Home / Programming / Keamanan Komputer

Keamanan Komputer

Nama    : Cindy Adilla

Nim       : 1704038

Jurusan: Teknik Informatika

  1. Pengertian Jaringan Komputer

Kita tahu bahawa keamanan komputer menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan pada program studi teknik dan sistem informatika. Mata kuliah ini memiliki jumlah pertemuan sebanyak 3 SKS, mahasiswa diharapkan untuk mampu memahami dan menerapkan ilmu yang telah diberikan oleh dosen.

Yang dimaksud dengan keamanan komputer merupakan suatu cabang dari teknoogi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang telah ditetapkan pada komputer.

Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam,  Computer scurity atau disebut dengan keamanan komputer memiliki suatu tujuan untuk membantu user agar dapat menyelesaikan masalah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Biasannya informasinya sendiri memiliki arti non fisik atau tidak berbentuk.

Sering kita ketahui bahwa keamanan komputer juga dapat diartikan sebagai suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Keamanan komputer sendiri memiliki tujuan diantarannya adalah sebagai perlindungn informasi yang terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti yang kita ketahui didalam kebijakan keamanan.

Dalam Keamanan Kompter  Terdapat Tiga Komponen Yang Selalu menjadi diskusi :

  • Kerentanan: Merupakan kelemahan dari komputer yang dapat mengumgkinkan penyerang atau musuh untuk masuk ke dalam sistem sebuah jaringan jaringan komputer.
    • Ancaman: Merupakan bahaya yang dapat membuat kerentanan untuk melakukan gangguan pada sebuah system keamanan oleh karena itu dapat menyebabkan kemungkinan bahaya bagi organisasi.
    • Penanggulangan: Merupakan suatu tindakan, perangkat, langkah-langkah, atau teknik yang mengurangi ancaman, kerentanan, atau serangan dengan menghilangkan, atau dengan menemukan dan melaporkan masalah system keamanan sehingga tindakan korektif dapat diambil.

Contoh Keamanan Komputer

Terdapat sistem Alat deteksi intrusi juga dapat disesuaikan untuk mematikan bagian jaringan yang sangat sensitif jika menerima lalu lintas yang tidak sah.

  • Firewalls mencegah pengguna yang tidak sah mengakses jaringan pribadi. Firewalls merupakan suatu software dan hadware yag dapat mengendalikan aliran alur lintasan jaringan yang asuk dan keluar. Biasannya diletaka di antara internet pribadi organisasi jaringan dan jaringan eksternal yang tidak dipercayai, seperti internet, meskipun firewalls juga dapat digunakan untuk melindungi satu bagian dari jaringan perusahaan dari sisa jaringan.
  • Sistem deteksi intruksi

Vendor merupakan suatu keamanan yang sekarag menyediakan alat dan layanan deteksi intrusi untuk melindungi terhadap lalu lintas dan upaya jaringan yang mencurigakan untuk mengakses file dan basis data yang Bernama Sistem Deteksi Intruksi fitur sebuah alat pemantau penuh dalam waktu ditempatkan di titik-titik yang paling rentan atau hot spot jaringan perusahaan untuk dapat mendeteksi dan mencegah adanaya  penyusup secara terus menerus. Perangkat lunak pemindaian mencari pola yang menjadikan metode serangan komputer yang dikenal seperti kata sandi buruk, memeriksa untuk melihat apakah file penting telah dihapus atau dimodifikasi, dan mengirimkan peringatan vandalisme atau kesalahan administrasi

  • Software Antivirus dan Anti Spyware

Penyadapann data di suatu jaringan dan harus mencakup perlindungan antimalware untuk setiap komputer. Perangkat lunak antivirus mencegah, mendeteksi, dan menghapus malware virus komputer, worm komputer, spyware, dan adware.

  1. Jenis Ancaman Yang Terdapat Dalam Keamanan Komputer :
  2. Virus
  3. Email Virus
  4. Internet Worms
  5. Spam
  6. Trojan horse
  7. Spyware
  • Aspek-Aspek Dalam Keamanan Komputer

Keamanan komputer merupakan suatu cara untuk melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer ini sendiri meliputi beberapa aspek, diantarannya ialah:

  • Privacy, ialah sesuatu yang bersifat rahasia(provate). Agar informasi tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya.
  • Confidentiality, merupakan sebuah data yang diberikan kepada pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga saat penyebarannya.
  • Integrity, penekanannya merupakan sebuah informasi yang  tidak boleh diubah kecuali oleh pemilik informasi itu sendiri.
  • Autentication, aspek ini merupakan sesuatu yang dilakukan sewaktu user login dengan menggunakan nama user dan passwordnya, apakah cocok atau tidak, apabila cocok diterima dan tidak akan ditolak.
  • Availability, merupakan aspek yang berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan/diperlukan.
  • Acaman Atau Serangan Yang Sering Terjadi Dalam Keamanan Komputer Ancaman atau serangan yang sering dapat terjadi terhadap komputer ialah sebagai berikut :
  • Sniffing

Pembaca data yang bukan tujuannya ini dikenal dngan sniff. Program sniffer yang digunakan ialah Network Monitor dari Distincct Corporation.

  • Finger Exploit

Awal dari pengguna finger exploit ialah untuk sharing informasi di antara pengguna dalam sebuah jaringan.

  • Brute Force

Merupakan salah satu metode dalam penjebolan keamanan.

  • Password Cracking

Password cracking merupakan metode untuk melakukan perlindungan password yang dienkripsi yang berada di dalam system.

  • Virus

Sebuah virus komputer dapat diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Virus komputer juga dapat merusak data pada sebuah dokumen dan mengakibatkan pengguna komputer mersa terganggu dan dapat mengubah, memanipulasinya bahkan juga sampai merusaknya.

  • Mencegah Terjadinya Kerusakan Pada Komputer

Ada 4 faktor yang merupakan cara untuk mencegah terjadinya seranan atau kebocoran sistem :

  • Desain
  • Aplikasi yang dipakai
  • Manajemen
  • Manusia (Administrator)
  • Password

Password merupakan suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang digunakan untuk mengontrol akses ke dalam suatu sumber informasi. Dan yang kita ketahui suatu password akan dirahasikan dari orang-orang yang tidak memiliki ijin untuk mengaksesnya, dan apabila mereka yang ingin mengakses akan diuji terlebih dahulu apakah layak atau tidak untuk memperolehnya, meski begitu password bukan berarti suatu bentuk kata-kata tertentu saja password yang bukan suatu kata

yang mempunyai arti akan lebih sulit untuk ditebak.

  • Manfaat Keamanan Komputer

Untuk manfaat sistem keamanann komputer itu sendiri yaitu untuk menjaga suatu sistem komputer dari pengakesan seseorang yang tidak memilliki hak untuk mengakses sistem komputer tersebut. Sistem kemanan komputer semakin dibutuhkan saat ini sering dengan meningkatnya penggunaan komputer di seluruh penjuru dunia.

Kesimpulan

Keamanan komputer merupakan suatu cabang dari teknoogi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang telah ditetapkan pada komputer.

Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam,  Computer scurity atau disebut dengan keamanan komputer memiliki suatu tujuan untuk membantu user agar dapat menyelesaikan masalah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Biasannya informasinya sendiri memiliki arti non fisik atau tidak berbentuk.Kerusakan komputer dapat dicegah dengan beberapa faktor dibawah ini. Ada 4 faktor yang merupakan cara untuk mencegah terjadinya seranan atau kebocoran sistem :

  • Desain
  • Aplikasi yang dipakai
  • Manajemen
  • Manusia (Administrator)

Comments

comments

Tutorial Lain

Bahasa pemograman php

Bahasa Pemograman PHP Apa itu penjelasan bahasa pemograman PHP? Bahasa pemograman yang dimasukan atau di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *