Home / Artikel / Cara Merakit Komputer yang Baik dan Benar

Cara Merakit Komputer yang Baik dan Benar

Assalamualaikum, disini saya akan membagikan  cara merakit Komputer yang baik dan benar menurut pengalaman saya pribadi.

Bagi kalian yang ingin merakit komputer sendiri, kalian dapat ikuti dan simak langkah-langkah belajar merakit komputer yang benar, lengkap dengan gambarnya.

Dalam merakit komputer sendiri anda akan menambah ilmu juga dapat memberikan kepuasan tersendiri kalau nantinya berhasil anda lakukan dan juga dapat menentukan komponen-komponen komputer berkualitas karna komponen yang akan diapasang untuk merakit komputer sudah kita tentukan sendiri sesuai dengan keuangan dan selera kita.

Sebelum merakit komputer, sebaikny peralatan yang diperlukan seperti: tang, obeng, komptabilitas dari komponen-komponen terhadap motherbord karena setiap jenis motherbord mendukung jenis procesor, RAM, port dan bus yang berlainan.

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT KOMPUTER, YAITU

  1. Memasang Procesor ke Motherbord

Disini saya menyarankan sebelum motherbord  diapasang kecasing, terlebih dahulu memasang procesor  karena akan lebih sangat mudah  cara memasang ny(gak ribet gitu).   Cara memasang  procesor kemotherbord yaitu:  simak sampai habis!! J

  • Kita tentukan dulu posisi pin pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, pada umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lekukan  sebagai penanda.
  • Angkat tuas pengunci soket keatas suapaya terbuka
  • Sesuaikan posisi kakiprocesor dengan lubang socket, klau sudah lalu tekan procesor kedalamsocket sampai rapat.
  • Kunci kembali dengan tuas pengunci

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

2. Memasang Motherbord

Untuk memasang motherbord pada casing cukup mudah, yaitu letakan motherbord pada tray casing dan sesuaikan  lubang antara casing dan  lubag motherbord, lalu kunci dengan sekrup.

Lihat gambar dibawah ini lebih jelasnya:

3. Memasang Hensink atau Komponen Pendingin

Setelah procesor terpasang lalu tahap berikutnya pasang hetsink(komponen pendingin) supaya procesor tidak cepat panas dan mencegah kerusakan libih dini. Hetsink ini posisinya diletakan diatas procesor da diberi penahan supaya tidak lepas.  Sebelum pemasangan hetsink sebaiknya hensink   dilapisi Gel penghantar panas. Apabila hetsink anda ada kipasnya(fan) maka konektor  power  pada kipas(fan) dihubungkan kemotherbord.

4. Memasang RAM (Memori)

Memasang RAM(Memori) yaitu, Buka terlebihdahulu penguncinya, lalu  sesuaikan   posisi   lekukan pada modul  memori dengan lekukan  pada slot. Kalau posisinya sudah pas lalu tekan dan pasang kembali tuas pengunci pada RAM.

Lebih detailnya silahkan lihat gambar dibawah   ini:

5. Memasang Power Suplay

Biasanya pengalaman saya sih,   kalau kita membeli casing pasti otomatis  power suplay sudah terpasang. Nah apabila   power  suplay belum terpasang caranya pemasangan nya yaitu sangat muda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Letakan Power suplay pada tempat yang ada dibelakang casing, lalu kunci dengan sekrup.

Pasang konektor power suplay  dari power suplay kemotherbord inidia kabel-kabelnya.

6. Memasang Kabel  Motherbord dan Casing  

  • Pasang kabel konektor IDE(Integrated Development Environment) primary dan seconday pada motherbord.
  • Untuk motherbord non ATX(Advenced Technology Extended), pasang kabel port serial  dan pararel pada konektor dimotherbord.
  • Pada bagian belakang caing  terdapat lubang untuk memasang port tambahan  jenis non slot.Bukasekrup   pengunci  pelat tertutup lubang port  lalu masukan port kenoktor yang ingin  dipasang  dan pasang  sekrup kembali.
  • Hubungkan kabel konektor mouse dan keybord pada motherbord.
  • Hubungkan kabel konektor yang lainya  seperti LED,  speker internal dan port yang tersediadi casing computer.Lebih detailya lihat gambar dibawah ini:

7.  Memasang Drive (CD-ROM/DVDROM)
Untuk memasangnya drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :

  • Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
  • Hubungkan konektor kabel IDE(Integrated Development Environment) ke drive yang sudah ada dan konektor di motherboard yang sudah ditetukan (konektor primer yang dipakai lebih dulu).
  • Apabila kabel IDE (Integrated Development Environment) terhubung pada 2 drive, seting jumpernya yaitu drive pertama diseting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
  • Konektor IDE (Integrated Development Environment) sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan tersebut.
  • Sambungkan kabel power dari satu daya pada masing-masing drive yang sudah ditentukan.

8. Memasang Card Adapter

Untuk card adapter yang bisanya sering dipasang adalah  sound card, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangann  card adpater, yaitu : masukkan card adapter pada slot yang sudah tersedia di motherboard   anda, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card adapter.

9.  Tahap terakhir perakitan komputer

Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

10. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer

Setelah komputer selesai dirakit  sesuai interuksi diatas, kita lakukan pemeriksaan dan      penguji coba hasilnya dengan program BIOS, caranya   sangat mudah yaitu :

  • Pertama-tama nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
  • Nah jika program Fost dari Bios ini akan secara otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer anda.
  • Lakukan seting untuk nilai dari kapasitas hardisk anda dan boot sequencenya.
  • Kalau sudah selesai lalu simpan hasil setingannya dan keluar dari setup BIOS, maka komputer   akan meload system operasi dengan urutan pencarian yang disesuaikan dengan setingan boot sequence pada Bios anda.
  • Masukkan CD yang berisi sistem operasi BIOS pada drive pencarian.

11. Solusi apabila  terjadi masalah pada hasil perakitan komputer  anda

  • Hidupkan komputer anda, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya yang ada di belakang CPU  lalu colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank atau berwarna hitam(blackscreen), pasti ada kesalahan pada komponen kompuer anda dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep pada CPU, maka betulkan penempatan RAM atau memori pada soket di motherbord.
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi oleh CPU, silahkan periksa penempatan card adapter sudah cocok apa belum ke slotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.

Demikianlah Cara Merakit Komputer dari pengalaman saya pribadi, bagi para pembaca saya ucapkan TERIMAKASIH,  semoga bermanfaat 🙂

ASSALAMUALAIKUM 🙂

Comments

comments

Tutorial Lain

Cloud Computing, Keamanan Cloud Computing : Manfaat, Risiko dan Kontrol

Cloud computing atau ‘komputasi awan’ menyajikan model baru untuk layanan teknologi informasi yang melibatkan jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *