Home / Tutorial / Cara membuat gambar meja 3D dengan CorelDraw

Cara membuat gambar meja 3D dengan CorelDraw

Anda pasti pernah mendengar Corel Draw, yups.. aplikasi ini dapat membuat banyak cara untuk mendisain gambar, lukisan, dan foto. Kali ini kita akan mencoba cara membuat gambar 3D dengan Corel Draw. Tidak sulit untuk membuatnya jika mengerti apa2 saja menu-menu dalam corel draw.

Kali ini kita akan membuat cara menggambar meja 3D. Ok mari langsung kita mencobanya.

Pertama sekali pastikan  kamu  membuka Corel Draw. J

Selanjutnya:

Langkah 1:

Pertama-tama, buatlah kotak persegi panjang dengan Rectangle Tool (F6) pada Toolbox (di sebelah kiri). Buatlah dengan ukuran sesuai yang kamu inginkan. *tips: Lihat apakah cocok panjang dan lebar ya, jika kamu ingin bentuk persegi panjang yg berukuran atau jenis yg lain , ada di menu layout. Dan pilih macam bentuk dan warna yg kamu inginkan.

Langkah 2:

Buatlah supaya menjadi 2 bagian atau gandakan gambar pada langkah 1 dengan copy paste atau menekan + (plus) pada keyboard. Atur panjang, pendek dan letak vertikal horizontalnya menjadi seperti gambar di bawah ini. Setelah itu select semua objek dan klik Combine pada Property Bar untuk menggambungkan objek menjadi satu dan mempercepat proses efek Extrude.

Gambar 1

Langkah 3:

Pada Toolbox yang terletak di sebelah kiri layar, pilih opsi Extrude Tool kemudian arahkan pointer pada objek yang sebelumnya telah di-combine, geser keatas atau kebawah untuk menginginkan gambar yg sesuai dengan meja, ikuti panah yg mengatur arah panjang dan tinggi. dan hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

Gambar 2.

Langkah 4: Setelah itu kamu pisahkan objek hasil efek Extrude dengan menekan opsi Arrange —> Break Extrude Group Apart, di Menu Bar. Disamping arrange banyak juga menu seperti affect yg di dalam ya ada Adjustberfungsi untuk mengganti warna, Transform, dll dan bitmaps yg pilihannya ada convert to bitmap berfunsi untuk merubah objek menjadi bentuk gambar, bitmap color mask berfungsi untuk memberi kombinasi warna pada objek dll. Dan masih banyak lagi pilihan dan fungsi dalam menu Bar pada corel draw.

Setelah semua bagian terpisahkan, select all objek. Pilih Ungroup (Ctrl+U) pada Property Bar agar semua objek benar-benar terpisah sehingga mempermudah proses pewarnaan.

Langkah 5: Selanjutnya kita akan ke bagian pewarnaan, untuk mewarnai gambar agar tampak nyata kita akan menggunakan Pattern Fill yang merupakan sub menu dari Fill Tool. Di sub menu dari fill toll ada banyak menu di dalam ya salah ada Texture Fill, untuk menerapkan preset texture Fill pada objek untuk menciptakan ilusi dari berbagai tekstur, seperti air, awan dan batu. Tapi kita memilih  pada kotak dialog pilih sub menu pattern fill yang diinginkan. Usahakan untuk memilih pattern kayu agar gambar kamu tampak menyerupai aslinya. Sesuai dengan warna kayu atau pun warna pohon

Langkah 6:

Mungkin ada beberapa wana yg tidak tersimpan di menu pattern, atau tekstur kayu (wood) tidak ada secara default, maka kamu dapat meng-upload tekstur kayu sendiri, caranya :

Setelah langkah ke 5, di kotak dialog pilih Bitmap kemudian klik tombol Load.



Di sana akan muncul kotak perintah import yang isinya file dan folder pada komputer kita.

Klik OK maka Pattern akan mengisi objek yang telah kita select.

Dengan Interaktif Fill Tool atur posisi pattern sesuai dengan keinginan. Lakukan juga dengan objek-objek yang lain yg memang cocol untuk setiap bagian meja nya. Untuk objek pintu dan tepian meja kamu bisa memberi warna lain sesuai dengan keinginan.

Pilih di sub menu ada interactive fill tool mengatur posisi basar dan luas warnanya.

Di pilihan sub menu ya ada juga Fill Options di Property bar dll yg dapat di gunakan untuk mewarnai juga dan dapat di sesuai kan untuk meja dan lainya.

Dan terkhir, hasil akhir akan terlihat seperti ini. kamu bisa menambahkan aksesoris seperti buku atau lampu untuk mempercantik mejamu. Kamu juga dapat menambah kan kursi jika kamu mau, dan bisa kita buat sama seperi kita membuat meja tersebut.

Untuk menmbah kan aksesoris ya kamu dapat memilih di insert character. Lihat dan pilih gambar yg sesuai untuk aksesoris di atas meja seperti buku dan lampu belajar.

Seperti pada gambar di bawah.

Ada juga pilihan warna dan pilih sesuai dengan warna yg diinginkan. Arur size sesuai dengan buku di atas meja tersebut di character size. Dan buat juga untuk lampunya, Setelah itu insert atau ok.

Gambar pilihan untuk aksesoris meja.

Setelah itu taruh di tempat yg sesuai di atas meja tersebut, jika masih ada yg harus di tambah lakukan seperti yg di ata lagi. Terkahir maka hasil ya akan seperti ini:

Maka seperti ini lah hasil dari Cara membuat meja 3D dengan Corel Draw. Ini adalah salah satu contoh yg tidak terlalu sulit untuk membuat gambar 3 demensi. Sama juga pembuat ya untuk membuat kartun atau animasi 3D. Ok.. sekian dulu untuk pembelajaran kita x ini. Semoga bermanfaat, Tarima kasih.

Comments

comments

Tutorial Lain

Membuat Posisi Nomor Halaman Berbeda, Halaman Landscape Dan Portrait, Link Content(ebook) Dalam Dokumen Microsoft Word

Microsoft Word, sering diremehkan karena digunakan hanya untuk mengolah kata, tapi terkadang aplikasi ini sungguh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *