalah microsoft word, excel, dan power point.
  8. PDF Reader, aplikasi ini digunakan untuk membaca ebook, yang formatnya pdf, bisa juga menggunakan nitro pdf, foxit reader dan lain sebagainya.
  9. Aplikasi maintenance, aplikasi ini berfungsi agar komputer  atau laptop berjalan dengan baik dan lancar, untuk menganalisis, mengoptimalkan, memelihara komputer  atau laptop, agar tetap berjalan dengan baik dan lancar yang sering kita gunakan adalah CCleaner.
  10. CD/DVD image file tool, fungsinya untuk membuat, mengkompres, maupun membuka file ISO seperti microsoft office atau driver pack solution memerlukan program ini untuk membukanya program CD/DVD image tool yang paling populer digunakan adalah power ISO atau menggunakan alternatif  lain seperti DAEMON tools.
  11. Program sesuai keperluan pengguna komputer atau laptop, setelah itu instal software sesuai selera anda atau bisa juga  kita instal  melalui IDM yang sudah kita instal tadi pada komputer  atau laptop si pemakai.

 

Sekian singkat artikel saya ini saya perbuat dengan sungguh – sungguh, semoga bermanfaat bagi rekan – rekan sekalian, untuk lebih kurangnya saya mohon maaf atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

Penulis

 

Martiga Lumban Batu

Comments

comments

About Martiga Lumban Batu

Martiga Lumban Batu

Tutorial Lain

Cara menangani komputer yang tidak bisa akses internet

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah terhadap jaringan internet, karena tidak dapat terhubung ke internet. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *