Home / Tips dan Trik / Cara Menggunakan Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

Awal mula Aplikasi Google Drive diluncurkan hanyalah berfungsi sebagai tempat penyimpanan berkas anda agar dapat di akses di manapun.Setelah aplikasi Drive berkembang,barulah aplikasi Google Drive mengambil alih tugas Google Docs.Kini,fungsi aplikasi Google Drive adalah sebagai pusat pembuatan dokumen google,juga pusat peralatan perkantoran google.Anda pun kini bisa memasang app pada aplikasi google drive untuk memperluas kinerjanya.Berikut ini langkah-langkah untuk memaksimalkan kinerja Aplikasi Google Drive:

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah kunjungi https://www.google.com/drive/. Berikutnya akan tampil halaman penyambutan dari aplikasi google drive seperti gambar di bawah ini:

  1. Selanjutnya jika kita ingin langsung menggunakan aplikasi google drive,klik pada tombol Kunjungi Google Drive seperti yang terdapat pada gambar di atas tadi.
  2. Berikutnya akan muncul tampilan halaman login dari aplikasi google drive tadi,kemudian kita isikanlah username dan password dari akun google yang kita miliki dan selanjutnya klik “Kemudian” yang terdapat pada gambar.Seperti gambar di bawah ini:

  1. Setelah proses Login selesai,kita akan menjumpai halaman utama dari aplikasi Google Drive yang kita miliki,seperti gambar berikut ini:

B. MENGENAL MENU APLIKASI GOOGLE DRIVE

Agar dapat menggunakan aplikasi google drive dengan baik,kita perlu mengenal terlebih dahulu daftar menu dan toolbar yang terdapat didalam aplikasi google drive nya tersebut.Di bawah ini terdapat sebuah tabel yang berisi tentang fungsi dan kegunaan dari menu yang ada di dalam aplikasi google drive.

MENU KEGUNAAN
Baru / New Cara cepat menngunakan Google Drive
Drive Saya / My Drive Sebagai tempat penyimpanan file dan folder yang kita miliki
Dibagikan kepada saya / Share with me Tempat file dan folder yang dibagikan oleh orang lain kepada anda
Google foto Kumpulan gambar dan foto anda yang tersimpan di google foto
Terbaru / Recent Daftar file dan folder yang di akses terakhir kali
Berbintang / Starred Daftar file dan folder yang anda favoritkan
Sampah / Trash Tempat penampungan file-file yang telah kita hapus dari My Drive
79 KB of 15 GB used Estimasi penggunaan dan kapasitas tersisa dari Drive yang kita miliki.

C. CARA MENYIMPAN FILE DAN FOLDER DI APLIKASI GOOGLE DRIVE

Ada dua cara untuk menyimpan data melalui aplikasi google drive yaitu:Melalui tombol “BARU”  dan melalui icon My Drive yang terdapat pada bagian toolbar.Sebelum kita lanjut ke cara untuk menyimpan data melalui aplikasi google drive tersebut,alangkah baiknya kita mengenal dulu Beberapa pilihan yang akan membantu aktivitas kita diantaranya adalah:

Folder Digunakan untuk membuat folder baru
File upload Digunakan untuk mengupload atau mengunggah file dari komputer ke drive
Folder upload Digunakan untuk mengupload atau mengunggah folder dari komputer ke drive
Google Docs Digunakan untuk memulai aplikasi Google docs(Pengolahan Dokumen)
Google Sheets Digunakan untuk memulai aplikasi google sheets(pengolahan tabel dan angka)
Google Slides Digunakan untuk memulai aplikasi google slides(Pengolahan persentasi)

 

  • Kita dapat memulai drive dengan membuat folder baru atau mengupload (meletakkan) file dan folder dari komputer untuk disimpan ke dalam aplikasi google drive.
  • Untuk membuat Folder baru,klik pada New folder dan berilah nama folder sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Untuk mengupload file ,klik pada Upload files dan pilih file yang ingin anda letakkan dan simpan di dalam aplikasi google drive.
  • Sedangkan untuk mengupload Folder,klik Upload Folder.Cari dan pilih Folder yang berada di dalam komputer untuk diletakkan pada aplikasi google drive.

D. CARA MENGELOLA FILE DI APLIKASI GOOGLE DRIVE

Kita tidak perlu khawatir mengenai cara mengelola file pada aplikasi google drive.Aplikasi google drive memberi kita kontrol penuh untuk mengelola file atau folder yang telah tersimpan.Kita dapat mengelola file dan folder melalui My Drive.Lokasi My Drive diletakkan pada dua tempat berbeda yaitu satu pada bagian Toolbar dan satunya lagi terletak pada Menu.My Drive sama seperti Windows Explorer.Ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di dalamnya.Klik kanan pada salah satu file atau folder,maka kita akan menemukan menu lanjutan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kita seperti gambar di bawah ini:

 

Fungsi dan kegunaan dari menu yang terdapat di dalam My Drive dapat kita lihat pada tabel berikut ini:

Menu Kegunaan
Pratinjau / Priview Untuk melihat isi file
Buka dengan / Open with Untuk membuka file menggunakan aplikasi yang tersedia di drive
Bagikan / Share Untuk membagikan file dan folder pada orang lain yang diinginkan
Get shareable link Untuk mendapatkan link berbagi
Pindahkan ke / Move to Untuk memindahkan file
Beri Bintang / Add Star Untuk menambahkan file ke dalam daftar favorit
Ganti nama / Rename Untuk mengganti nama file,dan lain-lain.

 

E. CARA BERBAGI FILE DI APLIKASI GOOGLE DRIVE

Salah satu keunggulan dari aplikasi google drive adalah kemudahannya untuk berbagi file dengan orang lain yang kita inginkan.Berbagi file merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengirim file.Jadi jika kita ingin mengirim file,maka kita akan menggunakan fitur berbagi file.Terdapat dua cara berbagi file yaitu sebagai berikut:

  • Berbagi File melalui alamat e-mail

Untuk berbagi file melalui alamat e-mail,langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke menu My Drive pada aplikasi google drive.Pilih dan klik kanan pada file yang ingin kita bagikan.Berikutnya akan tampil daftar menu lanjutannya,mirip seperti context menu yang terdapat pada Windows Explorer.Untuk berbagi file,pilih dan klik menu share seperti gambar di bawah ini:

Setelah bagikan kita klik seperti yang di tunjuk oleh panah pada gambar atas maka akan tampil form isian.Masukkan nama atau alamat e-mail dari orang-orang yang kita inginkan.Kita juga dapat menambahkan pesan-pesan tertentu berkaitan dengan isi dan maksud kita membagikan file tersebut.

Pada langkah terakhirnya, kita dapat menambahkan atribut terhadap file yang ingin di bagikan. Apakah penerima nantinya diperbolehkan untuk mengedit ,memberi komentar atau hanya sekedar melihat isi dari file yang telah di bagikan tadi seperti gambar berikut ini:

  • Berbagi File melalui Link

Kita juga bisa berbagi file menggunakan Get shareable link, yaitu dengan menggunakan sebuah link yang nantinya dapat di bagikan kepada siapa saja yang diinginkan.Untuk menggunakannya, masuk ke dalam My Drive.Kemudian pilih dan klik kanan file yang ingin dibagikan,selanjutnya klik Get shareable link seperti gambar di bawah ini:

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikihow.com/Menggunakan-Google-Drive

Comments

comments

About Julia Yuone

Julia Yuone

Tutorial Lain

Mengunci Folder

Cara mengunci file penting dan rahasia di laptop tanpa software khusus

Komputer/laptop merupakan suatu alat elektornik yang paling banyak digunakan  khususnya dikalangan mahasiswa dan para pekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *