Home / PC/ Laptop / Cara Membeli Dan Memilih Laptop Berkualitas Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara Membeli Dan Memilih Laptop Berkualitas Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara membeli laptop yang sesuai dengan keinginan dan memilih laptop yang berkualitas tentu sangat membingungkan, apalagi terkadang bagi orang awam yang sebagian besar hanya memerlukan laptop untuk mengetik, bermain game, atau sekedar mencari informasi lewat internet. Nah, disini Saya sengaja menulis artikel ini agar kita sebagai pemakai (user) dapat mengerti bagaimana kualitas laptop yang ingin kita beli dan pilih sesuai kebutuhan sehari-hari.

Karena dalam membeli dan memilih laptop tidak hanya fisik yang menarik ataupun harganya yang murah, melainkan juga harus pas dengan kebutuhan yang kita inginkan, pas dalam kenyamanan saat memakai, pas dalam pemakaian yang sesuai keinginan kita maksudnya disini berarti jika kita hanya menggunakan laptop untuk sekedar mengerjakan pekerjaan sekolah ataupun kantor yang sebagian besar hanya untuk mengetik laporan atau mencari informasi lewat internet kita bisa membeli laptop yang berspesifikasi menengah saja karena selain pas di kantong tentu pemakaian laptop yang berspesifikasi menengah akan lebih mudah digunakan untuk pemakai (user).

Sebelum Saya masuk dalam materi, Saya ingin memberitahu mengenai perbedaan Netbook, Notebook, dan juga Laptop. Sebagian besar dari kita terkadang beranggapan bahwa Netbook dan Notebook itu sama, padahal spesifikasi antara Netbook dan Notebook masih jauh berbeda.

Netbook mempunyai ukuran layar berkisar antara 6-13 inchi, dan dari Netbook itu sendiri tentunya tidak memiliki spesifikasi yang tinggi, karena biasanya Netbook hanya mempunyai processor kelas menengah ke bawah, dan juga ciri-ciri khusus lain yang dimiliki Netbook itu sendiri adalah tidak mempunyai DVD-ROM.

Notebook sendiri mempunyai ukuran layar berkisar antara 13,1-18 inchi, biasanya spesifikasi yang ditawarkan Notebook itu sendiri sudah bagus (memadai) dan hampir setara dengan computer (PC) biasa, Notebook juga telah mempunyai processor yang cukup mumpuni, kapasitas harddisk yang dimiliki oleh Notebook sendiri sudah cukup besar, dan terkadang Notebook juga dibekali dengan DVD-ROM, tetapi ada juga sebagian besar Notebook yang tidak menyertakannya karena dalam segi ketipisan dari Notebook itu sendiri.

Kemudian terakhir adalah Laptop yang biasanya mempunyai ukuran layar paling besar biasanya berukuran di atas 18 inchi dan tentunya juga lebih berat di bandingkan Netbook dan Notebook. Tetapi sekarang ini cukup sulit membedakan antara mana yang Laptop dan Notebook, karena sekarang ini menurut para ahli notebook adalah regenerasi dari laptop itu sendiri, dengan nama lain Notebook merupakan wujud Laptop di masa sekarang ini.

Cara Membeli Laptop Yang Berkualitas   

Berikut cara membeli Laptop yang berkualitas agar kita merasa puas ketika sudah berada di tangan kita :

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Yang Di Inginkan

Fikirkan dengan matang terlebih dahulu alasan anda membeli Laptop, tujuan utama Anda dalam membeli Laptop akan menentukan Laptop jenis apa yang sesuai untuk Anda dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Ada beberapa alasan seseorang dalam membeli Laptop, namun secara keseluruhan alasan seseorang dalam memberi laptop tertulis seperti sebagai berikut :

  • Pekerjaan/Sekolah, sekarang ini penggunaan pemakaian Laptop terbanyak adalah untuk tugas pekerjaan, penelitian, mengolah kata (ketikan), dan juga tugas akademik lainnya.
  • Internet Browsing, dengan adanya Internet atau browsing menggunakan Laptop pengguna dapat meningkatkan keahliannnya, karena beberapa fitur dalam website tersebut dapat bekerja secara maksimal jika di akses menggunakan Laptop. Dengan menggunakan Laptop pemakai (user) dapat mengakses streaming video, website, social media, dan berbagai konten lain yang dapat di akses dari internet.
  • Games, biasanya alasan orang untuk membeli Laptop yang sedang adalah untuk menjalankan berbagai game yang lagi booming, karena dengan adanya Laptop para gamers akan lebih mudah bermain games di mana saja dan kappa saja.
  • Multimedia dan Programer, Selain alasan di atas, banyak juga yang membeli Laptop untuk alasan mengerjakan pekerjaan seperti mengedit gambar, edit video dan suara, serta membuat program.

2. Cek Kondisi Laptop Yang Ingin Dibeli

Setelah menyesuaikan Laptop yang di butuhkan, Anda harus mengetahui kondisi Laptop yang akan Anda pilih, bukan tidak mungkin akan Anda jumpai kerusakan-kerusakan kecil pada Laptop tersebut terutama pada bagian yang tidak tampak merupakan panduan yang sangat penting agar Anda mengetahui secara detail dari sebuah Laptop yang bakal Anda beli. Berikut hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan dan periksa saat membeli Laptop yaitu :

  • Processor, karena processor adalah otak dari sebuah computer (PC) maka semakin tinggi frekuensi GHz dan MHz nya maka semakin cepat cara kerja sebuah processor.
  • Baterai, kapasitas baterai akan menentukan lamanya masa hidup Laptop.
  • Memori, RAM yang lebih tinggi akan membuat cara kerja pentransferan data Laptop atau Komputer lebih cepat.
  • Harddisk, kapasitas untuk penyimpanan file/media yang tersedia.
  • Koneksi, Jenis koneksi yang terhubung untuk transfer data. Contoh : Wifi, USB, Bluetooth, dan lain-lain.

3. Kelengkapan Yang Di Dapat

Kelengkapan yang Anda dapat ketika membeli Laptop baru biasanya berupa tas, Kartu garansinya, baterai , CD/DVD Driver, adaptor beserta kabelnya, dan lain-lain. Maka dari itu ketika Anda hendak membeli Laptop pastikan semua kelengkapan itu Anda dapat agar nantinya ketika sudah membeli Anda tidak merasa di rugikan.

4. Ketahui Garansi

Mengapa Anda harus mengetahui garansi saat membeli Laptop?, karena sebenarnya ada dua tipe garansi yang di berikan. Pertama, garansi toko yaitu garansi yang diberikan oleh pihak penjual toko tersebut atau distributornya saja. Yang kedua, Garansi resmi yaitu garansi yang memang resmi di berikan oleh produsen Laptop tersebut.

Selanjutnya, Anda harus mengetahui masa garansi Laptop yang diberikan apakah  satu tahun, dua tahun, bahkan lebih. Kalau garansi yang diberikan lebih lama berarti bagus ada jaminan yang baik pada Laptop Anda, sebab siapa tahu ketika Laptop tiba-tiba rusak Anda bias mendapatkan perbaikan gratis baik dari produsen atau atau distributor dari Laptop itu sendiri.

5. Anggaran Yang Di Rencanakan

Perencanaan anggara ini merupakan cara memilih Laptop yang cerdas dan cermat, karena sebagian besar dari kita membeli Laptop tanpa perencanaan anggaran akhirnya membeli Laptop dengan harga terlampau tinggi dan tidak sesuai dengan Laptop yang kita butuhkan. Dengan begitu untuk membeli Laptop standar Anda harus menyiapkan anggaran sekitar 3 juta rupiah, sedangkan untuk membeli Laptop yang berkualitas tinggi (high end) Anda harus siapkan anggaran minimal 15 juta rupiah bahkan lebih.

Membeli Laptop bukan sekedar hal yang mudah, pastikan sebelum Anda ingin membelinya harus di fikirkan secara matang agar ketika sudah mendapatkannya Anda tidak kecewa. Anda juga harus memilih Laptop yang tepat untuk kebutuhan yang akan Anda kerjakan, dan memilih Laptop yang berkualitas tidak seperti merakit komputer dengan mudah, karena setiap komponen (umumnya) akan selalu melekat dan tidak bias di bongkar pasang. Berikut Saya juga akan memberi tips/cara memilih Laptop yang berkualitas untuk Anda.

 

Cara Memilih Laptop Yang Baik Dan Berkualitas  

  1. Menentukan Model Laptop Yang Di Inginkan

Disini Anda harus memilih model Laptop yang sesuai kebutuhan Anda. Ada 4 jenis Laptop yaitu : Standard, Netbook, Desktop Replacement / Ultrabook, dan Hybrid Laptop / Tablet.

  • Standar : sesuai dengan namanya Laptop ini adalah standar, cocok untuk segala macam situasi, dan tersedia dalam beberapa konfigurasi.

  • Netbook : Laptop ini merupakan laptop dengan ukuran terkecil yang pernah ada di buat, netbook cocok untuk Anda yang suka melakukan pekerjaan atau tugas ringan, seperti mengetik, browsing, dan netbook ini juga cocok untuk di bawa traveling.

  • Ultrabook : Laptop ini merupakan Laptop dengan ukuran terbesar, dan karena itu termasuk laptop paling kuat (dan juga paling mahal).

  • Hybrid Laptop / Tablet : type Laptop jenis hybrid merupakan type laptop terbaru. Pada jenis hybrid ini layar sentuh telah di gunakan dan pada beberapa tipe Laptop ini dapat di lepas keyboard dan berubah menjadi tablet.

Selain kita harus memilih jenis Laptop, style dari pada Laptop itu sendiri merupakan perangkat umum karena akan dilihat oleh banyak orang apalagi jika di gunakan di tempat umum. Banyak Laptop yang menyediakan variasi mulai dari warna, bentuk, sampai tambahan beberapa estetika, maka dari itu Anda harus memilih style Laptop yang Anda inginkan sesuai dengan style pribadi Anda.

2. Cek Spesifikasi Laptop

Dalam memilih Laptop Anda harus memastikan spesifikasinya, karena setiap Laptop berbeda, terkadang 2 model Laptop yang harganya sama biasanya memiliki spesifikasi hardware yang berbeda. Jadi, pastikan Anda harus membaca dan mempertimbangkan dengan baik sebelum memilihnya. Berikut spesifikasi yang harus Anda ketahui saat hendak memilih laptop :

a. Mengetahui spesifikasi dari Processor, karena bagian ini adalah perangkat keras (hardware) yang melakukan sebagian besar dari kinerja Laptop Anda. Hindari pemilihan processor yang berumur seperti Celeron, Pentium, Atom, atau processor E-Series.

b. Cek RAM Laptop yang akan Anda pilih, dan berapa banyak RAM yang dapat di tambah. RAM memungkinkan Laptop Anda bias menyimpan data sekaligus. Pada umumnya, semakin banyak RAM maka Laptop Anda semakin baik. Standar untuk Laptop biasa adalah yang berkapasitas 4-8 GB RAM.

c. Cek VGA Laptop yang di pilih, kebanyakan kartu grafis berintegrasi yang di gunakan Laptop untuk menjalankan game standar agar berjalan dengan baik, namun biasanya VGA jenis ini game-game terbaru tidak bisa di jalankan karena membutuhkan VGA dedicated. Anda jangan mengabaikan dari segi VGA card pada saat ingin memilih Laptop.

d. Memeriksa kapasitas penyimpanan data, biasanya penyimpanan data telah terbelah untuk system operasi. Contoh, sebuah Laptop berkapasitas penyimpanan data sebesar 250 GB mungkin akan tersisa 210 GB. Sebagian besar Laptop sekarang dapat diganti atau ditambah kapasitas penyimpanannya, meskipun Anda harus perlu menginstall ulang system operasi ketika hendak menggantinya. Anda perlu tahu bahwa SSD menjadi lebih baik dari pada HDD karena kecepatan akses data dan lebih menghemat baterai, namun SSD memiliki harga yang lebih mahal dari pada HDD untuk kapasitas di bawahnya, SSD berkapasitas lebih kecil jadi Anda mungkin perlu HDD eksternal.

e. Mengetahui kapasitas baterai, Laptop di desain untuk dapat digunakan kemana saja (berpindah-pindah tempat) maka dari itu sumber listrik menjadi masalah karena tidak mudah ditemukan di suatu tempat dan daya tahan baterai untuk mensuplai energy menjadi kekuatan utama. Pada umumnya baterai Laptop hanya mampu memberikan energi listrik selama 2 sampai 3 jam bahkan terkadang ada yang sampai 4 jam tergantung program yang di jalankan.

3. Melihat Ukuran Dan Resolusi Layar

Pada prinsipnya, layarlah yang menentukan kenyamanan dalam penggunaan Laptop. Semakin besar ukuran layar maka akan semakin nyaman ketika Anda melihat tetapi semakin berat pula jika Anda membawanya kemana-man, dan semakin tinggi resolusi layar Anda maka hasil gambar yang di tampilkan lebih jelas terutama jika Anda ingin menonton film atau game favorit.

Ukuran layar Laptop bervariasi, mulai dari ukuran 5in untuk UMPC sampai yang 21in, pilihlah Laptop dengan ukuran layar maksimal 12in jika Anda mementingkan mobilitas, untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakannya pilihlah ukuran layar 13in-15in cukup ideal untuk Anda, tetapi bagi Anda yang mengutamakan perfoma dan sering menggunakannya pilihlah layar 15in atau diatasnya. Untuk Resolusi layar, 1600 x 900 atau 1920 x 1080 lebih sudah cukup untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam dan jelas.

4. Memahami Kelebihan Dan Kekurangan Laptop

Ketika ingin memilih Laptop yang sesuai dengan keinginan Anda pastikan bahwa Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Laptop tersebut agar Anda bisa mempertimbangkannya sebelum Anda memilihnya.

  • Kelebihan Laptop
    • Dapat melakukan aktivitas komputasi dimanapun dan kapanpun.
    • Dapat dibawa kemana saja (ringan).
    • Tidak memerlukan sambungan listrik langsung, karena Laptop bisanya bertahan 2-3 jam tergantung pemakaian.
  • Kekurangan Laptop
    • Biaya yang mahal jika Anda menginginkan spesifikasi yang sama dengan PC.
    • Perawatan yang rumit karena seluruh komponen menyatu.
    • Memerlukan biaya yang besar ketika salah satu hardware ada yang rusak, karena ketika Anda menggantinya harganya hamper setengah dari harga Laptop tersebut.

Laptop sekarang bukan hal yang lazim lagi untuk sekarang ini, karena setiap orang sudah memilikinya seperti anak sekolah, mahasiswa, dan pegawai kantoran. Bahkan sekarang ini Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Sekian tulisan  dari Saya yang berjudul Cara Membeli Dan Memilih Laptop Berkualitas Sesuai Dengan Kebutuhan, semoga tulisan ini bermanfaat ketika Anda ingin memiliki Laptop yang Anda dambakan.

 

Comments

comments

About ade rizky

Ade Rizky

Tutorial Lain

Berbagai Kerusakan Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Manusia selalu memiliki masalah dalam kehidupan, begitu juga pada laptop, walau tidak selalu, terkadang laptop …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *