Home / Tutorial / Cara Mudah Memasang Infus Pada Printer

Cara Mudah Memasang Infus Pada Printer

Saya akan membagi pengalaman saya mengenai printer, dalam hal ini saya akan membagi ilmu saya bagaiamana cara memasang infus pada printer , kali ini printer yang saya gunakan adalah printer CANON MP287. Kita tau penggunaan printer saat ini sangat lah banyak oleh karena itu saya akan member tips bagaiaman caranya untuk menghemat dari segi pembilian cartridge, kita tau harga cartridge sangat lah mahal dan juga isi tinta dalam cartridge berukuran hanya 9 ml untuk cartridge black  sedangkan untuk cartridge warna 9 ml dibagi 3 untu warna kuning 3 ml,biru 3 mil dan merah 3 mil.

Dengan ukuran minim dan bisa di bilang sedikit ini kita tidak bisa mengprint dengan skala besar, jadi dalam ini kita perlu sedikit modifikasi untuk mendapatkan kinerja lebih baik.memasang infus pada printer adalah suatu hal yang baik untuk kita bisa mengprint dengan skala besar.Tapi kita perlu tau dengan memasang infus pada printer member dampak negatif selain kita kehilangan garansi pada cartridge kita mempunya dampak negative selain dari itu.

Seperti halnya mengurangi umur cartridge itu sendiri di karenakan tinta pada infus bukan lah tinta asli pada cartridge itu sendiri.jadi di sini saya akan memberi tau maintance printer agar cartridge awet.Tapi tolong di garis bawahi walau pun kita sudah tau cara maintance printer kalo catridge sudah saatnya rusak kita tidak bisa berbuat apa-apa selain mengganti dengan yang baru.Demikian informasi yang saya tau mengenai printer.

Langsung saja tanpa basa-basi kita mulai cara memasang infus pada printer , dalam hal ini printer yang saya gunakan percobaan adalah printer CANON MP287.Adapun alat yang di butuhkan  sbb:

  1. Printer
  2. Infus
  3. Cartridge
  4. Bor
  5. Lamban kertas
  6. Double Tip
  7. Kabel Listrik
  8. Kabel port print to port usb
  9. 1 unit pc lengkap

Ini lah alat-alat yang di butuhkan yang saya tau jika pembaca tau lebih banyak alat yang di butuhkan itu sangat baik.

1.Printer

Printer adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak document (tulisan,gambar dan tampilan lainnya) dari computer ke media kertas atau yang sejenis.Saat ini terdapat beberapa merk printer yang beredar di pasaran seperti Epson,HP,Canon,Brother dan yang lainya. Jadi dalam hal ini printer yang saya gunakan yaitu Canon dengan sir MP287 seperti gambar di bawah ini.


Gambar 1.1 Printer CANON MP287

2.Infus

Infus adalah suatu tabung yang berisi tinta yang terdiri dari 4 warna  tiap 1 tabung terisi 1 warna.Adapun warnanya adalah Merah,Hitam,Biru dan kuning Seperti gambar di bawah ini.

Gambar 1.2 Infus

3.Catridge

Catridge printer adalah pencetak atau alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak spanduk dan sebagainya.Bisa di liat di gambar di bawah ini:

Gambar 1.3 Catridge Black dan Color

 

Setelah kita mengenal dan memahami arti dan fungsinya mari kita mulai saja memasang infus ke printer, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. Pastikan k-2 catridge bagus  dengan test page tanpa ada infus agar  kita tau catridge bagus atau tidak untuk menghindar jika kalo ternyata catridge bermasalah.
  2. Selanjutnya bor catridge yang pertama , untuk catridge hitam hanya 1 lubang yang di bor dan posisinya berada di tengah, lalu masukkan karet putih ke dalam lubang, bisa di liat pada gambar di bawah ini :

Gambar 1.4 Catridge Balck yang sudah di bor dan sudah di beri karet

  1. Selanjutnya bor catride yang kedua , untuk catride color ada 3 lubang yang di bor yang terdiri dari warna merah,biru dan kuning bisa di liat pada gambar di bawah ini :

 

 

Gambar 1.5 Catride Color yang sudah di bor dan sudah di beri karet

  1. Selanjutnya masukan selang infus ke dalam lubang catridge yang baru saja di buat,sebelum kita masukkan ke lubang catridge , alangkah baiknya kita alirkan tinta yang ada di tabung ke selang infus sampai menuju pangkalnya untuk mempercepat tinta itu mengalir buka penutup kecil yang ada pada 4 penutup pada tabung infus  bisa di liat di gambar di bawah ini:

Gambar 1.6 Infus

  1. Selanjutnya masukan pangkal selang yang ada pada infus ke lubang catridge yang sudah kita baut sebelumnya yang perlu di ketahui adalah warna lubang dan warna selang harus selaras atau sama jangan salah memasukan selang ke lubang catridge bisa di liat pada gambar di bawah ini :

 

 

Gambar 1.6 Pemasang selang infuse ke dalam lubang catridge

  1. Sebelum kita melanjut , perlu kita ketahui saat pangkal selang di masukan ke dalam lubang catridge selang pada infuse jangan sampai terbelit atau melintang karna akan membuat kita susah untuk memasang selang dan membuat selang infus itu menggangu jalannya catridge. Jadi pastikan selang infuse tidak melintang gambar di atas sudah benar bisa di contoh.
  2. Selanjutnya masukkan 2 catridge ke printer lalu buat lah selang itu tidak menggangu jalanya catridge bisa di liat gambar di bawah ini :

 

 

 

 

  1. Sebelum kita melanjutkan mari lah kita liat gambar pada langka No.7 selintah dari gambar mungkin gampang tetapi ini lah bagian yang sangat di kuahtirkan karena jika kita salah atau tidak benar maka selang akan nyangkut dan itu membuat jalur catridge terhalang ,Oleh karena itu perhatikan seksama gambar langkah No.7dengan baik sedikit informasi yang saya berikan kepada para pembaca.Buat lah catridge itu berada atau bisa di bilang buatlah tempat catridge itu bisa kita pindah-pindahkan atur lah selang infuse dari ujung kanan sampai ke ujung kiri, perhatikan selang yang berada di tengah apakah selang itu menyentuh dasar pada printer atau tidak. Dan jika itu menyentuh dasar seperti menyadat mulai lan untuk mengatur kembali selang dengan baik dan benar.Dan jika kalo tidak maka itu sudah benar langsung lah double tip dan beri lambar kertas agar tidak lengket pada dinding-dinding printer.Seperti gambar langkah No.7.
  2. Selanjutnya turunkan penjangal biru lalu pasangkan kabel power ke listrik dan kabel port printer ke pc computer lalu test pinter   jika printer berjalan lancar maka printer telah berhasil di pasangkan infus

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai cara memasang infus ke printer Canon mp287.Sering  kali saat kita melakukan sesuatu hal seperti halnya memasang infus ke printer kita mendapatkan kendala dari segi apa pun.

Pesan yang bisa saya berikan kan adalah terus mencoba dan jangan menyerah untuk melakukan terus karna tidak semua orang yang sekali mencoba langsung mendapatkan hasil yang diinginkan , kadang kalah sebaliknya tidak langsung mendapatkan hasil yang diinginkan oleh karena itu perlunya kesabaran dan selalu mengulang-ulang sampai mendapatakan hasil yang di inginkan.

Comments

comments

About Hendra Saputra

Hendra Saputra
Hanya seorang yang ingin mencoba ...

Tutorial Lain

Langkah-langkah Menginstall Ulang Windows 7

Sebelumnya ada pertanyaan, apa itu instal ulang? Instal ulang adalah langkah untuk memasukkan kembali file …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline