Home / PHP / Tutorial PHP: Komentar dan Aturan Dasar Penulisan Kode PHP

Tutorial PHP: Komentar dan Aturan Dasar Penulisan Kode PHP

Cara penulisan kode PHP sudah kita bahas dalam tutorial sebelumnya tentang pengenalan PHP, kemudian cara menjalankan file PHP juga sudah kita praktekkan dengan membuat sebuah contoh program dasar dan mejalankannya di browser. Supaya lebih memahami mengenai penulisan kode PHP, maka pada tutorial ini akan kita bahas tentang komentar dan aturan dasar penulisan kode PHP.

Aturan dasar penulisan kode PHP

Seperti yang pernah kita singgung sebelumnya, kode/script php itu diletakkan diantara <?php dan ?>. Walaupun demikian ada beberapa aturan lain yang harus diperhatikan di dalam PHP, diantaranya sebagai berikut:

  • PHP bersifat case sensitive
    Ketika membuat sebuah variabel dan konstanta penggunaan huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Sebagai contoh, variabel $itgeek tidak sama dengan $ItGeek maupun $ITGEEK. Namun demikian, untuk perintah bawaan (keyword), class dan function tidak membedakan huruf kecil dan besar. Jadi di PHP penulisan ECHO dianggap sama dengan echo maupun Echo. <?PHP dianggap sama dengan <?php, begitu juga dengan if, else, case, do, or, and, while, function, class dan lain sebagainya, tidak masalah di tuliskan dengan huruf besar maupun kecil.

    <?PHP
    $nama='Admin';
    $Nama='Mimin';
    $NAMA='Administrator';
    
    IF ($nama==$Nama) Or ($NAMA==$Nama){
    eCHO 'Group Administrator';
    }
    eLsE {
    EchO 'Group User Biasa';
    }
    ?>
    

    Pada kode diatas, variabel $nama, $Nama, $NAMA pada baris 2 sampai 4 akan dianggap tiga variabel yang berbeda (case sensitive). Perintah bawaan seperti IF, or, echo, else tidak case sensitive dan dianggap sama meski menggunakan huruf besar dan kecil, lihat pada baris 6,7, 9 dan 10.

  • Perintah diakhiri dengan ; (semicolon)
    Satu baris perintah akan selalu diakhiri dengan karakter ;. Namun tidak berlaku untuk kurang kurawal yang digunakan sebagai pembuka dan penutup function, class, pengkondisian dan perulangan.

    <?php
    echo ' selamat datang di ITGeek';
    if ($x==$y){
    echo 'Betul';
    }
    else{
    echo 'Salah';
    }
    ?>
    

    Dapat dilihat penggunaan sebuah perintah pada baris ke 2, akan diakhiri dengan ; (semicolon). Berbeda halnya dengan blok kondisi IF yang menggunakan kurung kurawal pada baris 3, 5, 6 dan 8 tidak perlu di berikan ;

  • Tidak membedakan spasi dan tab maupun enter(baris baru)
    Di dalam PHP tidak membedakan kode itu berada dalam satu baris, memiliki banyak spasi maupun tab.

    <?php
    $nama=                  'Admin';
    $umur='22 tahun'; $jenis_kelamin='Laki-laki'; $alamat='medan';
    ?>
    

    Pada baris ke 2, sebuah variabel $nama tidak masalah menggunakan banyak spasi atau tab. Begitu juga dengan baris 3 yang setiap perintahnya di tempatkan dalam satu baris. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, akhir satu perintah itu adalah semicolon jadi tidak dipermasalahkan di letakkaan dalam satu baris ataupun baris yang berbeda.

Komentar dalam PHP

Komentar dalam program adalah baris kode yang tidak akan dieksekusi dan fungsinya hanya sebagai keterangan program. Programmer menggunakaan komentar pada kode program untuk mempermudah mengingat dan memberikan pemahaman kepada orang lain sewaktu membaca baris-baris program. Komentar program tidak akan ditampilkan di browser. Jadi walaupun kita melihat kode sumber halaman (view page source) di browser tidak akan kelihatan komentar program.

Di dalam PHP, komentar satu baris dapat menggunakan karakter // dan karakter #. Komentar yang lebih satu baris (multiple line) diletakkan diatara karakter /* dan */. Contoh Penggunaanya seperti kode dibawah:

<?php
# Ini merupakan satu baris kalimat komentar

// Baris kode dibawah akan menampilkan selamat datang di ITGeek di browser
echo'hello world...selamat datang di ITGeek.'

/* ini adalah contoh komentar dalam PHP yang lebih
dari satu baris */
?>

Pada kode diatas, baris ke 2 dan ke 4 adalah contoh sebuah komentar yang satu baris. Baris ke 7 dan 8 penggunaan komentar yang lebih dari satu baris. Hasilnya ketika dijalankan di browser seperti gambar dibawah (komentar tidak di tampilkan di source browser)

komentar dan aturan dasar penulisan kode php

 

Demikian tutorial cara membuat Komentar dan aturan dasar penulisan kode PHP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara penulisan variabel di dalam PHP.

Comments

comments

About admin

admin

My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data Boolean dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Boolean dalam PHP

Dalam pemrograman secara umum, tipe data Boolean sering digunakan untuk memfilter suatu statement, apakah diperbolehkan …

One comment

  1. As a Newbie, I am always exploring online for articles that can help
    me. Thanjk you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *