Home / PC/ Laptop / Cara Menginstall Windows 98 Menggunakan VirtualBox

Cara Menginstall Windows 98 Menggunakan VirtualBox

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan dalam menginstall win 98 dengan menggunakan virtualbox adalah siapkan software virtual box terlebih dahulu lalu buka software virtualbox lalu aturlah virtualbox, kemudian klik New. Tampilan akan tampak seperti pada gambar.

  1. Kemudian yang harus dilakukan adalah ketikkan nama windows, lalu pilih type dan pilih version win 98, setelah itu klik next.
  2. Setelah itu aturlah terlebih dahulu kapasitas memory dengan cara mencentang atau menarik tanda yang ada dipengaturan memory, dan dilanjutkan dengan klik next.
  3. Kemudian yang harus dilakukan adalah dengan memilih “Create New Disk” pada List Hard Drive. Lalu klik create.
  4. Tahap selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pilih VDI, biasanya terletak pada awal list Kemudian klik next.
  5. Kemudian tahap yang selanjutnya pilih Dynamically allocated, kemudian klik Next .
  6. Lalu yang selanjutnya pilih Lokasi dan Ukuran. Kemudian klik Create .
  7. Kemudian yang harus dilakukan adalah Klik “Mulai” atau start untuk memulai
  8. Kemudian Setelah diklik Start akan tampil gambar di bawah ini, pilih Host Drive nya, lalu klik Start

  1. Pilih “Drive CD/DVD ROM”. Lalu pilih direktori CD yang telah dimasukkan dalam CD Room di “Source Media”. Setelah itu untuk memulai instalasi Windows 98 (dalam VirtualBox) Pilih “Boot from CD-ROOM” kemudian untuk memilihnya tekan enter .
  2. Kemudian pilih Start Windows 98 Setup from CD-ROM atau tekan 1. Ketika muncul peringatan, berarti drive C belum dipartisi.
  3. Setelah itu tampil gambar seperti di bawah ini.

  1. Jika muncul tampilah seperti ini, ini tampilan tahap awal proses instalasi windows 98. Kemudian tekan Enter.

  1. Kemudian akan tampil gambar seperti berikut, setelah itu tekan Enter.

  1. kemudian pilih No, do not use large disk support. Kemudian tekan Enter untuk melanjutkan ketahap yang selanjutnya.
  2. Setelah itu, ada perintah untuk merestart komputer. Pilih “Restart Now” jika ingin langsung me-restart. Tekan Enter untuk melanjutkan (restart).
  3. Kemudian setelah komputer telah di restart maka akan muncul tampilan seperti ini, pilih atau tekan 2 dan kemudian tekan enter.

  1. Setelah itu akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini, tampilan dibawah ini adalah proses format hard disk (drive c).

  1. Kemudian ketika telah selesai proses format maka akan muncul tampilan gambar seperti berikut, lalu tekan Enter untuk melanjutkan ketahap yang selanjutnya.

  1. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, tampilan ini adalah tampilan untuk proses scan, tunggu saja sampai proses scan selesai (complete).

  1. Kemudian Setelah proses scan terpenuhi atau complete maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

  1. Kemudian jika scan telah selesai, jika muncul tampilan seperti di bawah ini, Klik Continue untuk melanjutkan. Tampilan ini adalah proses instalasi akan yang akan berlanjut ke tahap yang berikutnya.

  1. Selanjutnya setelah di klik continue maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, tunggu beberapa menit hingga proses complete (100%).

  1. Tahap yang selanjutnya adalah Select Directory lalu pilih C:\WINDOWS, kemudian klik Next.
  2. Kemudian Setelah di klik next maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yaitu proses preparing directory, tunggu hingga proses preparing directory selesai. Lalu klik Next.

  1. Setelah proses tersebut telah selesai. Kemudian akan muncul tampilan  yaitu proses Setup Option, pilih “Typical”, dan kemudian pilih “Next”.
  2. Kemudian setelah itu tampil Windows Components, pilih pilihan yang pertama atau klik seperti gambar di bawah ini. Lalu klik Next.

  1. Selanjutnya maka akan muncul tampilan berikut, tampilan ini adalah tampilan untuk proses start copying files. Kemudian klik Next untuk mulai proses copy.

  1. Tahap yang selanjutnya jika tampil gambar seperti berikut, maka tunggu file copy progress sampai selesai (100%).

  1. Setelah itu, ada perintah untuk merestart komputer. tunggu atau pilih perintah “Restart Now” jika ingin langsung me-restart.

  1. Setelah komputer telah di restart maka akan tampil gambar  seperti di bawah ini, tunggu  hingga proses tersebut  tampil microsoft Windows 98.

  1. Setelah di restart, maka akan muncul ada 2 kolom. Kolom pertama, masukkan nama , dan kolom kedua disuruh untuk memasukkan nama perusahaan anda. Karena kita masih mahasiswa, maka masukkan nama prodi atau nama kampus saja.

  1. Selanjutnya akan muncul tampilan License Agreement, lalu Pilih “I accept the Agreement dan kemudian klik atau pilih “Next”.
  2. Kemudian Masukkan “Product Key”nya. “Product Key”nya adalah : HQ6K2 QPC42 3HWDM BF4KJ W4XWJ. Setelah itu Klik Finish untuk melanjutkan starting windows 98. Setelah itu, Windows akan muncul Instal bar-nya. Setelah proses initializing driver selesai akan muncul tampilan perintah restart compter, Klik Restart Now.

  1. Ketika komputer telah hidup atau sudah menyala lagi, maka windows akan mendeteksi hardware yang sudah ada dalam PC. kemudian setelah itu akan muncul tampilan berikut, proses setting hardware and any Plug and Play device yang kita punya. . Setelah itu, Windows akan otomatis meminta identitas Isilah identitas dengan benar.

  1. Selanjutnya akan muncul  tampilan seperti dibawah ini yaitu tampilan pengaturan waktu. Pilih Time Zone nya seperti gambar di bawah ini, Kemudian klik Apply.

  1. Setelah itu atur tanggal dan waktu, lalu klik Apply. Kemudian setelah mengatur jam, maka akan muncul banyak istaler bar. Tunggu saja hingga selesai, sampai Windows meminta untuk merestart komputer. Kemudian Klik Restart Now.
  2. Setelah komputer sudah hidup atau menyala, Kosongkan saja untuk password, dan pilih “OK”.Tunggu sampai keluar ucapan selamat datang dari Windows dan Finish Windows 98 pun siap untuk digunakan atau dioperasikan.

Comments

comments

Tutorial Lain

Membuat Posisi Nomor Halaman Berbeda, Halaman Landscape Dan Portrait, Link Content(ebook) Dalam Dokumen Microsoft Word

Microsoft Word, sering diremehkan karena digunakan hanya untuk mengolah kata, tapi terkadang aplikasi ini sungguh …

Leave a Reply