Home / Internet / Cara menangani komputer yang tidak bisa akses internet

Cara menangani komputer yang tidak bisa akses internet

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah terhadap jaringan internet, karena tidak dapat terhubung ke internet. Sebagian besar orang juga kesal karena komputer tidak dapat mengakses internet tetapi tidak untuk orang yang punya skill di jaringan komputer. Diantaranya dikarenakan beberapa permasalahan-permasalahan yang terjadi pada komputer kita sendiri termasuk konfigurasi atau settingan pada jaringan internet kita. Dalam kesempatan ini saya akan membahas beberapa cara menangani komputer/PC yang tidak dapat mengakses jaringan internet. Semoga bisa membantu.

  1. Status “Connected” tetapi tidak bisa terhubung

Gambar diatas menunjukkan bahwa status jaringan terhubung(Connected) tetapi tidak bisa terhubung ke internet(No Internet Access). Status tersebut sebenarnya sudah menunjukkan bahwa kita sudah terhubung ke dalam internet. Namun, komputer belum dapat mengakses ke dalam internet. Maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Buka Web Browser. Chrome, Mozilla Firefox, dan Internet Explorer anda bisa coba salah satu browser. Kemudian, cobalah untuk mengakses beberapa situs web seperti google.com, www.yahoo.com, atau www.msn.com. Apabila dapat membuka salah satu situs web tetapi tidak bisa membuka yang lainnya, hal tersebut menunjukkan bahwa jaringan internet kita baik-baik saja. Permasalahannya hanya terdapat pada Internet Service Provider(ISP) atau Penyedia Layanan Internet.
  • Apabila sama sekali tidak terhubung ke semua situs web. Lakukan langkah kedua yaitu dengan melepaskan sambungan modem ke line telepon, kemudian tunggu beberapa saat lalu pasangkan kembali. Lakukan kembali untuk mengakses internet dengan membuka situs web.
  • Apabila terhubung ke media wireless, lakukanlah untuk melepas kabel WAN pada Access Point, dan pasangkan kembali setelah beberapa saat. Dan lakukan kembali untuk membuka situs web. Selanjutnya, anda coba untukmerestart komputer anda.
  • Apabila belum terhubung juga, cobalah menghubungi pihak ISP(Internet Service Provider) untuk meminta bantuan.

2. Status NIC atau Wireless adapter masih Disabled

Sebelum masuk ke pembahasan, mungkin sebagian orang masih banyak yang belum tahu apa itu NIC. NIC (Network Interface Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

Gambar diatas menunjukkan bahwa terdapat sgambar berwarna buram abu-abu yang berarti status wireless masih disable, maka segera enable-kan dengan meng-klik kanan pilih Enable.

            Ada hal yang lebih penting yaitu adalah LAN Card anda belum terinstal dengan benar. Apabila hanya terdisable anda hanya perlu meng-enablekannya kembali seperti gambar di atas, namun apabila belum terinstal dengan benar, maka anda akan membutuhkan CD driver LAN card untuk bisa mengaktifkannya. Untuk melihat dan mengecek apakah ada yang belum terinstal dengan benar, klik kanan pada Computer> pilih Manage> masuk ke Device Manager dan lihat apakah ada masalah pada Network Adapters.

Seperti gambar di atas adalah masalah karena salah satu Network Adapters belum ter-enable.

  1. Terjadinya IP Conflict

Dalam kondisi ini IP Conflict kemungkinan anda sebagai pengguna tidak dapat terhubung ke internet. Alasannya sederhana, memungkinkan penggunannya tidak memiliki akses atau sambungan terhadap IP Conflict ini yang tidak dapat anda gunakan. IP Conflict ini termasuk masalah yang cukup umum terjadi, namun terbilang nyata dan benar-benar mengganggu kenyamanan penggunanya. Apabila terjadi masalah alamat IP terhadap dua atau lebih komputer/device, kemungkinan hanya satu saja yang dapat terhubung ke internet yang lainnya tidak terhubung sama sekali.

            Sebenarnya IP Conflict terbilang unik karena merupakan tanda pengenal dalam sebuah jaringan. Oleh sebab itu, alamat IP (IP address) tidak boleh ada yang sama. Dan biasanya, IP Conflict ini terjadi pada jaringan LAN (Local Area Network). Pada setiap perangkat yang memiliki support IP Adress berpotensi mengalami IP Conflict dengan perangkat lainnya dalam satu jaringan.

            Seperti yang kita ketahui untuk penamaan IP Address (Alamat IP) terbagi dua yaitu IP Statis dan IP dinamis. Untuk IP Statis yang anda lakukan pasti mengisi dengan cara manual, dan sedangkan untuk IP Dinamis adalah IP yang sudah terkonfigurasi secara otomatis, biasanya bersifat sementara dan akan bekerja apabila terhubung ke router yang memiliki layanan DHCP Server.

            Untuk mengatasi masalah pada IP Conflict, kita dapat melihat apakah benar ada IP yang sama dengan memilih PC kita atau tidak. Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke cmd dengan cara tekan tombol Windows + R.

Dan anda lihat gambar di bawah ini, apabila memang benar adanya alamat IP yang sama anda harus segera menggantinya.

Cara menggantinya mudah yaitu masuk ke Windows Explorer lalu klik kanan pada Network.

Kemudian pilih Properties dan akan muncul jendela baru. Lalu, pilih Change Adapter Settings.

Anda akan masuk ke LAN setting, selanjutnya anda pilih jaringan yang akan anda gunakan. Klik kanan pada jaringan tersebut dan pilih Properties.

Selanjutnya akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Kemudian, anda pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) lalu anda pilih Properties.

Anda akan melihat tampilan di bawah ini.

Selanjutnya anda hanya tinggal mengganti IP Address tersebut menjadi IP yang baru, sehingga alamat IP tidak ada yang sama atau untuk lebih mudahnya, anda bisa langsung meminta ke server dengan memilih Obtain an IP Address Automatically.

  1. Limited or No Connectivity Status

Limited or No Connectivity Status pada dasarnya kondisi ini tidak ada masalah pada komputer anda, koneksi antara router dan modem bahkan berjalan dengan baik, namun kemungkinan ini terjadi dikarenakan konfigurasi pada wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP pada router yang tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet (Apabila pihak Internet Service Provider (ISP) memberikan layanan DHCP kepada clients).

Limited or No Connectivity Status ini disebabkan masalah yang berbeda termasuk gagalnya terhubung ke internet, kemudian wireless router atau wireless adapter tidak terkonfigure dengan baik. Beberapa hal dibawah ini menjelaskan cara mengatasi jaringan Limited or No Connectivity:

  • Klik kanan adapter lalu pilih Repair. Cek kembali apakah koneksi berjalan dengan normal atau masih limitted access. Langkah ini menunjukkan cara untuk mendapatkan IP Address dari DHCP Server.
  • Buka Properties TCP/IP dari addapter dan pastikan bahwa TCP/IP sudah terkonfigure pada Obtain IP Address Automatically.
  • Putuskan Koneksi ke Modem, tunggu sesaat dan koneksikan kembali.
  • Apabila wireless router terpisah dengan modem, coba anda disconnected. Tunggu beberapa saat lalu koneksikan kembali.
  • Cobalah untuk merestart komputer anda.
  • Apabila masih status Limitted Access, anda coba lihat konfigurasi routernya atau konfigurasi pada DHCP sudah enabled.
  • Coba restart kembali komputer anda. Apanila masih status limitted access, dan apabila wireless komputer dan modem terpisah, cobalah anda putuskan koneksi modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke modem. Lakukan kembali dalam merestart komputer anda dan selanjutnya anda cek apakah statusnya sudah berubah.
  • Apabila masih status limitted access, silahkan hubungi pihak Internet Service Provider (ISP) anda. Status tersebut menunjukkan bahwa adanya DHCP yang gagal fungsi dan tidak bisa memberikan IP Address ke clients. Pihak ISP biasanya memberikan konfigurasi DHCP ke clients.
  1. Kabel terputus atau lepas (Network Cable Unplugged)

            Status kabel jaringan terputus, seperti namanya kondisi ini dimana koneksi kabel terlepas, dan tidak adanya koneksi pada router/modem.

Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  • Lakukan pengecekan terhadap kabel yang mungkin terlepas pada port adapter/NIC apabila terlepas segera pasangkan kembali.
  • Apabila kabel jaringan tersebut sudah terpasang tetapi kita tidak dapat terhubung ke internet, maka anda yang anda lakukan cabut kabel jaringan tersebut dan pasangkan ke port yang lain pada router/switch.
  • Apabila belum terhubung juga ke internet, gantilah kabel jaringannya kemungkinan kabel tersebut telah rusak.
  • Apabila masih tetap tidak terhubung, hal ini memungkinkan kerusakan terjadi pada Network Adapter gantilah dengan Network Adapter yang lain.
  1. Tidak adanya koneksi dari Wireless Adapter ke Wireless Network

            Biasanya hal ini sering terjadi pada koneksi wireless adapter yang terputus pada jaringan wireless. Ada dua kemungkinan, wireless adapter tidak dapat terhubung ke wireless network, atau koneksi wireless intermittend (Jaringan tidak stabil). Langkahnya sebagai berikut:

  • Lakukan pengecekan pada status perangkat wireless yang ada pada windows, hal ini bertujuan untuk memastikan wireless tersebut dalam keadaan aktif.
  • Cobalah untuk melakukan pencarian sinyal hotspot area. Terutama kawasan pada jaringan Wi-fi.

 

7.) Ikon pada Local Area Connection tidak muncul pada network connection di Control Panel

Sebagian besar orang pasti masih banyak yang tidak tahu apa penyebab masalah seperti ini tentunya saya akan memberikan penjelasan yaitu langkahnya sebagai berikut:

  • Drivernya belum terinstall, maka membutuhkan CD Driver untuk menginstallnya. Harus sesuai dengan kartu jaringannya.
  • Pemasangan kartu jaringannya kurang baik, sebaiknya anda periksa kartu jaringan yang terpasang.
  • Ada kemungkinan slot kartu PCI kotor dan rusak, anda bersihkan dan perbaiki kartu slotnya.
  • Jika rusak lebih baik anda ganti yang baru kartu jaringannya.

 

  1. Tidak bisa login dalam jaringan (Tidak terhubungnya koneksi internet)

Setiap orang yang membutuhkan akses internet, pasti memerlukan admin untuk bisa berselancar internet. Hal seperti ini biasa terjadi pada lokasi yang Hotspot  area yang membutuhkan akses dari admin. Berikut penjelasannya.

Tidak bisa ke dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses internet secara keseluruhan. Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan dibatasi oleh mikrotik, mintalah admin untuk mendaftar physical address komputer yang dipakai atau meminta untuk dibuatkan account.

Demikianlah penjelasan dari saya bagaimana cara mengatasi atau menangani komputer yang tidak dapat akses internet. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan. Marilah kita semua belajar bersama untuk mencari ilmu dan saling membagikannya. Semoga bisa bermanfaat buat semuanya. Sekian dan Terima Kasih…. ☺️

 

 

Comments

comments

About Muhammad Rizky Ananda

Muhammad Rizky Ananda
Manusia itu kuat karena mampu merubah dirinya sendiri.

Tutorial Lain

Tips Dan Trik Mengetahui Kerusakan Pada Laptop

Kerusakan yang Sering terjadi Pada Laptop atau Notebook dan cara memperbaikinya Bila terjadi kerusakan pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *