Home / Artikel / Pengenalan MS Word, Menu, Dan Fungsi Tombol MS Word

Pengenalan MS Word, Menu, Dan Fungsi Tombol MS Word

PENGERTIAN MICROSOFT WORD

Microsoft word adalah suatu software yang sering digunakan untuk mengolah kata atau membuat dokumen baru. Microsoft word termasuk microsoft office yang sering di gunakan di leptop dan di komputer. Microsoft office terbagi menjadi beberapa software seperti microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft accses.

Dengan adanya software microsoft word kita mudah mengerjakan sesuatu dengan cepat. Software  MS word mudah dapat kita jumpai dimana saja, misalnya di leptop dan di komputer. Banyak orang menggunakan MS word untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat, Misalnya :

  1. Pembuatan Dokumen Baru
  2. Pembuatan Surat
  3. Pembuatan Proposal
  4. Pembuatan Surat Lamaran Kerja
  5. Pembutan Sikripsi
  6. Pembuatan Tugas

Ada beberapa langkah-langkah untuk membuka microsoft word, yaitu :

  • Membuka software microsoft word
  • Kemudian klik microsoft word, lalu terbuka document baru

Microsoft word memiliki beberapa komponen yang ada di document yang sudah terbuka. Komponen microsoft word sering di gunakan untuk beberapa menu yang ingin di buat di document yang sudah terbuka. Komponen yang ada di software microsoft word sebagai berikut :

  1. Menu bar merupakan perintah atau su menu yang ada di software microsoft word, misalnya menu home, insert, page layout, references, mailings, review, dan view.
  2. Titel bar merupakan isi file  yang sudah di kerjakan, atau menyembunyikan program yang sudah di buat di document, dan untuk menutup program file.
  3. Status bar merupakan page document dan word dalam baris horizon, dan menampilkan informasi jendela document.
  4. Quick access tolbar merupakan tombol yang berisi sebagai alternatif perintah yang sering di gunakan.
  5. Ribbon merupakan isi perintah yang ada di submenu dari menu bar sebagai perintah pertama.
  6. View toolbar merupakan tampilan halaman baru, hasil cetakkan document, tampilan jendela browser. Menu view toolbar juga memiliki beberapa toolbar, misalnya print layout, full screen reanding, web layout,outline, dan draft.
  7. Ruler adalah kotak pengukuran yang di letakkan pada garis horizontal yang ada pada lembar kerja document. Kemudian ruler yang ada di sebelah kiri dan atas document, ruler juga bisa mempermudah mengatur letak halaman document.
  8. Zoom merupakan besar kecilnya untuk melihat document sesuai yang diinginkan.
  9. Next page merupakan untuk melihat naik turunnya tulisan yang ada pada lembar kerja document.
  10. Select browse object berfungsi untuk mengembalikan atau mengcencel data document.
  11. Scrool bars berfungsi untuk melihat data yang sudah jadi di ketik di document yang ada pada lembar kerja.

MENU-MENU YANG ADA DI MICROSOFT WORD

Ada begitu banyak menu yang ada di dalam software  microsoft word seperti yang ada di bawah ini, yaitu :

  1. Menu Home gunanya untuk membuat dokumen baru, mengatur tulisan, memberi warna pada tulisan, mengcopy document, mengukur tulisan, memformat painter dll.
  2. Menu Insert gunanya untuk membuat table, membuat desain atau menambahkan clip art shapes, cover page, blank page,page break, picture, smartart,  chart, hyperlink, bookmark, crooss-reference, text box, quick parts, wordart, drop cap dan bagian header footer page number, dll.
  3. Menu Page Layout di gunakan untuk membuat pengaturan bagian kertas, dan bagian size, margins, orientation, columns, dll.
  4. Menu References di gunakan untuk melihat bagian-bagian pada halaman insert atau bagian text yang sudah di buat. Menu-menunya sebagai berikut :
  5. Menu Mailings di gunakan untuk membuat label, envelopes, start mail merge, dan select recipients, dll.
  6. Menu Review di gunakan untuk spelling & grammar, research, thesaurus, translate, new comment, dan melihat halaman penulisan pada comenan dokumen, dll.
  7. Dan Menu View di gunakan untuk mengecek data yang sudah jadi, atau penulisan yang sesuai kita inginkan, dan bisa melihat besar kecil ukuran tulisan melalui zoom, mengatur garis melalui ruler, dan juga bisa melihat print layout, full screen reading, web layout, outline, dan draft,dll.
  8. Menu Format atau Menu Picture Tools di gunakan  untuk mengecek gambar, mengukur ukuran gambar, dan mengcrop gambar yang di inginkan, memberi warna gambar pada objek yang di inginkan dll.
  • Menu Office Botton di gunakan untuk mengecek data lembar baru, misalnya new,open,save,save as,print,prepare,send,publish,close, dll.
  • New fungsinya untuk membuka lembar kerja baru.
  • Open fungsinya untuk membuka document yang diinginkan.
  • Save fungsinya untuk menyimpan data yang sudah jadi di document.
  • Save As fungsinya untuk menyimpan seluruh document.
  • Print fungsinya untuk mengeprint data yang sudah jadi.
  • Prepare fungsinya untuk melihat properties yang ada di document.
  • Send fungsinya untuk  mengcopy document untuk di kirim melaui email.
  • Publish fungsinya untuk mengblog document, manajement document. server, dan membuat lembar kerja baru.
  • Close fungsinya mengembalikan document.
  • Quick Access Toolbar fungsinya untuk mengembalikan document, dan menyimpan document.

PENGENALAN TOMBOL – TOMBOL YANG ADA DI   MICROSOFT WORD

Tombol-tombol yang ada di microsoft word berfungsi untuk mempermudah dalam pengenalan huruf-huruf yang ada di microsoft word. Ada beberapa fungsi tombol-tombol yanga ada di microsoft word, sebagai berikut :

  • Crtl+A fungsinya untuk mengeblok semua karakter huruf
  • Crtl+B fungsinya untuk menebalkan karakter huruf
  • Crtl+C fungsinya untuk mengcopy data yang ada pada document
  • Crtl+D fungsinya untuk menampilkan jendela font atau gambar box
  • Crtl+E fungsinya untuk meratakan tulisan ke arah tengah
  • Crtl+F fungsinya untuk mencari data atau find yang ada pada document
  • Crtl+G fungsinya untuk go to pergi ke halaman document
  • Crtl+H fungsinya untuk menampilkan jendela replace
  • Crtl+I fungsinya utuk memiringkan karakter huruf
  • Crtl+J fungsinya untuk rata kiri kanan(justify)
  • Crtl+K fungsinya untuk menampilkan jendela insert hyperlink
  • Crtl+L fungsinya untuk rata kiri
  • Crtl+M fungsinya untuk increase indent
  • Crtl+N fungsinya untuk  membuka halaman(new) baru pada microsoft word
  • Crtl+O fungsinya untuk untuk membuka document (open)
  • Crtl+P fungsinya untuk mencetak document(print)
  • Crtl+Q fungsinya untuk mengubah indent yang di blok ke arah margin kiri
  • Crtl+R fungsinya untuk rata kanan
  • Crtl+S fungsinya untuk menyimpan document ke file
  • Crtl+T fungsinya untuk tabulasi
  • Crtl+U fungsinya untuk garis bawah pada penulisan
  • Crtl+V fungsinya untuk paste
  • Crtl+W, Crtl+X fungsinya untuk exit, dan cut
  • Crtl+Y, Crtl+Z fungsinya untuk redo dan undo

Comments

comments

Tutorial Lain

Cloud Computing, Keamanan Cloud Computing : Manfaat, Risiko dan Kontrol

Cloud computing atau ‘komputasi awan’ menyajikan model baru untuk layanan teknologi informasi yang melibatkan jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *