Home / Tutorial / Cara mudah membuat Undangan dengan Photoshop

Cara mudah membuat Undangan dengan Photoshop

Seperti yang sering kita katakan bahwah keahlian dalam mengoprasikan software adobe photoshop merupakan aset tersendiri, dan ada berbagai bidang yang membutuhkan keahlian dalam editing photo ataupun desain grafis. Salah satunya bidang yang membutuhkannya adalah jasa percetakan undangan pernikahan ataupun hkitanan , bisa kita buat dengan menggunakan software Adobe Photoshop yang satu ini .

Meskipun sebenarnya undangan pernikahan lebih banyak di buat dengan menggunakan CorelDrow, Namun Photoshop juga bisa kita jadikan alternative di dalam proses pembuatan undangan kita ini .

Langkah Pertama

Jalankan program editor Adobe Photoshop , lalu kita membuat sebuah file documen baru , kemudian sesuaikan ukuran dokumen tersebut dengan ukuran undangan yang ingin kita buat. Anggap saja kita ingin membuat sebuah undangan pernikahan dengan ukuran 1366 x 768 pixel. Pastikan kita menggunakan resulusi minimal 72 Ppi. Setelah sudah kita buat ukurannya kemudian kita klik Ok, maka akan muncul sebuah kanvas yang akan menjadi background dari undangan pernikahan kita, di bawah ini adalah tampilan layar ukuran undangan yang telah kita atur tadi.

Langkah Kedua

Karena akan membosankan kita bila undangan pernikahan dengan warna putih polos , maka pilihlah sebuah gambar yang sesuai untuk kita jadikan background, dan undangan pernikahan pun akan lebih cantik dan indah di pandang oleh pelanggan , dibawah ini adalah tampilan layar dengan background putiih polos .

Dan di atas ini adalah tampilan layar dengan background putih polos , di sini sudah terlihat jelas bahwasanya background putih polos ini sangat simple dan kurang indah di pandang , maka dari itu kita beralih untuk memberikan background yang putih ini menjadi yang lebih berwarna , untuk itu kita akan menekan ctrl O (untuk membuka dokumen) , dan pilihlah gambar sesuai keinginan kita.

Nah di atas ini adalah tampilan layar yang sudah kita kasih background, dan langkah selanjutnya adalah membuat garis tengah terlebih dahulu dengan memanfaatkan Ruler. Di bawah ini adalah tampilan layar yang sudah kita kasih garis tengah .

Pertama – tama kita membuat bagian depan dari undangan. Untuk bagian depan sebuah undangan pernikahan biasanya memerlukan beberapa buah foto pra wedding dari pasangan yang akan menikah. Maka pilihlah foto yang sesuai untuk kita jadikan gambar pemanis di bagian depan undangan pernikahan. Sesuaikan posisinya .

Gambar di atas ini adalah layer yang sudah kita kasih dengan poto prewedding yang akan menikah . kemidian  tambahkan beberapa tulisan, Seperti kata – kata “ Undangan ” lengkap dengan hari dan tanggal dan nama orang tua yang akan pesta. Biasanya juga disertakan nama atau inisial dari pasangan yang akan menikah . Nah, cara untuk membuat tulisannya adalah dengan menggunakan Horizontal type tool di tool sebelah kiri pada bagian layer, di bawah ini adalah tampilan undangan pernikahan yang sudah kita kasih text “ Undangan “ dan lengkap dengan hari dan tanggal nya . Dibawah ini adalah tampilan layer nya yang sudah kita buat .

Setelah itu kita akan membuat sebuah bentuk kotak di bawah sebelah kanan layer, fungsinya adalah untuk membuat nama yang akan kita undang ke pernikahan kita nantinya . untuk membuat bentuk kotaknya dengan menggunakan Rectangle Tool di sebelah kiri tool layer . dan jangan lupa untuk warna nya kita buat dengan menggunakan warna putih , agar tulisan nya nanti akan terlihat jelas dan tidak sulit di baca oleh orang , Setelah itu jangan lupa pula di bawah bentuk kotak tadi kita isi text seperti “ Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan nama dan gelar “  Di bawah ini adalah hasil tampilan layar yang telah kita buat .

Setelah itu kita akan membuat denah lokasi pesta di bagian belakang undangan pernikahan , untuk membuat denah lokasi pesta nya adalah menggunakan Rectangle Tool pada bagian layer sebelah kiri Photoshop . untuk itu di bagian denah lokasi pesta kita buat keterangan alamat, agar orang mudah mencari alamat kita di undangan itu, dan lokasi pesta bisa kita kasih gambar rumah atau gambar lainnya juga bisa, dan itu tergantung dengan selera kita dan tidak mesti gambar rumah saja , gambar love juga bisa . Di bawah ini adalah hasil gambar denah lokasi pesta yang telah kita buat tadi .

Setelah kita selesai membuat undangan di bagian luar , Maka kita sekarang harus membuat undangan untuk bagian dalam nya , untuk memulai nya kita bisa membuat dokumen baru dengan menekan ( Ctrl O ) pada keyboard , kemudian anggap saja kita ingin membuat sebuah undangan di bagian dalam nya dengan ukuran 1366 x 768 pixels . Pastikan kita menggunakan resolusi minimal 72 pixel/inc . Setelah kita mengatur ukuran layer langsung saja tekan Ok, maka akan muncul sebuah layer yang akan menjadi background dari undangan kita yang di bagian dalam nya dan jangan lupa background nya kita buat menjadi backgraound berwana hijau, sebenarnya tergantung selera kita masing – masing , dan tidak di haruskan berwarna hijau . kemudian kita buat garis tengah pada layer undangan kita tadi dengan menekan tombol ( Ctrl O ) pada keyboard . di bawah ini adalah hasil dari tampilan yang kita buat ukuranya tadi.

Kemudian background kosong itu kita isi dengan text sebagaimana undangan yang sering kita buat , contoh : seperti nama pasangan yang akan menikah ,tanggal dan waktu, nama turut mengundang dan nama kedua mempelai si pasangan yang akan menikah ini, di bawah ini adalah hasih gambar dari layer yang telah kita buat tadi .

Setelah kita selesai mengisi text di bagian dalam undangan , Maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyimpan gambar, disini kita untuk menyimpang gambarnya adalah dengan cara , save as, kemudian format photoshop yang awalnyaformat PSD akan kita ganti menjadi format JPEG.

Ini adalah hasil dari sebuah undangan dengan menggunakan PhotoShop Cs3

TERIMA KASIH

 

Comments

comments

About dewi novita

Dewi Novita

Tutorial Lain

Tutorial Instal Kali Linux di Virtual Box

Langkah pertama  sebelum dapat mengintall kali linux, pastikan kamu sudah mendownload kali linux dan sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *