Home / Aplikasi / Istilah-istilah dalam BBM (Blackberry Messenger) yang bakal dirindukan

Istilah-istilah dalam BBM (Blackberry Messenger) yang bakal dirindukan

Blackberry Messenger (BBM) akhirnya menyelesaikan perjuangannya dalam persaingan platform berbagi pesan seperti WhatsApp, Line, hingga Telegram. Pada 31 Mei 2019, BBM resmi menghentikan layanan. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang membuat BBM akan selalu dikenang oleh pemakai. Terdapat banyak istilah-istilah dalam chatting yang awalnya bermula dari BBM. Bahkan, ada di antaranya masih sering menjadi referensi oleh netizen dalam memakai platform menggunakan pesan saat ini.

Salah satu contohnya adalah, Ping!. Pengguna BBM pasti sudah sering mendengar kata tersebut, Ping biasanya akan membuat handpone si pemilik berbunyi dan bergetar secara tiba-tiba pertanda ada pesan yang masuk.

Kini, kebiasaan ‘ngeping’ teman chat itu seakan menurun ke pengguna platform berbagi pesan lainnya. Hanya saja, bentuknya jadi lebih sederhana, biasanya pengguna cukup mengetik huruf “p” yang dikirim secara berulang kali. Masih banyak lagi istilah-istilah yang sering digunakan dalam BBM dan masih tetap digunakan hingga sekarang, antara lain sebgai berikut:

Display Picture/DP
DP bisa diartikan sebagai profil pengguna. Walaupun BBM sudah jarang digunakan, tetapi pengguna sosial media masih sering memakai istilah ini.

Display Name/DN
DP adalah foto profil pengguna dan akan selalu tampil dalam room atau group teman chatting. Dalam DN ini, pengguna juga terbiasa memakai karakter-karakter unik, bahkan disertai emoticon.

Personal Message/PM
PM ini biasanya sebagai keterangan lebih lanjut tentang pengguna, letaknya di bawah DN. Isi dalam PM ini beragam, terkadang berisi mood pengguna, nama kecil nama panggilan, nama tersayang dan fungsinya kurang lebih sama dengan status pada berbagai aplikasi messenger seperti WA dan FB.

PIN
PIN merupakan campuran angka dan huruf yang menjadi identitas pengguna BBM. Mungkin anda masih ingat format PIN dalam BBM, PIN yang memulai angka “2” ialah pemakai dari pin BB, namun yang depannya memulai angka ”5” biasanya BBP yang digunakan oleh HP android

Broadcast/BC
BC Ini ialah nama lain dari pengiriman pesan yang sama ke banyak kontak. Sekarang nama lainnya berganti menjadi, Broadcast Message/BM.

Delivered/Read
Kalau anda pernah mengejar gebetan dengan berkomunikasi menggunakan BBM, hal ini menjadi salah satu alasan deg degan saat pdkt. Pemakai BBM bisa melihat apakah pesannya sudah terkirim dengan ditandai dengan huruf ‘d” atau hanya di baca dengan ditandai huruf ”r”

Test Contact/TC
TC biasanya dilakukan pengguna BBM ketika baru mengirim pesan untuk pertama kali ke kontak barunya

Itulah dia beberapa itilah-istilah yang awalnya bermula ketika menggunakan BBM dan hingga sekarang masih sering dipergunakan dalam dalam komunikasi di media sosial (Chatting). Tambahkan di kolom komentar ya kalau masih ada yang lain.



Comments

comments

Tutorial Lain

Konversi enkripsi dan encode text

Tools untuk Konversi, Enkripsi, Encode dan Hashing Text

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi tools sederhana yang dapat membantu kita untuk Konversi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *