Home / Internet / Google Akan Terapkan Metode Invisible Captcha Untuk Verifikasi Pengguna

Google Akan Terapkan Metode Invisible Captcha Untuk Verifikasi Pengguna

Sebagai pengguna internet, anda tentu familiar dengan Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart). Selama ini, untuk mengindentifikasi pengguna adalah manusia atau robot, Google dan berbagai website umumnya menggunakan sistem verifikasi captcha tersebut.

Captcha yang dikenal sejak tahun 2009 tersebut hingga 2013 sudah diperbarui dengan tambahan embel-embel kalimat “I’m not a robot”  dan disertai dengan pilihan beberapa objek gambar yang harus di klik untuk memverifikasi bahwa pengunjung bukan robot yang secara otomatis mengirimkan data.

Nah, seiring perkembangan zaman, Google menginformasikan telah menemukan metode baru yang lebih baik dari Captcha, sebagaimana dihimpun ITGeek dari LifeHacker, Senin (13/3/2017) .

Google tidak akan lagi secara terang-terangan mengidentifikasi penggunanya dari depan, melainkan dari belakang (background) websitenya. Metode yang akan di gunakan Google ini disebut dengan “invisible Captcha” atau Captcha yang tak terlihat.

Pengguna tak akan lagi disuruh untuk mengklik suatu objek gambar untuk membuktikan dirinya manusia atau robot. Google akan dengan sendirinya mengidentifikasi melalui algoritma yang merekam kebiasaan pengguna saat browsing di internet.

“Metode ini menggunakan kombinasi machine learning dengan analisis mendalam yang mampu beradaptasi dengan ancaman yang lebih baru,” ujar perwakilan Google.

Di lain sisi, pengguna tidak perlu lagi ribet mengklik gambar tertentu pada beberapa kotak, hanya untuk membuktikan diri sebagai manusia. Hal ini tentu akan menghemat waktu, terlebih “Invisible Captcha” disebut lebih akurat dalam mengidentifikasi pengguna.

Namun masalahnya, hal ini juga mengindikasikan Google akan semakin jauh lagi merekam dan menganalisa tindakan pengguna internet. Sebenarnya hal ini tak berarti buruk, tetapi untuk sebagian orang yang tidak suka jejaknya di internet ‘terlacak’ mungkin agak sedikit terganggu.

Meskipun begitu penghapusan Captcha sudah mulai diterapkan oleh google secara perlahan. Kedepannya Anda sudah tidak akan lagi melihat tulisan “I’m not a robot”, karena secara bertahap semuanya akan beralih ke invisible Captcha.(lifehacker)

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Cybercrime dan Ancaman Terhadap Keamanan Jaringan

Sekarang ini komputer dan Internet menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan kita sehari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline