Home / Internet / Fitur, Kelebihan dan kekurangan Instagram

Fitur, Kelebihan dan kekurangan Instagram

Media sosial menambahkan aplikasi baru, yakni selain mengenal dunia nyata sekarang kita juga mengenal dunia maya. Dunia bebas tanpa batasan.

Hal ini terlihat terutama didalam jejaring sosial, termasuk dengan INSTAGRAM.

Instagram membentuk aplikasi yang memusatkan diri ada pengalaman untuk bebrbagi ke jejaring sosial. Hingga saat ini Instagram memiliki 100 juta penggunaaktif setiap bulannya. Dengan jumlah 40 juta foto dishare setiap harinya.tampilan yang menarik dan sederhana juga pilihan yang beragam  menjadikan aplikasi ini tempat untuk mengoleksi foto.

Adapun beberapa tujuan ber instagram yang perlu diketahui oleh pengguna internet dan penyuka Instagram Yaitu:

  • Untuk memahami dan memanfaatkan cara kerja dari sosial media Instagram dengan baik dan benar.
  • Untuk mengetahui dampak poditif dan negatif yang diberikan dari sosial media Instagram.

 

Pengertian Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh orang banyak atau pengikut dan saling memberikan komentar antara sesamanya.

Nama Instagram sendiri berasal dari insta dan gram, insta yang berasal dari kata instant dan gram yang berasal dari telegram. Dapat disimpulkan dari namanya yang berarti menginformasikan atau membagikan foto kepada orang lain dengan cepat.

Manfaat Instagram

Fungsi dan kegunaan Instagram tidak hanya berbagi foto atau video saja, melainkan juga untuk menyunting foto-foto. Dengan aplikasi Instagram foto akan dapat diuungah melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sebelum dibeli oleh facebook, twitter telah menyatakan minatnya untuk membeli aplikasi Instagram pada tahun 2011.

Bagian dari Instagram

  1. Pengikut

Sistem sosial dalam Instagram  yaitu dengan cara mengikuti akun pengguna lainnya atau memiliki pengikut di Instagram. Komunikasi antar sesama pengguna dapat dilihat dengan memberikan tanda suka/like/love dan juga memberi komentar  pada pengunggah foto yang lain.

  1. Unggah foto

Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto atau video kepada pengikut baik siaran langsung ataupun hanya cerita .

  1. Kamera

Foto yang akan ditampilkan dan diunggah dengan Instagram tidak dibatasi dan tidak terbatas  jumlahnya, melainkan Instagram memeliki keterbatasan di ukuran untuk foto dan hanya sebatas kotak saja.  Foto dapat diambil dari kamera Instagram sendiri maupun dari galeri koleksi fiti di hp kita.

  1. Judul foto/nama foto

Setelah foto di edit, maka foto akan ditampilkan ke halaman selanjutnya. Foto tersebut akan ditampilkan di aplikasi Instagram, sebelum mengunggah pengguna dapat memberikan judul atau nama yang diinginkan di foto mereka. Judul atau pun nama ini bisa dibuat dengan apa yang kita suka ataupun apa yang sedang kita pikirkan saat ini

  1. Et (@)

Instagram juga memiliki fitur yang para penggunanya dapat menyinggung pengguna yang lain dengan cara memberi tanda @ pada foto yang mereka lihat, serta memasukkan akun Instagram dari pengguna lain.

  1. Content

Kegunaan Instagram sendiri adalah untuk menjadi tempat menyalurkan hobbi, bakat  seperti ajang mencari fotografer, sehingga sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin dikenal orang lain melalui foto atau pun menjadi sang model, hal ini tergantung dari seberapa orang yang melike foto tersebut.

  1. Hastag(#)

Instagram menjadi sebuah kegiatan mengenai sebuah kegiatan sosial dari bebrbagai negara ataupun lokal. Cara yang digunakan  untuk hal ini dengan menggunakan lebel yang membicarakan mengenai beberapa kegiatan sosial sehingga akan semakin banyak masyarakat. Dengan demikian Instagram menjadi suatu alat promosi yang baik dalam memberitahukan sebuah kegiatan yang positif.

  1. Kegiatan organisasi

Di Instagram banyak organisasi yang memamerkan produk terbaik mereka contohnya seperti sepatu, tas yang harga selangit, minuman, ataupun jenis-jenis makanan, promosi ini dikarenakan  agar mereka tidak mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi tersebut. Tidak hanya itu saja tetapi melalui Instagram produk tersebut dapat berhubungan langsung dengan pelanggan yang akan membeli produk mereka.

  1. Jejaring sosial

Dalam membagi foto, para pengguna tidak hanya membagi foto di Instagram, melainkan dapat dibagikan melalui jejaring yang lain seperti facebook, twitter dan lain-lainnya.

  1. Tanda suka(like atau love)

Instagram juga mempunyai persamaan seperti facebook yaitu tanda like, bedanya facebook memiliki jempol sedangkan instagram mempunyai like berbentuk love.

Semakin banyak like itulah salah satu yang menjadi faktor yang mempengaruhi apakah foto tersebut populer atau tidak, hal ini lah yang menyebabkan  pengikut menjadi sangat penting di Instagram.

Kelebihan dan kekurangan Instagram

Kelebihan:

  1. Mempercantik dan memperindah foto
  2. Dapat mengunggah video yang kita sukai baik siaran langsung ataupun foto dengan sebutan cerita
  3. Dapat berjualan di Instagram dengan mudah tanpa biaya sepersen pun,
  4. Pengguna Instagram pasti memiliki gadget yang mendukung aplikasi tersebut, dengan ini sangat menguntungkan karena calon konsumen kemungkinan besar mempunyai keungan yang lumayan dalam.

Kekurangan:

  1. Video yang kita kirimkan ke Instagram berdurasi kurang lebih 15 detik
  2. Foto yang dipamerkan berukuran kecil dan sering terlihat tidak jelas
  3. Instagram juga mengembangkan fitur chatt antar pengguna Instagram

 

Cara menggunakan Instagram

Untuk penggunaan Instagram sendiri pertama yang harus dilakukan dengan mengunduh aplikasi Instagram di play store ataupun di app store. Setelah diunduh jalankan aplikasi instagram tersebut di ponsel, kemudian daftarkan akun yang ingin digunakan dengan email yang valid atau dengan lebih mudahnya login dari facebook. Klik login with facebook, kemudian akan muncul jendela popup silahkan masukkan email dan kata sandi facebook anda.

Kemudian:

  • Setelah masuk dan berhasil, anda akan disuguhken untuk melengkapi semua profil anda, tap menu paling kanan, lalu edit your ptofile dan halaman ini isi data anda selengkap lengkapnya.
  • Selanjutnya, carilah teman baru seperti halnya facebook, tap saja menu yang mirip kaca pembesar kemudian ketikkan nama pengguna yang ingin dicari dan ingin ditemukan.
  • Klik profil pengguna yang ditemukan dan ingin dijadikan teman, dan tap follow untuk menjadi pengikut nya,
  • Setelah siap semuanya, posting foto pertama anda, dengan cara tap ikon kamera dibawah bagian menu lalu pilih salah satu diantara tiga pilihan tersebut, gallery , video ataupun foto.
  • Selanjutnya untuk lebih jelasnya gunakan secara langsung aplikasi Instagram, pelajari lebih lanjut, dan gunakan instagram dengan sebaik baiknya dengan bijak, menggunakan Instagram dengan positif, memanfaatkan Instagram dengan semaksimal mungkin.

 

Comments

comments

About yosepa sinuhaji

Yosepa Sinuhaji

Tutorial Lain

Sosial Media yang Paling Populer

Media Sosial adalah media online yang penggunanya atau yang biasa disebut dengan user saling berhubungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *