Home / Programming / CARA MENGGUNAKAN COREL DRAW

CARA MENGGUNAKAN COREL DRAW

 CARA MENGGUNAKAN COREL DRAW

Sebelum kita mengenal lebuh jauh tentang bagaimana cara menggunakan program aplikasih corel draw, tidak ada salahnya kalau kita tahu terlebih dahulu fungsi dari program aplikasi corel draw. Pada dasarnya corel draw adalah salah satu program yang berguna untuk membuat berbagai desai gambar.

Dengan menggunakan Corel Draw kita bisa membuat  gambar kita memjadi lebih bagus dan menarik untuk kita lihat. Solusinya supaya  mudah dalam melakukan edit ganmbar racbitmap adalah merubahnya menjadi vektor dengan menggunakan corel trace yang sudah jadi satu paket dengan program corel draw .

Harus kita ketahui juga agar corel draw bisa  berjalan  dengan baik , kebutuhan perangkat pun harus kita perhatikan sebelum menginstalnya ke komputer atau  laptop kita, untuk bisa mengingstal corel draw x4 atau yang lainnya di butuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang minimum.

Cara mengedit gambar dengan COREL DRAW.

Langkah-langkah mengedit gambar menggunakan corel draw :

  1. Kita buka aplikasih corel draw yang  kita punya .
  2. Kita klik (Ctrl+N ) untuk membuat lembar kerja baru pada corel draw.
  3. Drag  gambar bitmap baik berupa format  JPG,PNG,GIF,BMP dan lain sebagainya ke area lembar kerja corel draw.

Cara lain : kita klik menu file import (Ctrl+I) pilih gambar bitmapnya klik import.

  • Karna ini adalah momen keluarga, kita akan merubah bitmap seperti gambar yang kita pilih menjadi vektor . Tujuan dari perubahan ini adalah kita akan mengambil gambar yang akan kita jadikan sebuah desain.
  • Setelah gambar siap di area lembar kerja corel draw , klik gambar , klik trace bitmap. Di sana ada beberapa pilihan , seperti line art, logo, clipart, dan lain sebagainya , kita akan memilih clipart.
  • Kita klik untuk melihat gambar.
  • Pada kotak dialog yang di tampilkan pilih pengaturan yang ada di sisi sebelah kanan sesuai kebutuhan . misalnya smoothing, detail, color mode. Untuk color mode , jika kita menginginkan hasil dari perubahan bitmap vektor tersebut nantinya akan di publikasikan ke web ,pilih RGB. Atau untuk di cetak pilih CMBK atau black and white. Semua pengaturan ini bisa kita coba  dan terapkan satu persatu dan pilih mana yang tepat sesuai kebutuhan kita. Pengaturannya bisa di lihat pada gambar berikut.
  • Kita klik untuk melihat gambar.
  • Setelah selesai, kita klik OK. Maka akan muncul objek hasil vektor dari gambar bitmap . buang bitmapnya karna sudah tidak kita perlukan lagi .
  • Dengan perubahan dari bitmap ke vektor ini , maka objek gambar tersebut sekarang sudah bebas dari di edit , misalnya dikasih warna sesuai keinginan kita . Kalau objek bitmap kan warnanya tidak bisa di ubah-ubah dengan corel draw.

Dan dalam corel draw tidak hanya mengedit gambar bisa saja kita beri tulisan pada gambar yang kita buat .

Langkah-langkah untuk menambahkan tulisan pada gambar melalui aplikasih corel draw

  1. Buka corel draw yang kita punya ,
  2. Kita klik (Ctrl+N ) untuk membuat lembar kerja baru pada corel draw.
  3. kita klik menu file import (Ctrl+I) pilih gambar  klik import.
  4. Bisa kita klik adjustmen , klik levels untuk mengatur terangnya warna yang kita inginkan .
  5. Klik shapes untuk meletakan tulisan agar gambar bisa bisa lebih menarik , beri efek transparansi .
  6. Lalu kita beri tulisan apa yang kita inginkan .
  7. Beri warna pada tulisan yang kita buat tadi.
  8. Untuk mempercantik tulisan lagi kita beri efek sroke pada tulisan.

Caranya : kita klik Blending Options , lalu klik stroke , atur warna yang kita inginkan, ketebalan level bisa kita atur , lalu kita klik ok.

Untuk membuat desain loga dengan menggunakan corel draw

Langkah-langkah membuat desain logo:

  1. Buka corel draw yang kita punya ,
  2. Kita klik (Ctrl+N ) untuk membuat lembar kerja baru pada corel draw.
  3. Kita pilih Polygon Tool (y) pada toolbox, kemudian buat lah objek segi enam. Untuk membuat ojek persegi enam dengan menggunakan Polygon Tool atur number of points menjadi 6 , kemudian agar bentuknya sama rata sisinya tekan shift pada setiap bagian objek.
  4. Kita  pilih  menu arrange, Transformations, scale. Lalu atur nilai scale H dan V menjadi sesuai keinginan kita, klik apply.
  5. Blok kedua objek tadi kemudian klik Trim.
  6. Kemudian pilih Rectangle Tool F6 lalu buatlah objek persegi panjang di sisi pinggir kiri objek pertama tadi.
  7. Pilih polygon tool (Y), atau nilai numer of point menjadi 3 kemudian buatlah objek segitiga. Lalu rotate 90 derajat objek yang kita buat tadi, letakkan di posisi kanan tengah objek yang pertama kali kita buat tadi.
  8. Kemudian buat objek persegi enam lagi dengan ukuran yang lebih kecilkemudian letakkan di posisi tengah objek yang sebelumnya. Kemudian blok kedua objek lalu klik tombol Shaping Tool Weld.
  9. Lalu kita beri warna pada bagian desain yang kita buat tadi dengan warna yg berbeda.
  10. Langkah selanjutnya kita pilih Freehand Tool(f5), kemudian buatlah garis singgung pada sudut objek yang kita buat.
  11. Kita pilih Smart Fill Tool, kemudian warnai garis singgung yang kita buat tadi dengan Freehand Tool, bisa kita buat dengan warnah merah.
  12. Kemudian buat efek transparansi tipe linear pada objek berwarna merah yang tadi kita buat.
  13. Selanjutnya pada objek segi enam yang ditengah tadi , buatlah garis singgung yang pertama kali kita buat tadi.
  14. Sekarang kita tinggal membuat teks nama logo yang tadi kita buat , teks bisa di buat dengan keinginan kita  seperti  contohnya “INDONESIA” dengan menggunakann jenis font yang menarik.
  15. Dan yang terakhir kita tinggal menambahkan background kita bisa menggunakan Rectangle Tool (F5) lalu buat warna radial dengan menggunakan Interactive Fill(G).

Comments

comments

Tutorial Lain

Membuat Database, Tabel Berelasi dan View di SQL Server 2010 - form connect to server-

Membuat Database, Tabel Berelasi dan View di SQL Server

Sebelum membuat Aplikasi yang terkoneksi dengan database menggunakan Visual Basic, seperti pada tutorial Membuat Laporan …

Leave a Reply