Home / Artikel / HTML

HTML

html dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja sebagai CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. pada awal tahun 1990an html mengalami perkembangan yang sangat cepat dan pesat. Setiap pengembangan html pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih menarik bagi penguna html baik dari versi sebelumnya.

  1. PERKEMBANGAN HTML

Sebelum suatu html disahkan sebagai suatu dokumen html standar, yang harus disetujui oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat dan siknifikan untuk medapat kan hasil yang sanggat baik.

Setiap terjadi perkembangan suatu versi html, maka mau tidak mau browser lain pun harus memperbaiki diri atau menyesuaikan diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, maka browser tak akan bisa menampilkan html tersebut.

HTML versi 1.0

Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini adalah yaitu antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. mendukung  kode html karena.dapat menyusuiakan dan perkembang sangat pesat dan jauh lebih baik

html ini .

HTMl versi 2.0

Pada versi ini 2.0, penambahan kualitas html terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dan anda sekalian dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. html versi 2.0 .

HTML versi 3.2

html versi 3.2 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini juga disebut sebagai html+ tidak bertahan lama   kerna banyak kekuranggan dan segera digantikan html versi 3.2.

HTML versi 4.01

html versi 4.01 . html ini memuat banyak sekali perubahan mengkoreksi dan merevisi dari pendahulunya.dapat menggunkan elemen terbaru karena dapat menjadi standarisionalisasi pada atribut pada xhtml.

  • PENGERTIAN HTML

Hypertext Markup Language (html) adalah bahasa markup yang  begitu umum digunakan untuk membuat halaman web dan Sebenarnya html itu bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di nilai dari namanya, html merupakan bahasa mark-up atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. dan html dapat membuat tampilan menjadi bagus dan lebih baik dan dapat mendisain html dan ada contoh nya seperti  css ,php dan boostrap.

Fungsinya :

1.  Membuat, menyesuaikan,mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.

2. Mempublikasikan document secara online sehingga bias diakses oleh semua pengguna web, dilihat  dari keseluruh dunia.

3.  Membuatd online form yang bias di gunakan di seluruh dunia untuk menangani pen Pada dasarnya elemen html ada 2 kategori yaiut adalah :

Elemen  berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen.

Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen dapat ditampilkan pada browser.

  • Browser dan Editor
  • Browser

Browser merupakan software yang di install di mesin komputer client (komputer kita sebagai pengguna website) yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag html menjadi halaman web. Contoh :

1.Google Crome

Google Crome merupakan sebuah aplikasi browser yang dibangun oleh perusahaan raksasa Google dan browser di gunakan oleh internet dan sudah banyak yang memakai untuk membuat browser. karena Tampilan yang minimalis, disertai dengan loading program yang cepat  dan menarik membuat browser ini disukai oleh para pengguna jaringan internet.

2.Mozilla Firefox

Sebelum aplikasi bwoser Google Crome terkenal dan menduduki dunia  perwebkan browser, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet. Berbeda dengan Google Crome yang dimiliki dan dikuasai oleh satu perusahaan, Mozilla Firefox merupakan program open source terbuka untuk siapapun dan bisa di kotak katik oleh pengguna internet dan pengembangannya diserahkan oleh publik pecinta jaringan internet.

3.Safari Browser

Safari Browser merupakan browser standar bawaan pabrikan Apple hanya produk apple saja yang memakai ini kusus untuk sistem operasi lain tidak bisa mengunakan cukup banyak sekaali di gunakan oleh programmer dan hal lain nya.

4.Opera Browser

 Aplikasi Browser yang banyak di gunakan selanjutnya adalah opera browser. dapat miliki dengan menggunakan aplikasi  Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna dari seluruh belahan dunia.

karena mudah di amati dan tidak membuat pusing pada programmer dan berkembang pesat.

 Hingga saat ini ada banyak sekali program-program web browser yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk link atau situs web browser di perangkat komputer ataupun gadget

  • Editor

Editor adalah program yang bisa digunakan untuk membuat suatu document HTML (Web page/Halaman Web), ada banyak html editor yang bisa anda gunakan diantaranya seperti contoh berikut :

1. Sublime Text

adalah text editor sering digunakan dan sanggat populer sebagai text editor dalam mengerjakan projek-projek website

2 Light Table

merupakan software editor teks yang dikembangkan oleh bapak Chris Granger dan bapak  Robert Attori. Software editor teks ini bisa dikatakan sebagai software editor teks yang cukup sederhana pemakaiannya dan Ditambah lagi software ini memiliki debug dan akses penyimpanan yang sangat cukup luas. Sehingga, kita bisa lebih mudah dan praktis dalam pemakaian software ini

3. Notepad++

Karena banyak nya  batasan penggunaan notepad pada Windows, maka banyak orang menggunakan Notepad++ yang bisa digunakan secara gratis dalam mengedit kode. Dan Software ini memiliki fitur tab, sehingga Anda bisa melakukan editing code dengan banyak file dalam satu jendela kerja.

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *