Home / PC/ Laptop / Berbagai Kerusakan Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Berbagai Kerusakan Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Manusia selalu memiliki masalah dalam kehidupan, begitu juga pada laptop, walau tidak selalu, terkadang laptop mengalami masalah atau kerusakan pada komponennya, softwarenya, keyboardnya, layarnya, dll. Tapi, kebanyakan laptop rusak pada hadware nya. Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi pada laptop dan cara mengatasinya.

  • Mati Total
    Ini masalah yang paling fatal, Kemungkinan kerusakan pada laptop:
    – Adaptor (AC) rusak , Pertama Test dulu kabel caharger laptop,
    – Konektor (DC) konektor colokan untuk charger, terlepas dari motherboard, longgar, atau DC jack rusak sehingga laptop tidak menerima daya listik dari charger. Masala ini DC jack harus diganti.
    – Motherboard laptop rusak, kalau sampai motherboard rusak kemungkinan leptop tidak layak diperbaiki .
  • Masalah Laptop Nyala Tapi Layar Blank hitam
    Ketika menyalakan laptop semua normal, lampu indikator menyala, suara kipas terdengar, tetapi ternyata layar hitam blank, Restart ulang, resetting atau ganti modul memori, jika restart ulang, resetting atau ganti modul memori coba lepas harddisknya, DVD drive, dll. Singkatnya, bongkar laptop secara total dan hanya pasang peralatan minimal dan coba nyalakan kembali, kalau layar laptop masih blank, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.
  • Masalah Laptop Nyala Langsung Mati Secara Tiba – Tiba
    Laptop menyalakan tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar, Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya, Kemudian menyala dan mati lagi, Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total. Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba reseating / mengganti memori seperti yang saya jelaskan di masalah 2. Jika tidak membantu, berarti kerusakan motherboard. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik membeli laptop baru.
  • Layar Laptop Aneh/Kacau Tampilannya

    nyalain laptop lalu di layar laptop, hanya menampilkan gambar yang aneh? Atau tampilan layar laptop kacau? Kegagalan Kartu grafis. Pertama-tama, uji laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kegagalan kartu grafis.
    Jika masalah hanya muncul di layar laptop, dapat dikaitkan dengan salah satu koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD atau kabel video gagal atau layar LCD gagal.

  • Masalah Laptop Sangat Bising

    Laptop menyala dan semua bekerja dengan baik tetapi mengeluarkan suara bising, kemungkinan masalahnya pada kipas pendingin pada leptop, kamu dapat mengaktifkan laptop, tunggu sampai suara itu muncul lagi dan setelah itu dengarkan dengan seksama pada bagian bawah laptop. Jika laptop membuat kebisingan ketika kipas pendingin mulai berjalan, kemungkinan besar rusak, Pasang kembali kipas, Jika laptop membuat suara bahkan ketika kipas tidak berputar, mungkin itu berasal dari kipas. Teknik lain untuk mencari tahu apakah kebisingan yang berasal dari kipas atau hardisk drive, Lepaskan hardisk drive dari laptop dan start laptop Tunggu sampai hangat dan kipas mulai berputar, Jika laptop masih membuat suara yang sama bahkan ketika kipas dilepas, kemungkinan besar kipas rusak.

  • Laptop Mati Atau Hang Tiba-Tiba
    Laptop menyala dan bisa digunakan seperti biasa (normal-normal aja), tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar. Laptop dimatikan atau macet karena prosesor (CPU) terlalu panas. Bersihkan kipas pendingin dan heatsink untuk memperbaiki masalah.
  • Baterai Laptop Tidak Terisi
    Baterai laptop tidak terisi dengan benar. Ini ada dua kemungkinan; tidak sama sekali ataukah setelah Anda mengatur posisi konektor adaptor AC di dalam konektor daya pada laptop. Kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisi sedikitpun, coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali, kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. Cobalah mengganti baterai dulu. Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhenti setelah Anda mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack bermasalah.
  • Laptop Bunyi Bip Waktu Dihidupkan
    Kamu menghidupkan laptop tapi tidak ada video di layar. Sebaliknya laptop membuat suara bip berulang-ulang. Laptop akan jalan norman kebali jika menekan salah satu pada tombol keyboard. Kemungkinan besar itu terjadi karena ada tombol terjebak pada keyboard. Dalam hal ini Anda harus mengganti keyboard
  • Beberapa Tombol Keyboard Laptop Berhenti Bekerja
    Laptop menyala dan berjalan dengan baik tetapi beberapa tombol keyboard tidak bekerja sama sekali atau karakter yang salah ketik. Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard gagal. Keyboard laptop tidak dapat diperbaiki. Jika beberapa tombol berhenti bekerja, Anda harus mengganti keyboard.
  • Masalah Air Tumpah di Laptop

    Kalau sampai tidak sengaja menumpahkan air ke laptop, segera matikan laptop, keluarkan baterai dan jangan dinyalakan sampai kering dan semua bagian internal diperiksa dari kerusakan air. Biarkan laptop dalam keadaan mati (tidak dicolok ke charger) seharian dan kondisi baterai dicabut, lalu coba lagi esok harinya. Kalau ada masalah pada laptop tersebut segera bawa ke service center atau tempat service laptop terpercaya.

  • Kerusakan Memory Laptop
    Ciri-ciri kerusakan: Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang. Solusi : Cabut memory laptop, bersihkan memakai penghapus karet dan pasang lagi, apabila tidak bisa juga, coba ganti dengan memory yang baru.
  • Kerusakan Hardisk Laptop
    Kemungkinan bila pembacaan data lambat, hardisk anda sudah melemah, dimana tidak sanggup lagi memutar piringan data atau head tidak bisa cepat membaca data pada piringan tersebut. Bila sering restart, kemungkinan hardisk sudah ada bad sector sehingga, saat system membaca file system dan tidak ditemukan, maka system akan restart. Tidak terdetek, kemungkinan power circuit pada hdd sudah rusak atau frimewarenya rusak sehingga hdd tidak tidak terdetek oleh bios. Ciri-ciri kerusakan: Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri, Tidak terdeteksi. Solusi : periksa hubungan hardisk dengan soketperiksa apakah hdd terdengar bunyi keras, bila terdengar bunyi keras dan berisik maka kemungkinan ada bad sectorSegera backup data anda, sebelum hardisk anda mati total, dan siapkan hardisk baru.
  • Laptop Panas / Overheat dan Cara Penanganannya
    Langsung ke pokok permasalahan OVERHEATING atau laptop panas / suhu laptop tidak stabil yang menyebabkan laptop mati mendadak. Kondisi Laptop :Nyala Normal. CPU usage 90-100%. Suhu Laptop 60-90 Derajat. 10 Menit – 1 Jam atau Lebih MATI Mendadak.
    Laptop panas / overheat bisa dikarenakan ventilasi untuk aliran udara dan kipas pendingin tersumbat debu untuk itu kita akan membersihkannya. Sebelum cara penanganannya,
    – Buka Laptop / Bongkar Laptop Total.
    – Bersihkan Fan dari debu.
    – Bila Pasta / Thermal Kering, Ganti dengan Thermalpad atau Thermal paste Yang Baru.

Comments

comments

About imam prahari

Imam Prahari

Tutorial Lain

Mengatasi Laptop Blank Screen/Layar Hitam

Artikel cara memperbaiki dan mengatasi laptop blank hitam saya buat setelah sebelumnya saya mempublikasikan artikel …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *