Home / Tips dan Trik / CARA MERAKIT KOMPUTER (PC) & MENGINSTAL OS

CARA MERAKIT KOMPUTER (PC) & MENGINSTAL OS

Cara Merakit Komputer (PC) , Menginstal OS dan Driver.

Disini saya menjelaskan Cara Merakit Komputer (PC) & Menginstal Software bertujuan untuk pengembangan ilmu merakit komputer (PC) dan menginstal software seperti windows , driver dan aplikasi lainnya bagi mahasiswa agar mempermudah dalam merakit komputer (PC) dan menginstal software .

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dan membantu seluruh pekerjaan manusia.

LANDASAN TEORI

A. Mengenal Komponen-Komponen Pada Komputer

a. Motherboard

Motherboard Adalah papan untuk memasangkan komponen – komponen komputer seperti processor, ram, video card, sound card, hard disk, dan lain-lain. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen – komponen komputer agar bisa terhubung dan dapat di fungsikan.Motherboard memiliki banyak jenis dan disesuaikan dengan kebutuhan kita masing – masing.

b. Prosessor

CPU ( Central Processing Unit ) adalah otak dari sebuah komputer yang ukurannya bisa dibilang kecil.  Prosessor ini mampu mengatur dan melakukan perintah-perintah dari perangkat lunak. Prosessor terletak di motherboard dan dibalut dengan sebuah headsing agar bisa mengatur suhu saat prosessor bekerja. Dan apabila semakin besarnya kecepatan sebuah prosessor maka semakin cepatlah proses-proses yang dijalankan.

c. Harddisk

Adalah perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Dan apabila semakin besar kapasitas harddisk yang kita miliki maka semakin banyak lah data – data yang dapat disimpan. Piringan harddisk ini terus berbutar selama komputer dijalankan.

Ada beberapa macam harddisk yaitu IDE, SCSI, SATA.

d. RAM

Merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan sebuah memory yang dapat diakses dalam waktu yang tepat tanpa mempedulikan letak data tersebut. RAM juga merupakan media penyimpanan sementara dari suatu program yang kita jalankan.

Jenis – jenis ram ada beberapa macam yaitu SDRAM, DDR, DDR2, DDR3. Ini disesuaikan dengan motherboard yang kita miliki.

e. VGA Card

Video Card biasa disebut VGA. Ini merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Biasanya video card sudah terintegrasi dalam mainboard atau sering di sebut dengan VGA on-board. Dan VGA on-board ini di fungsikan maka akan mengambil kapasitas dari RAM. Untuk meningkatkan kapasitas VGA biasanya dengan cara menambah komponen video card dengan ukuran yang besar lagi, apalagi untuk pecinta game. Mereka pasti membutuhkan video card yang besar agar resolusi dan efeknya lebih bagus.

Video card ini dipasang pada motherboard, dan macam-macam slotnya adalah PCI, AGP, PCI-X, PCI Express.

f. Optical Drive

Adalah sebuah alat I/O yang memiliki optik dan berfungsi untuk membaca CD atau DVD pada komputer. Dan berfungsi juga sebagai output. Contohnya mengkopi data dari hardisk ke dalam sebuah CD.

Jenis – jenis optical drive ialah CD-Rom, CD-RW, DVD-Rom, DVD-RW dan optical drive yang terbaru adalah Blueray.

g. Power Supply

Power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Power supply terletak dibelakang cassing CPU. Daya powersupply ini bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan komputer kita, apabila komputer dengan spesifikasi yang tinggi maka power supplynya harus dengan daya WATT yang besar.

h. Keyboard dan Mouse

Keyboard adalah papan yang berisi huruf, angka, dan fungsi – fungsi lainnya untuk mengetik kata – kata pada komputer.

Sedangkan mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor pada komputer. Biasanya kursor pada layar komputer berbentuk seperti panah berwarna putih.

i. Monitor komputer

Layar berfungsi untuk menampilkan gambar atau data digital, dan yang merupakan keluaran dari CPU. Sepintas monitor mirip dengan televisi.

Jenis – jenis monitor adalah CRT, LCD, PLASMA, OLED.

CRT adalah monitor dengan menggunakan tabung, sehingga dimensinya lebih besar, berat dan memerlukan daya yang cukup besar. Sedangkan LCD adalah monitor keluaran terbaru dengan dimensi yang lebih tipis, ringan, dan dayanya sedikit. LCD merupakan singkatan dari Liquid Cristal Display. Jadi di dalamnya LCD ini menggunakan cairan untuk menampilkan suatu gambar. 

j. Sound Card

Sound card atau kartu suara merupakan komponen komputer yang memiliki fungsi sebagai output suara dari komputer. Soundcard ini terdapat port-port input dan output. Letak sound card ini tertanam pada motherboard dan nama port nya adalah PCI-Express.

k. Heatsink Fan

Heatsink fan ini adalah sebagai perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu meringankan sebuah proses dari Processor supaya tidak terlalu menahan banyak beban panas atau mendinginkan processor.

l. Casing

Casing ini adalah melindungi komponen komputer dari debu, air, panas yang berlebihan, kotoran lainnya pada saat sedang digunakan dan tentunya melindungi terhadap benturan fisik.

 

B. Persiapan Sebelum Memulai Cara Merakit Komputer (PC)

 Ada beberapa komponen/perlengkapan yang harus kita siapkan sebelum memulai cara merakit komputer (PC) diantaranya :

Untuk Alat Kerja

  1. Obeng Plus (+)
  2. Obeng Minus (-)
  3. Tang Lancip (Capit Buaya)
  4. Baut

 

Untuk Komponen Komputer (PC)

Sebelum kita mempersiapkan  komponen-komponen komputer (PC) sebaiknya kita memperhatikan kesesuaian setiap komponen dengan motherboardnya karena tidak semua jenis komponen komputer cocok dengan motherboarnya contohnya : processor socket Intel Core 2 Quad harus disesuaikan dengan socket Intel Core 2 Quad juga tidak bisa dipasangkan pd socket  Intel Pentium 4.

Komponen-Komponen Merakit Komputer sbb:

  1. Motherboard
  2. Processor
  3. Heatsink & Kipas
  4. RAM
  5. VGA CARD (kalau perlu)
  6. Casing
  7. Power Supply
  8. Hardisk
  9. DVD/CDROM
  10. Keyboard & mouse
  11. Monitor

Software sbb :

  1. CD Sistem Operasi seperti windows 7, windows 8 atau lainnya.
  2. CD driver motherboard (VGA, Sound card, LAN,dll).
  3. Program aplikasi.

Langkah-Langkah Merakit Komputer

Berikut ini adalah langkah-langkah merakit komputer sbb :

  1. Letakan komponen motherboard di atas tempat datar dan jangan lupa beri alas yang lembut agar komponen motherboard tidar tergores atau putus jalur komponennya.
  2. Kemudian kita pasang processor pada motherboard dengan cara membuka atau menarik penutup songket processor  Sebelum meletakkan procesor ke socket, kita lihat tanda titik/segitiga di sudut prosesor lalu cocokan tanda yang sama di socket motherboard, jika sudah terpasang dengan baik kunci kembali soket procesor tersebut. usahakan memasang komponen processor saat diluar casing agar memudahkan saat memasang dan tidak terjadi patah pada kaki-kaki processor. sebelumnya kita juga harus memperhatikan jenis processor apa yang akan digunakan di motherboard tersebut .
  3. Setelah itu lapisi atau oleskan Thermal Paste (pasta pendingin) di bagias atas prosesor yang akan di pasang heatsink.
  4. Selanjutnya pasang heatsink di atas processor , jangan lupa kunci heatsink agar tidak lepas/goyang , kemudian pasang kaber konektor ke port motherboard dan pastikan kembali processor dan heatsink terpasang baik.
  5. Setelah processor dan heatsink terpasang selanjutnya kita akan memasaang RAM dengan cara buka tuas pengunci , lalu sesuaikan posisi lekukan kosong yang berada di RAM dan Slot , kalau sudah pas maka masukan RAM kemudian tekan di ujung kanan-kiri sampai tuas pengunci RAM kembali menutup dan berbunyi “klik” tandanya RAM sudah terpasang dengan baik .
  6. Kemudian pasang Power Suply Unit ke dalam casing biasa di atas pojok atau di bawah tergantung model casing masing-masing lalu sesuaikan sekrup Power Suply dengan sekrup casing dan jangan lupa di baut menggunakan obeng +, pastikan power suply terpasang baik dan tidak mudah goyang .
  7. Selanjutnya kita akan memasang hardisk , letakan hardisk ke dalam casing dalam posisi berdiri lalu pasang hardisk pada casing dan kunci dengan baut agar tidak lepas. kemudian pasang semua kabel SATA dari motherboard ke Hardisk , kemudian Kabel Power Suply ke Hardisk sesuaikan dengan port .
  8. Setelah Harddisk kita akan memasang CD/DVD ROM , masukan CD/DVD ke dalam Casing lalu sesuaikan dengan posisi lubang baut , jika sudah sesuai maka baut dengan kencang dan pastikan CD/DVD terpasang dengan baik agar tidak jatuh .
  9. Memasang motherboard kedalam casing . dengan cara letakan motherboard kedalam casing kemudian sesuaikan lubang sekrup yang ada pada motherboard dan casing , kunci dengan baut menggunakan obeng plus , pastikan motherboard tidak goyang .
  10. Setelah itu pasang VGA Card , pastikan slot VGA Card ada lalu cocokan VGA dengan Slotnya kemudian tekan sampai terpasang dengan baik.
  11. Setelah semua komponen komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah merakit kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU, kabel Reset Kita cukup memperhatikan petunjuk yang ada di motherboard. Sebaiknya kita benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, karena ini merupakan salah satu yang paling penting dalam merakit komputer, jika kabel yang Anda hubungkan ternyata salah maka akan berakibat fatal. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yang lain, jadi kita tinggal mencocokkan saja dengan colokannya.
  12. Setelah semua selesai hanya tinggal memasang mouse dan keyboard di port panel dibelakang PC
  13. Dan langkah terakhir pasang monitor menggunakan kabel HDMI dari monitor ke PC . Selesai semua langkah dan PC siap di gunakan . Selanjutnya kita akan menginstal Windows dan Driver.

Cara Menginstal Sistem Operasi Windows 7

            Persiapan Sebelum Install  Windows 7

  1. Siapkan DVD Windows 7 terlebih dahulu, karena kita akan menginstall ulang
    windows 7 dari DVDROM.
  2. Backup data-data penting terlebih dahulu terutama yg ada di drive C karena drive C
    ini akan diformat.
  3. Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.

           Langkah-Langkah Menginstall Windows 7

Berikut ini adalah langkah-langkah Menginstall Windows 7 sbb :

  1. Nyalakan atau restart komputer kemudian tekan tombol DEL secara cepat sampai muncul tampilan BIOS pada layar monitor . biasanya untuk masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol DEL , F1 , F2 , F10 , F12 tergantung pengaturan motherboard .
  2. Jika berhasil masuk ke menu BIOS, pilih menu BOOT menggunakan tombol arah pada keyboard . Setting hingga First Boot nya menjadi CD-ROM Driver/DVD.
  3. Tekan F10 untuk menyimpan hasil setingan dan sekaligus keluar dari menu BIOS.
  4. Setelah keluar dari menu BIOS maka komputer akan merestart , ketika CD/DVD sudah terbaca maka tekan sembarang tombol untuk memulai menginstall.
  5. Klik Next pada pengaturan bahasa .
  6. Klik Install Now.
  7. Kemudian centang I Accept The License Terms , Kemudian Klik Next.
  8. Pilih Custom (Advanced).
  9. Pilih Drive mana yang akan di install windows biasanya drive C lalu klik Next.
  10. Proses Install sedang berlangsung .
  11. Setelah itu komputer akan mengrestart kembali tapi jangan tekan tombol apapun karna akan mengulang proses install dari awal .
  12. Persiapan komputer untuk pertama kali masuk setelah di install windows 7.
  13. Masukan nama pengguna dan nama komputer , kemudian Klik Next.
  14. Jika ingin mengisi pasword silahkan isi , jika tidak juga tidak apa-apa, Lalu Klik Next .
  15. Silakan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak mempunyai product key, anda bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial (30 hari). Selanjutnya pilih Next.
  16. Anda bisa memilih Use recommended settingsjika DVD windows 7 yang anda miliki original.Tetapi jika tidak, saya sangat menyarankan pilih Ask me later.
  17. Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih(UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu Next.
  18. Menunggu persiapan.
  19. Proses install ulang windows 7 sudah selesai anda sudah dapat menggunakan komputer seperti biasa.

 

Cara Menginstal Driver Pack Solution

            Persiapan Sebelum Install  Driver Pack Solution

  1. Siapkan Flashdisk Driver terlebih dahulu, karena kita akan menginstall Driver melalui Flashdisk..
  2. Setting BIOS agar booting dari Flashdisk.

Langkah-Langkah Install  Driver Pack Solution

Berikut ini adalah langkah-langkah Menginstall Driver Pack Solution sbb :

  1. Nyalakan atau restart komputer kemudian tekan tombol DEL secara cepat sampai muncul tampilan BIOS pada layar monitor . biasanya untuk masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol DEL , F1 , F2 , F10 , F12 tergantung pengaturan motherboard .
  2. Jika berhasil masuk ke menu BIOS, pilih menu BOOT menggunakan tombol arah pada keyboard . Setting hingga First Boot nya menjadi Flashdisk.
  3. Tekan F10 untuk menyimpan hasil setingan dan sekaligus keluar dari menu BIOS.
  4. Setelah keluar dari menu BIOS maka komputer akan merestart , ketika Flashdisk sudah terbaca maka tekan sembarang tombol untuk memulai menginstall.
  5. Langkah selanjutnya kita tunggu sampai Driver selesai menscan otomatis.
  6. Jika sudah Klik Install and Update.
  7. Selanjutnya Centang pada bagian Installer Driver. Tunggu sampai selesai.
  8. Jika sudah selesai PC akan meminta restart maka Klik Yes/Ok.
  9. Dan Driver sudah selesai di install.

 

Cara Menginstal Software Aplication

Persiapan Sebelum Install  Software Aplication

  1. Siapkan Flashdisk Software Aplication terlebih dahulu, karena kita akan menginstall Aplikasi melalui Flashdisk..

Langkah-Langkah Install  Driver Pack Solution

Berikut ini adalah langkah-langkah Menginstall Software Aplication sbb :

      a. Software Winrar

  1. Pertama pasang flashdisk ke komputer kemudian buka file di My Computer > Drive F (flashdisk/nama flashdisk) .
  2. Double Klik Winrar.exe , kemudian Klik Install.
  3. Pilih format yang anda ingin , centang semuanya dan kemudian klik OK.
  4. Selanjutnya pilih Done . Dan proses Install selesai.

      b. Software Microdoft Office 2007

  1. Double klik folder Microsoft Office 2007 , kemudian Klik Setup.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan Microsoft Office 2007 meminta product key/serial number . kemudian masukan product key biasanya ada di notepad folder microsoft office 2007.
  3. Setelah itu klik Continue dan kemudian centang I accept the terms of this agreement setelah itu klik Continue kembali.
  4. Kemudian akan muncul menu Choose the installation you want pilih “Install Now”. Proses berjalan harap tunggu sebentar .
  5. Setelah selesai klik Close dan Microsoft Office sudah dapat digunakan.

      c. Software Browser (Mozilla Firefox)

  1. Double klik mozilla.exe , kemudian klik Setup .
  2. Pilih Next.
  3. Selanjutnya pilih standard dan lalu klik Next.
  4. Kemudian kita pilih Install untuk melanjutkan menginstall. Tunggu sampai selesai.
  5. Selesai . Mozzila Firefox sudah dapat diguanakan.

      d. Software Anti Virus (Smadav)

  1. Double klik Smadav , kemudian klik Setup.
  2. Setelah itu akan muncul pilihan bahasa . Maka pilih bahasa indonesia atau bahasa yang akan kita gunakan , Klik Ok.
  3. Klik Next untuk melanjutkan menginstal .
  4. Pada tampilan persetujuan pilih Setuju dan Klik Next.
  5. Klik Next.
  6. Kemudian Klik Install . akan muncul tampilan loading.
  7. Setelah itu akan muncul tampilan mengakhiri pemasangan smadav , hilangkan centang pada “jalankan sekarang” dan klik Selesai.
  8. Dan proses install selesai

 

Hanya sampai disini artikel singkat saya semoga dapat membantu dan bermanfaat . Mohon maff jika ada bahasa yang kurang dimengerti karna ini artikel pertama saya dan saya masih berlajar , untuk pembaca silahkan tinggalkan komentar agar dapat memperbaiki segala kekurangan .

Terima Kasih …

Comments

comments

About anisa suraya

Anisa Suraya
If you can not be intelligent, be a good person .

Tutorial Lain

Penggunaan Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

Awal mula Aplikasi Google Drive diluncurkan hanyalah berfungsi sebagai tempat penyimpanan berkas anda agar dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *