Home / Tips dan Trik / Cara Mengatasi Masalah Restart dan Shutdown Pada Windows 8

Cara Mengatasi Masalah Restart dan Shutdown Pada Windows 8

Pengguna OS Windows 8 banyak yang mengeluhkan mengenai masalah restart dan shutdown. Terkadang komputer bisa restart dengan sendirinya ketika layar login muncul dan komputer juga sering hang(tidak respon) ketika mau di shutdown ataupun saat komputer akan dimatikan. Sebenarnya masalah restart dan shudown ini dapat terjadi karena fitur baru yang terdapat di windows 8 yaitu Hybrid Shutdown.

Fitur Hybrid shutdown ini berfungsi mengurangi waktu startup windows dengan menghibernate sesi kernel, sehingga dengan cara ini diharapkan dapat mengurangi waktu windows untuk melanjutkan dari sesi hibernate jadi berkurang dibandingkan harus memuat lagi inisialisasi sistem secara lengkap. Tetapi fitur baru ini menyebabkan masalah untuk beberapa sistem komputer.

Nah, jika anda menghadapi masalah dalam hal restart dan shutdown pada windows 8, silakan nonaktifkan fitur hybrid shutdown dan melakukan shutdown komplit. Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  • Masuk ke Desktop, kemudian pindahkan kursor ke pojok kanan atas untuk mengakses Bar Charms baru. Klik pada opsi Pencarian dan ketikkan “power” di kotak pencarian.
  • Klik pada link Settings yang terdapat pada kanan sidebar halaman hasil pencarian, kemudian klik pada link “Change what the power buttons do”, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
  • Ini akan membuka jendela Power Options. Cara lain dapat dengan mengetikkan powercfg.cpl melalui menu RUN dan tekan Enter, kemudian klik pada link “Change what the power buttons do” yang diberikan di sidebar kiri.
  • Scroll ke bawah lalu lihat opsi “Turn on fast startup (recommended)” yang diberikan dalam bagian System Shutdown Settings seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
  • Nonaktifkan opsi ini dengan menghilangkan centangan dan kemudian klik tombol “Save Changes”. Jika opsi tersebut tidak ditampilkan atau tidak dapat di klik, scroll ke atas dan klik link “Change settings that are currently unavailable”.
  • Selesai, restart komputer anda dan masalah seharusnya sudah teratasi .

Tambahan, jika cara di atas tidak mengatasi masalah restart dan shutdown pada Windows 8, anda dapat mencoba untuk menjalankan perintah berikut ini di Command Prompt. Buka Command Prompt sebagai Administrator, kemudian ketikkan :

bcdedit /set disabledynamictick yes

Demikian tips singkatnya mengenai Cara Mengatasi Masalah Restart dan Shutdown Pada Windows 8. Semoga bermanfaat

Comments

comments

About admin

admin
My mission in life is not merely to survive, but to thrive; and to do so with some passion, some compassion and some humor.

Tutorial Lain

Cara Mengamankan Data Pada Komputer atau Laptop

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer dan laptop adalah tempat dimana banyak sekali untuk menyimpan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inline
Inline