Home / PC/ Laptop / Cara Menginstal Windows 10 Menggunakan DVD

Cara Menginstal Windows 10 Menggunakan DVD

Kali ini saya akan memberikan tata cara menginstal win10 (windows 10), sebelum nya saya sudah membuat tutorial winXp tapi itu sudah tidak zaman nya lagi ya gengs… sekarang kita anak teknologi harus update . Seperti yang sudah kita tahu semua kalangan tidak familiar lagi dengan nama nya sistem oprasi buatan microsoft ini mengundang perhatian kali kan gays dengan fitur nya.

Kalau menurut saya tampilan atau wajah win10 ini gabungan atau kolaborasi dari windows sebelum nya gengs yaitu win7 dan win8, dan cara menginstal nya juga sama dengan win8. Sebaiknya baca tutorial ini sampai habis ya agar tidak ada masalah di penginstalan nya .

Sebelum masuk dalam cara penginstalan ada yang perlu di perhatikan, di antara nya sebagai berikut:

  1. DVD instaler win10, karena tutorial ini menggunakan DVD ya.
  2. Booting pertama , ataur dulu boot device priority pada menu BIOS ya temen-teman.
  3. Jika menggunakan laptop siapkan charger agar tidak habis batrei ketika proses installasi nya ya.

#Cara setting Bios dari DVD

Seperti yang sudah saya kasi tahu kita atur BIOS agar booting nya melalui DVD, sebab default nya pasti melalui HDD setiap komputer/laptop, jadi kita ganti kayak langkah berikut ini:

  1. Reset komputer/laptop ,lalu tekan tombol DELETE sampai jumpa menu BIOS tidak semua komputer menggunakan tombol Del untuk masuk ke BIOS ada beberapa tombol yang sering juga di gunakan yaitu F1,F2 dan Fn+F2 tergantung manufacture nya, lalu tekan tobol kanan dan kiri, seperti gambar di bawah ini: 
  2. Seperti yang di liat HDD pada urutan pertama,menandakan booting pertama di lakukan dari HDD. Agar booting pertama di lakukan DVD maka pilih CD-ROM Drive kemudian geser menggunakan tombol +/- seperti di bawah :
  3. Lalu masukan DVD installer win10 ke CD-ROM kemudian tekan tombol F10 untuk perintah simpan dan keluar dan pilih YES.

    #Langkah Menginstal Win10

    Setelah berhasil setting ke BIOS, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstal win10

    1. Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi win 10, jika tidak menekan tombol sembarang maka akan masuk ke awal instalasi.
    2. Pilih format waktu indonesia, bahasa dan keybord jangan di ubah kalau di ubah tombol pada keybord mu akan berantakan. Lalu tekan NEXT. Dan tekan INSTAL NOW.

    3. Kemudian centang I accept the license terms, kemudian NEXT.

      1. Lalu pilih CUSTOM (instal keseluruhan), jika pilih UPGRADE maka hanya partisi C saja yang terhapus.

        1. jika ingin melakukan install ulang atau upgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua partisi yang anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).

        Nah, selanjutnya silakan buat partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, lalu pilih Next untuk melanjutkan. Dengan begitu, data-data pada partisi lain tetap aman (tidak terhapus). Lebih jelasnya, simak gambar  berikut ini :

        Bagi anda yang ingin install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, silakan lewati langkah nomor 6-10.

        1. Selanjutnya ruang HDD masih kosong(Unallocated Space). Untuk itu anda harus sesuai selera anda.
        2. Lalu pilih Darve 0 Unallocated Space lalu pilih “New”, tentukan jumlah partisi tersebut lalu pilih “Apply”. Untuk mengisi ruang/partisi C ukuran 100GB saja sudah cukup.
        3. Setelah system merespon , maka pilih saja “OK” untuk pembuatan system reserved partition
        4. Lalu ikuti langkah yang sama dari no 6 sampai 10 .
        5. Seperti yang telah kita lihat saya membuat dua partisi, selanjutnya pilih DRIVE 0 PARTITION 2 kegunaanya sebagai tempat instalansi. Lalu kita klik NEXT.
        6. Selanjutnya proses instalasi biasanya memakan waktu sekitar 30 menit. Jika dalam proses ini terjadi restart komputer/laptop nya berulangkali jangan khawatir di karenakan sebagian proses dari instalasi win10.
        7. Lalu masukan Product key wini10 , lalu pilih NEXT. Jika tidak mempunyai produk key maka plih saja DO THIS LATER anda bisa aktifkan nya nantik sehabis penginstalan.
        8. Selanjut nya klik USE EXPRESS SETTING.
        9. Lalu isi kan nama komputer anda dan password nya(jika perlu) Isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda pada kolom Password hint dan NEXT.
        10. Proses ini tidak memakan waktu banyak tunggu saja sampai destop anda seperti gambar di bawah ini:
        11. Dan instalali telah berhasil di lakukan ,berikut tampilan windows 10 yang kece badaiii…

          Sesudah berhasil menginstall windows 10, terus ngapain lagi yah gengs?

          Pastinya ada beberapa hal yang harus anda lakukan, misalkan menginstall antivirus, driver dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya anda bisa membacanya dibawah ini.

          Semoga berhasil yah menginstall windows 10nya. Bagi anda yang menemukan hambatan dalam proses instalasi windows 10, jangan sungkan-sungkan bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan. Saya senang sekali jika artikel yang saya tulis ini bermanfaat apalagi jika dibagikan kepada teman-teman anda.

Comments

comments

Tutorial Lain

Membuat Posisi Nomor Halaman Berbeda, Halaman Landscape Dan Portrait, Link Content(ebook) Dalam Dokumen Microsoft Word

Microsoft Word, sering diremehkan karena digunakan hanya untuk mengolah kata, tapi terkadang aplikasi ini sungguh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *