mengenal perangkat keras komputer berserta fungsinya

Di erah yang berkembang pada saat ini komputer merupakan alat yang sudah banyak di jumpai di sekitar kita. mulai dari rumah, perkantoran dan hingga sekolah hampir rata-rata menggunakan komputer, tetapi masih banyak dikalangan pelajar dan mahasiswa yang tidak tau perangkat keras yang ada di dalam komputer. Mereka hanya tau menggunakan perangkat komputernya saja sehingga sering terjadi kekeliruan dalam memahami perangkat komputer tersebut.

            Disini saya akan menjelaskan tentang  perangkat keras komputer berserta fungsinya

Sehingga kita dapat memahami dan mempelajari tentang perangkat keras tersebut.

PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah kumpulan dari beberapa hardware(perangkat keras), sofware(perangkat lunak), dan digunakan oleh seorang pengguna yang di sebut dengan branware sehingga membentuk sebuah data yang nantinya akan digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia mulai dari mengetik sebuah surat, menjalankan sebuah peroggram dan lain sebagainya.

Didalam komputer terdapat banyak perangkat keras yang dapat kita perhatikan dan kita pahami fungsi dari setiap perangkat diantaranya:

  • MONITOR

Monitor merupakan layar kaca ada yang berbentuk tabung dan lcd yang berfungsi sebagai menampilkan gambar yang telah diubanh oleh vga sehingga menjadi layar gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Dahulu monitor menggunakan tabung cebung yang hanya dapat menampilkan kode pemeroggraman, seiring dengan perkembangan jaman sekarang monitor menggunakan layar lcd yang mana dapat menampilkan gambar dan grafik yang lebih berwarna dari sebelumnya.

  • KEYBOARD

Keybaoard merupakan papan ketik yang di gunakan sebagai penempatan huruf , angka dan beberapa kartrakter dalam penulisan. Keyboard berfungsisebagai alat input angka , huruf dan karakter yang nanti akan di tampilkan pada layar monitor dalam aplikasih microsoft word, exel, power point dan lain sebagainya.

  • MOUSE

Mouse merupakan alat input yang berfungsi sebagai alat penggerak pointer dalam layar monitor , yang nantinya di gunakan untuk mengelik setiap menu aplikasih yang terdapat pada layar monitor dan mous juga dapat membantu dalam melakukan penyimpanan sebuah file atau folder kedalam sebuah penyimpanan.

  • CASING

Casing merupakan perangkat keras dalam komputer yang berfungsi untuk melindungi setiap perangkat keraskomputer yang tidak bisa terkena air maupun debu secara langsung, dengan adanya casing maka perangkat keras komputer dapat dilindungi dan dapat bertahan lama.

  • MOTHERBOARD

Modherboard merupakan papan sirkuit yang di dalamnya terdapat jalur aliran data(data bus) yang mana jalur tersebut saling terhubung kesetiap soket ataupun slot yang berada di papan modherboard. Motherboard berfungsi sebagai tempat peletakan perangkat keras komponen komputer seperti prosesor, ram ,card tambahan dan prangkat komponen komputer yang berada di luar papan modherboard seperti hardisk, power supplay dan dvd rom.

  • PROSESOR

Prosesor merupakan otak dari komputer yang memiliki tugas sebagai, membaca dan mengatur aliran data yang masuk sebelum di sebarkan ke seiap perangkat komputer lainnya. Prosesor tersusn dari tiga proses kinerja , ALU(aritmatika logical unit) yang memiliki tugas sebagai sebagai pembaca aliran data berupa angka, CU(control unit) yang bertugas untuk mengontrolaliran data yang masuk dan alran data yag aan disebarkan ke setiap prangkat komputer lainnya, dan  MU(meori unit) yang bertugas untuk menyimpan data perintah yang masuk selama komputer masih dinyalakan.

  • RAM(random access memory)

Ram merukakan jenis memori komputer yang berfungs sebagai penyimpanan data printah sementara pada saat komputer  hidup dan pada saat komputer sedang melakukan pengolahan data. Sebelum data masuk kedalam prosesor data tersebut diolah oleh ram baru data tersebut dikirimkan ke prosesor. Ram dan prosesor saling bekerja sama sehingga data yang masuk keprosesor dapat diolah dan di ubah kembali dan pengiriman data kesetiap komonen komputer tidak mengalami keterlambatan dalam hal peniriman data.

  • HARDISK

Hardisk merupakan penyimpanan data yang berada di luar papan modherboard. Hardisk dapat menyimpan data dalam bentuk istalasi sistem oprasi, data file, gambar ,suara ,vidio dan lain sebagainya. Data yang beradapada hardisk dapat dirubah dan diperbaharui kapan saja bahkan data tersebu dapat hilang dan terkena virus jika sistem oprasi tidak di berikan anti virus.

  • DVD ROM

DVD rom merupakan tempat untuk membaca dan meyimpan data dalam bentuk cd atau dvd. Dvd rom dapat menyimpan data sistem oprasi , aplikasi , data file, gambar, video dan memasukan data tersebut kedalam kepinga cd atau dvd dengan menggunakan sinar inframera yang beada di dalam dvd rom.

  1. PAWER SUPPLAY

Pawer supllay merupakan komponen peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyuplay arus listrik dari ac menjadi dc, dengan cara mengubah arus tersebu supaya arus listik yang masuk ke perangkat komputer melalui modherbot tidak berlebihan dan dapat disebarkan secara merata ke setiap komponen komputer.

  • CMOS

Cmous merupakan jenis batrai jam yang terdapat pada  modheboard , cmous memiiki fungsi sebagai penahan setigan bios agar setinganya kidak kembali ke pengaturan awal pada saat komputer  di hidukan kembali kembali . cmos juga berperan untuk mengatur jam dan tanggal pada layar komputer.

  • LAN CARD

Lan card merupakan card tambaha yang memiliki fungsi sebagai pengubah sinuyal jaringan analog yang di terimanya melalui kabel  utp  menjadi sinyal digital sehngga komputer dapat saling berinteraksi dengan menggunakan jaringan  internet.

  • SON CARD

Son card merupakan card tambahan yang berfungsi pengubah sinyal suara yang berada di komputer sehingga komputer yang terhubung ke sepiker , henset dan erpon dapat mengeluara suara  dan son card juiga dapat mengubah sinyal suiara yang masuk mealui mic dan di lah ya sehingga siyal yang sura yang masuk dapat di simpan.

  • VGA CARD

Vga card  merupakan card grafis tambahan yang befungsi sebagai penggubah sinyal gambar pada modherboard sehngga menghasilkan tampilan gambar yang jernih  dan memiliki warna . dengan menggunakan vga card kita dapat melihat proses kinerja prangkat komputer mllui sistem oprasi yang di instal dan kita dapat menggunakan fitu apliokasi didalamnya.

  •  PORD I/O

Pord i/o atau pord onboard merupakan perangkat keras komputer yang tertancap pada modherboard dan berada di belakang modherboard,  berfungsi sebagai penghubung setiap prangkat koputer yang brada di luar modherbot contonya kyeboard, mous,sepiker, scanr dan perangkat tambahan lainnya. Pord i/o terbagi menjadi beberapa jenis dan  memiliki fungsi yang berbeda  di antaranya:

  1. Port ps 2 berfungsi sebagai penghubng keyboard dan mous yang menggunakan ps2
  2. Pord usb berfungsi untuk mnghubungkan prang kat ambaan yang menggunakan kabel usb conytohnya flasdisk, prnter an lain sebagainya.
  3. Pord serial untuk mengghubungkan prangkat koputer yang mengunakan sistem serial contohnya seperti joistic, mous, keyboard dan printer model lama.
  4. Pord paralel diguakan untuk mehubungkan pangkat keras komputr yang masih m engguakan sistem paralel.
  5. Pord vga diunakan untuk menghubungkan kabel vga dari omputer ke layar monitor.
  6. Pord lan diguakan untuk menghubungkan kabel utp rj45 ke komputer
  7. Pord audio di gunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke sepiker, handse, earphone dan mic
  • SOCET PROSESOR

Socet prsesor meruapakan tempat untuk meletakan kaki-kaki prosesor agar dapat tehubung dengan papan sircuit komputer sehngga prosesor daat melakukan tugasnya demgan maksimal tampaharus tergeser sedikit pun.

  • SLOT  MEMORI

Slot memori merupakan tempat untuk meletakan memori ram pada modherboard.

  1. SLOT PCI

Slot pci digunakan untu meletakan card tambahan pada madherboard  seperti lan card, son card, dan vga card . slot pci sekarang sudah berkembang menjai pci expres  dimana perbedaan pada pci  sebelumnya ialah pci expres tidak memerlukan kaki yang panjang dan memiliki kecpatan yang tinggi.

  • SLOT AGP

Selot agp merupakan tempat untuk meletakan card tambahan vga cart pada modher board.

  • CHIPSET

Chipset merupakan perangkat keras komputer yang tertanam pada modherboard yang memilii fungsi sebagai pengatur lalu lintas pengiriman data  pada komputer agar data tidak saling bertabrakan satu sama lainya. Chipset terbagi menjadi dua yaitu chipset softbrid( chipset selatan) dan chipset nortbrid(chipset utara). Chipset nortbrid (chipset utara ) berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data yang berada pada bagian prosesor, ram, dam port i/o. Chipset softbrid( cipset selatan) adalah chipset yang mengatur lalu lintas pengiriman data yang berada di luar modherboard yang terhubung ke papan mdherboard.

Demikian penjelasan dari saya mengenai prangkat keras komputer dan fungsinya, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasa kita semua.

Comments

comments

Tutorial Lain

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER

Pada umumnya computer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *