Home / PHP / Tutorial PHP: Cara Menjalankan File PHP

Tutorial PHP: Cara Menjalankan File PHP

Setelah pada tutorial sebelumnya kita membahas cara menginstall  dan menjalankan web server Apache menggunakan XAMPP Control Panel, maka kita sudah dapat menjalankan file PHP. Walaupun begitu, harus kita ketahui terlebih dahulu lokasi penyimpanan file PHP. File PHP tidak dapat di tempatkan di sembarang direktori, harus di simpan di root direktori website.

Root Direktori Website

Root direktori website merupakan direktori induk website ataupun lokasi folder tempat penyimpanan file website. Menggunakan XAMPP, letak root direktori website berada di folder htdocs. Pada tutorial ini, tadinya direktori instalasi XAMPP berada di drive C, maka root direktori website berada di C://xampp/htdocs.

Sebelum memulai belajar php maka buatkan terlebih dahulu sebuah folder untuk menyimpan semua file php dalam htdocs. Sebagai contoh, semua file php yang saya buatkan nantinya akan di tempatkan dalam folder itgeek susunan direktorinya seperti gambar dibawah

Cara menjalankan file PHP, Lokasi penyimpanan file

Cara menjalankan file PHP

Untuk menjalankan file PHP terlebih dahulu kita harus buatkan sebuah file yang berisi script/kode PHP. Pada tutorial pengenalan PHP sudah pernah kita bahas sintax dasar, cara menyimpan dan editor untuk tempat mengetikkan file PHP.

File PHP dapat diketikkan menggunkaan notepad ataupun editor lain. Pada contoh ini, saya menggunakan editor notepad++ yang dapat di download secara gratis di https://notepad-plus-plus.org . Notepad++ mempermudah kita dalam membaca dan menganalisa kode karena sudah disertai pewarnaan dan disertai nomor pada setiap baris kode.

Sekarang silakan buka editor anda dan ketikkan kode php dibawah:

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
        <title>Cara menjalankan file - ITGeek.id</title>
    </head>
  <body>
        <?php
        echo'hello world...selamat datang di ITGeek.'
        ?>
  </body>
</html>

Contoh diatas adalah kode/sintax PHP yang disisipkan dalam tag HTML. Kode PHP dimulai dari PHP pembuka <?php pada baris 7 dan penutup PHP pada baris 9. Kemudian pada baris 8, perintah echo untuk menampilkan tulisan hello world…selamat datang di ITgeek di browser.

Simpan kode diatas dengan nama latihan1.php dan tempatkan di folder yang sudah dipersiapkan sebelumnya di htdocs.

Untuk menjalankan file php maka terlebih dahulu buka xampp control panel, kemudian aktifkan service Apache. Lebih jelasnya cara menjalankan web server apache dapat dilihat pada tutorial sebelumnya yang berjudul cara menjalankan webserver apache.

Setelah mengaktifkan service apache, silakan buka browser(mozilla, internet explorer atau chrome) dan ketikkan di address bar http://localhost/nama_folder_web di address bar. Kalau seperti contoh ini tadi, nama folder web yang saya buat adalah itgeek maka alamatnya adalah http://localhost/itgeek/latihan1.php. Hasilnya seperti gambar di bawah:

Cara menjalankan file PHP

Demikian tutorial cara menjalankan file PHP, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tutorial selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut tentang aturan dasar penulisan kode PHP beserta komentar program yang di gunakan untuk memberikan keterangan pada baris-baris kode/program.

Comments

comments

About admin

admin

My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Tutorial PHP-Tipe data Boolean dalam PHP

Tutorial PHP: Tipe Data Boolean dalam PHP

Dalam pemrograman secara umum, tipe data Boolean sering digunakan untuk memfilter suatu statement, apakah diperbolehkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *