Home / PHP / Cara Menjalankan Web Server Apache Melalui XAMPP Control Panel

Cara Menjalankan Web Server Apache Melalui XAMPP Control Panel

Untuk menjalankan file PHP, minimal yang harus kita miliki adalah browser, web server yang sudah terinstall dan file PHP itu sendiri. Langkah-langkah instalasi XAMPP yang sudah memaketkan Apache, MySql, PHP dan Pearl sudah kita bahas pada tutorial Cara menginstall XAMPP, kali ini akan kita lanjutkan pembahasan kita mengenai cara menjalankan web server apache melalui control XAMPP Control Panel.

Cara menjalankan web server Apache melalui Xampp Control Panel

Untuk membuka control panel XAMPP dengan cara klik tombol Start >> All Programs >> Xampp kemudian klik shortcut icon Xampp Control Panel.

Cara Menjalankan Web Server Apache

Tampilan XAMPP control panel seperti gambar dibawah.

Cara Menjalankan Web Server Apache, tampilan XAMPP Control Panel

Terdapat lima service yang dapat di jalankan pada  melalui Xampp Control Panel. Untuk menjalankan file PHP maka kita cukup menjalankan service Apache dengan klik tombol Start pada kolom action, atau jika hanya ingin menggunakan MySql saja maka cukup service MySql yang diaktifkan.

Beberapa service dapat dijalankan secara bersamaan, jadi jika XAMPP digunakan untuk membuat website yang terhubung dengan database MySql maka aktifkan service Apache dan MySql. Pada tutorial ini saya aktifkan service Apache dan MySql secara bersamaan. Hasilnya terlihat seperti gambar dibawah.

Cara Menjalankan Web Server Apache, Tampilan XAMPP Control panel setelah dijalankan Apache dan MySql

Penanda service yang aktif di XAMPP Control Panel terletak pada warna backgroud tulisan pada kolom module. Background tulisan berwarna hijau berarti servicenya aktif/jalan, otomatis tombol pada kolom action juga bertuliskan stop. Jika background tulisan berwarna merah, maka service yang diaktifkan bermasalah/tidak jalan.

Untuk memastikan service Apache sudah berjalan dengan semestinya maka silakan buka browser dan pada address bar ketikkan http://localhost, tampilannya akan seperti gambar dibawah.

Cara Menjalankan Web Server Apache, Tampilan Localhost

Berhubung kita baru selesai menginstall XAMPP dan pertama kali di buka maka yang tampil adalah halaman untuk pemilihan bahasa. XAMPP belum terdapat pilihan bahasa indonesia, jadi pilih bahasa inggris dengan cara klik tulisan English. Halaman selanjutnya akan diarahkan ke dashbboard XAMPP seperti gambar dibawah.

Cara Menjalankan Web Server Apache, Tampilan halaman Utama XAMPP

Pada menu halaman utama pada dashboard XAMPP kita dapat akses MySql versi GUI melalui link PhpMyadmin, atau juga dapat melihat informasi mengenai PHP yang di gunakan dari menu PHPinfo. Tampilan halaman PhpMyadmin seperti gambar berikut:

Demikian tutorial cara menjalankan service Apache melalui XAMPP Control Panel. Maka, selanjutnya kita sudah dapat menjalankan file PHP, cara menjalankan file PHP dapat di lihat pada tutorial cara menjalankan file PHP.

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data String dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data String dalam PHP

Setelah sebelumnya kita membahas cara penulisan tipe data double/float dalam PHP, maka lanjutan tutorial PHP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *