Home / Gadget / Android / Cara Menghapus dan Mencegah Agar Virus tidak Masuk ke Handphone Android

Cara Menghapus dan Mencegah Agar Virus tidak Masuk ke Handphone Android

Cara Menghapus Virus Pada Handphone Android

Berikut ini saya akan menyampaikan cara menghapus virus pada handphone android, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah Pertama

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu ponsel anda harus masuk ke mode aman (Safe Mode). Ini akan memungkinkan android anda beroperasi lebih ringan, di karenakan hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem. Lalu selanjutnya anda dapat menekan tombol daya untuk mengakses opsi mematikan. Kemudian tekan dan tahan matikan untuk membuka opsi untuk memulai ulang dalam mode aman. Jika hal tersebut tidak berfungsi dalam perangkat anda, maka anda harus buka Google ‘cara masuk [nama model handpone] ke mode aman. Cara masuk ke safe mode tiap handphone berbeda-beda, namun rata-rata adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan tombol Volume saat proses booting.Saat anda sudah berada dalam mode aman, anda akan melihat ‘Mode Aman’ di kiribawah layar handphone anda.

2. Langkah Kedua

Setelah berada dalam safe mode, silahkan anda cek aplikasi yang terinstal pada android anda. Caranya masuk ke Settings – Apps, kemudian pilih tab Downloader. Kemudian sistem akan menghilangkan sementara semua daftar aplikasi pihak ketiga di safe mode, tapi virus akan tetap terlihat karena virus termasuk dalam aplikasi pihak ketiga. Jika android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah anda install di android anda.

3. Langkah Ketiga

Jika anda menemukan aplikasi asing yang mencurigakan, makan anda harus menghapus aplikasi tersebut. Caranya yaitu klik aplikasi tersebut, kemudian klik Uninstall. Apabila saat menghapus virus di android anda mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di Uninstall, itu karena aplikasi tersebut telah memberikan akses administrator.

4. Langkah Keempat

Langkah ini yaitu menghapus akses administrator aplikasi asing. Saat anda menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada aplikasi asing tersebut, maka anda harus menghapus aksesnya. Dengan cara yaitu keluar dari Application settings, lalu masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Aplication Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, dan seharusnya anda sudah bisa menghapusnya.

5. Langkah Kelima

Langkah terakhir yang harus anda lakukan yaitu keluar dari safe mode (mode aman). Setelah anda tadi berhasil melakukan proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, maka selanjutnya anda tinggal keluar dari safe mode. Caranya yaitu dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

Cara Mencegah Agar Virus Tidak MAsuk ke Handpohe Android

Berikut ini saya akan memberikan tips-tips agar handphone android anda tidak terserang oleh virus atau aplikasi asing yang mencurigakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Lindungilah handphone android anda dengan perangkat lunak antivirus. Android anda pasti banyak menawarkan aplikasi perangkat lunak antivirus yang dapat anda unduh secara gratis.
  2. Masukkan PIN atau kata sandi atau pola pada handphone android anda dan biarkan terkunci saat tidak digunakan. Pada handphone android yang sekarang ini mungkin juga memiliki fitur fingerprint (sidik jari) atau kunci pengenal wajah anda untuk membukanya.
  3. Hindari situs-situs web yang mencurigakan saat menjelajahi internet di handphone anda. Virus dapat terinstall pada android handphone anda melalui situs web berbahaya. Jika anda menerima e-mail atau pesan teks tak terduga dengan tautan di dalamnya, janganlah sesekali anda untuk mengeklik tautan tersebut. Karena tautan tersebut dapat mengarahkan anda ke situs web yang terinfeksi oleh virus. Ini benar bahkan jika e-mail atau teks itu tampaknya berasal dari teman atau bisnis yang sah, seperti pengecer atau bank.
  4. Jika kita mengunduh aplikasi atau dokumen, unduhlah aplikasi atau dokumen tersebut yang berasal dari sumber terpercaya. Seperti pada toko aplikasi (Google Play) handphone anda masing-masing. Mengunduh aplikasi dari pihak ketiga dapat membahayakan handphon android anda, karena dapat saja sewaktu-waktu virus masuk.
  5. Hindari memodifikasi handphone android anda dengan cara yang tidak dimaksudkan oleh pabrikan. Modifikasi ini juga bisa disebut dengan jailbreaking mempermudah virus untuk masuk ke perangkat.
  6. Enkripsikan file dan data yang anda simpan di telepon. Beberapa telepon memiliki enkripsi data built-in yang melindungi data anda dari mata-mata. Enkripsi biasanya melindungi dokumen, kontak, kalender, file media, dan lampiran email. Ini juga berfungi untuk data-data yang di simpan di kartu memori handphone anda.
  7. Hindarkan menghubungkan handphone anda ke jaringan nirkabel yang tidak aman. Jaringan ini tidak memerlukan kata sandi untuk bergabung, jadi siapa saja pun bisa untuk terhubung ke perangkat anda dan menginfeksinya dengan virus tanpa anda ketahui.
  8. Lakukanlah pembaruan sistem secara teratur. Biasanya pengembang smartphone android selalu memperbaharui versi androidnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja smartphone agar dapat berjalan semestinya. Melakukan hal ini semua secara rutin dapat membantu smartphone anda agar terhindar dari bahaya virus.
  9. Hindari aplikasi yang membutuhkan akses data pribadi. Saat kita hendak menginstal aplikasi, pasti akan ada muncul notifikasi untuk konfirmasi akses apa saja yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang akan anda install tersebut meminta akses data pribadi anda atau sistem, maka batalkanlah untuk menginstalnya. Hal ini untuk mencegah agar smartphone anda tidak terinfeksi virus. Tetapi hal tersebut tidak berlaku jika kita akan menginstal aplikasi yang memang membutuhkan akses data sistem seperti aplikasi Root atau File Manager karena aplikasi tersebut memang membutuhkan akses khusus.

Itulah tadi beberapa tips dan cara mengatasi handphone Android anda agar tidak mudah terkena virus, dan juga cara menghapus virus yang sudah masuk ke dalam handphone Android anda.

Comments

comments

Tutorial Lain

Cloud Computing, Keamanan Cloud Computing : Manfaat, Risiko dan Kontrol

Cloud computing atau ‘komputasi awan’ menyajikan model baru untuk layanan teknologi informasi yang melibatkan jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *